Perawatan Dasar Sepeda Motor Untuk Pengguna Wanita

Motor pertama yang saya beli, adalah motor idaman saya saat itu, belinya saja butuh pengorbanan maksimal,hehe sampai saat ini sepeda motor itu masih setia menemani aktifitas wara-wiri saya dijalan. Biasanya perempuan banyak yang abai dengan kesehatan motor, yang dipikir yang penting motoor terlihat bersih dan masih bisa dipakai buat keperluan aktifitas, termasuk saya dulu. Ternyata hal tersebut salah besar, perawatan gak cuma sekadar nyuci motor biar bersih aja, ada bagian penting pada motor yang harus diperhatikan agar sepeda motor itu tetap prima.

Buat wanita pengguna sepeda motor dalam menjalani aktifitas sehari-hari, penting banget nih memahami perawatan dasar apa saja dalam merawat sepeda motornya, agar senantiasa aman dan nyaman digunakan . Jadi jangan cuma bisanya memakai aja ya, hehe nanti nyesal kalau sudah rusak, gak perlu paham secara expert, yang penting bagian dasar ini jangan sampai lalai. Gak cuma tugas para kaum pria aja nih, wanita juga harus lebih mandiri dalam hal ini. Apa aja sih? yukkk kita simak


Perawatan Dasar Sepeda Motor , Apa saja sih yang harus dicek?

1. Kebersihan Karburator
2. Mengecek Kampas Rem
3. Mengecek Rantai Motor

4. Rutin Mengganti OLI
Bagi sebagian wanita pengguna motor yang merasa kurang mengerti, kurang memperhatikan pentingnya mengganti oli. Oli adalah bagian vital dari mesin. Sebagai pelumas, oli berfungsi untuk mencegah gesekan berlebih antar permukaan spare part yang sebagian besar terbuat dari besi. Selain itu, oli juga berguna sebagai pendingin mesin.Kalau sampai telat ganti oli, di mana volumenya sudah berkurang banyak dan kotor, mesin yang panas akibat dipakai berkendara jarak jauh tidak memiliki pendingin. Belum lagi gesekan yang terjadi antar komponen semakin parah, sehingga tarikan mesin terasa lebih berat.Sebaiknya lakukan penggantian oli minimal sebulan sekali. 

Untuk Oli saya percayakan pada Oli MPX2
Fungsi Oli pada Motor

1. Pelumas 
 Fungsi utama oli mesin adalah memberikan pelumasan pada setiap bagian mesin yang membutuhkannya. Karena itu, Anda harus memperhatikan dan memilih produk dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan kendaraannya. 

2. Mencegah kebocoran gas di ruang boiler 
Selain sebagai pelumas, oli mesin juga memiliki fungsi sebagai pencegah emisi gas terjadi berlebihan di ruang bakar kendaraan. 

3. Menurunkan suhu mesin 
Suhu mesin bisa meningkat, saat mesin bekerja keras. Dengan adanya oli, mesin tetap terjaga suhunya sehingga mengurangi peluang mogok.

4. Pengendali logam hasil gesekan
Saat mesin bekerja, gesekan antar komponen pasti akan terjadi. Dari sini, kemudian timbul kontaminan, atau logam-logam yang muncul akibat pergesekan. Oli mesin akan dapat memfilter logam tersebut sehingga tidak merusak mesin.

5. Mencegah karat 
Seperti yang Anda ketahui, setiap bagian mesin terbuat dari logam, sehingga wajar jika terjadi karat. Untuk itu keberadaan oli mesin ini dapat mencegah terjadinya karat pada bagian-bagian mesin.

Nah, sudah tahu fungsi oli mesin kan? Memang adanya oli ini sangatlah penting bagi kendaraan. Karena itu, jangan lupa untuk menggantinya sesuai petunjuk pabrik dan menyesuaikan jenis dengan motor yang Anda miliki.

Oli MPX2 merupakan salah satu jenis oli yang dikembangkan oleh Honda Jepang yang dijual dengan nama AHM Oil, yang ditujukan untuk pemakaian motor matic. Dengan spesifikasi SAE 10W-30, API-SL, JASO:M8, Oli MPX2 dikatakan sebagai pelumas berkualitas dengan daya lindung terhadap mesin motor matic yang baik.

Tak hanya itu, oli ini juga mengefisienkan pemakaian bahan bakar, tetapi mampu menjaga performa mesin lebih bertenaga. Limbah yang dihasilkan juga akan baik untuk lingkungan, sehingga sepeda motor Anda tidak mencemari udara di sekitarnya. 

Btw ini beberapa jenis motor apa saja yang cocok pakai Oli MPX2, sesuai pada deskripsi produk oli AHM MPX2, oli ini dapat digunakan pada motor matic merek Honda. Mulai dari Beat, Beat Street, Genio, Scoopy, Vario 125, Vario 160, PCX, ADV 160, PCX e-HEV, hingga Honda Forza. 
Nah ini sepeda motor kesayangan saya, yang selalu menggunakan jenis oli ini. Demi keaslian dan kualitas oli saya biasaya mengganti oli di dealer atau bengkel resmi dari Honda, bisa juga di planet ban, Oli MPX2 ini tersedia ukuran 0.8 liter, dengan harga Rp52.000. 

Hati-hati barang palsu, bentuk kemasan oli MPX2 yang asli ini ada pada botol dan stikernya yang berwarna putih, dan tutupnya yang berwarna biru. Nah semoga postingan blog ini membantu kamu dalam mencari referensi pemakaian oli motor ya, terpenting tidak lupa untuk mengganti oli sesuai petunjuknya ya.

Komentar

  1. Hai kak, salam kenal dari sesama pemakai oli MPX2, semoga motor matic kita awet ya kak

    BalasHapus
  2. Wah, ternyata fungsi oli buat motor cukup banyak juga, ya. Ada lima manfaat oli. 😀

    BalasHapus
  3. Pemakaian oli yang tepat bisa menjaga performa dan kualitas mesin motor lebih awet ya mbak. Oleh karenanya kudu tepat deh pemilihannya gak bisa sembarangan

    BalasHapus
  4. Hehe...iya sih, perempuan juga perlu tahu tentang perawatan dasar ini, walaupun untuk perawatan lebih lengkapnya tetap diserahkan pada ahlinya di bengkel. Diskusi sama orang bengkelnya juga jadi lebih nyambung.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3G ( Gold, Glory, Gospel )

Ketika Pria Meminta Bukti Cinta Dengan MAKING LOVE

Menghafal Tabel Periodik dengan Mudah