Tips Agar Anak Makan Lahap, GROMAXimal

Menjadi orang tua ternyata gak semudah yang dikira, apalagi jadi sosok ibu yang biasanya lebih dekat dengan sang anak. Saat difase MPASI adalah moment paling deg-degan buat saya. Kenapa begitu? jawabanya kebutuhan minum susu sudah tidak 100% lagi, karena sudah harus mengenal makanan, dan disinilah saya khawatir anak gak suka makanannya. Bayangin udah siapin bahan makanan terbaik, siapkan waktu untuk bisa memasak makanan sempurna buat si kecil eh pas disodorin malah isyarat Gerakan Tutup Mulut ( GTM), daripada menyantap makanan yang diberikan, ini serasa sakit gak berdarah sih yah. 

Awalnya sih si kecil semangat untuk makan, tapi makin kesini semangat makan mulai kendor, hanya makan makanan tertentu saja yang dia mau, khawatir banget mempengaruhi tumbuh kembangnya karna kurang asupan nutrisi maksimal dari makanan. GTM membuat perubahan fisik anak saya kurus, sedih mengingat kegemoyan si kakak berkurang seiring bertambah usianya.

Banyak yang bilang hal itu lumrah karna jika anak 1 tahun keatas pasti tubuhnya mengurus karna tinggi badan yang bertambah, kegiatan fisiknya sudah banyak. Belajar dari sharing pengalaman ibu-ibu diluar sana, khawatir ada Silent Disease yang tersembunyi, saya mencoba mengevaluasi dahulu kegiatan dan cara makan anak saya selama ini. Bisa dibilang anak saya adalah picky eater, ia lebih sering menutup mulutnya saat makan, dan hanya mau mengonsumsi makanan tertentu saja, sehingga mengonsumsi makanan menu lengkap tidak selahap makanan cemilan.

Mengecek Buku KIA panduan saya selama ini, ternyata hampir 1 tahun anak saya tidak mengalami standard kenaikan berat badan yang ditargetkan. Mungkin karna kurangnya asupan nutrisi yang cukup dari makanan, anak saya sering batuk pilek dan itu bisa sampai 2 minggu, sudah nafsu makannya kurang baik, ditambah lagi dengan bapil dadakan makin drop, justru berat badan stagnan.

Dalam rangka memperingati momentum Hari Anak Nasional tahun 2023 yang mengangkat tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”, Morinaga meluncurkan varian baru Morinaga Morigro yang bertujuan membantu melindungi dan mengoptimalkan nutrisi anak yang sedang difase GTM.

Sudah tahu belum? Ternyata di Indonesia, hasil studi IPSOS pada para ibu yang memiliki anak usia 1-6 tahun, Jabodetabek dan Medan menunjukkan bahwa 55% orang tua di Indonesia menyatakan anaknya memiliki masalah nafsu makan, dan salah satunya anak saya.

Beruntung banget saya bisa turut hadir diacara tersebut, blogger gathering yang diadakan Morinaga Morigro, tepatnya 18 Juli 2023, dengan tema acara "Penyebab dan Dampak Masalah Makan Terhadap Tumbuh Kembang Optimal" Disini saya dapat banyak insigh terkait nutrisi penting untuk anak, serta tips menghadapi anak yang susah makan agar tumbuh kembangnya tidak terganggu.

Junita, Business Unit Head Morinaga GUM, KALBE Nutritionals 
"Jika anak sedang mengalami susah makan, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat, dengan memulai pola makan yang sehat."

Nah ini nih semua para ibu pasti sudah berjuang mati-matian biar anaknya mau makan, termasuk saya mengupayakan segala cara, harapanya ya minimal berat badan bertahan, tolong! ini tuh sangat dibutuhkan kesabaran seluas samudra 🥲 yang baru setipis tisu, ya bisa ditambah lagi sabarnya ya, ini buat kepentingan generasi masa depan. Huuu hu

Pernah saya ikuti saran mertua, untuk nyuapin anak sambil main, muter keliling komplek naik sepeda juga dilakukan, bukanya cepat habis malah di emuuuutt terus, bukanya cepat malah makin lama.

Morinaga paham banget sama permasalahan ini, hal yang banyak dihadapi para orang tua saat harus memberikan makanan bergizi pada anak.

"Dengan begitu  Morinaga Morigro hadir untuk membantu melengkapi nutrisi anak dan meningkatkan fungsi pencernaan pada anak. Jika pencernaan bekerja dengan baik maka akan berdampak meningkatan nafsu makan juga,” 

Menurut dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals
Anak yang punya masalah dengan makan (feeding difficulties) memiliki bentuk, jenis, dan gejala yang bermacam-macam. ”Misalnya ada anak seperti anak tidak/kurang nafsu makan, anak yang pilih-pilih jenis makan, dan anak yang maunya jenis makanan tertentu (picky eaters), anak yang tidak mau makan sama sekali atau makannya sedikit, anak yang tidak bisa menelan makanan karena berbagai sebab. 
Penyebab masalah makan sendiri disebutkan memang paling banyak karena faktor psikologis, pola asuh, ataupun karena makanan itu sendiri. 
Hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja tetapi harus diperhatikan red flags karena gangguan organik seperti anak sakit, demam, gusi bengkak, sakit menelan, mual muntah, dan gangguan saluran cerna serta penyakit lain seperti gangguan motorik dan sensorik di area mulut sampai ke pencernaan, semua harus diobati.

Makan bukan hanya kegiatan memasukan makanan kedalam mulut anak, tapi banyak hal yang bisa diterapkan saat makan. Anak susah makan bikin orang tua jadi cemas.

Banyak faktor yang membuat anak tidak nafsu makan, beberapa yang bisa rangkumkan dipengalaman saya adalah, dari cita rasa makananya, variasi makanan, tekstur makanan, kurang stimulasi motorik, juga kebiasaan makan.

Menurut Vera Itabiliana S. Psi, Psikolog Anak di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia. 

Ada beberapa faktor psikologis bisa mengubah nafsu makan anak. “Praktik orang tua dalam memberi makan, orang tua yang juga memiliki feeding difficulties, atau sering menggunakan makanan sebagai hadiah atau hukuman dapat berkontribusi pada kebiasaan pilih-pilih makanan (picky eaters). Lalu pemberian variasi menu makanan yang terbatas juga menyebabkan anak memiliki masalah feeding difficulties. 

Tips Agar Anak Makan Lahap, GROMAXimal



Membuat Makanan Bersama Anak

Memang agak berantakan sih, tapi kegiatan ini, selain bisa meningkatkan bonding ibu dan anak, menyiapkan makanan bersama bisa membuat anak senang, karna dia diajak ikut berkontribusi di kegiatan itu, seperti anak merasa dibutuhkan oleh orang tuanya. 

Dan si anak juga bisa ikut menghirup nikmatnya aroma masakan yang sedang dibuat, hal ini bisa menggugah selera makannya loh. Nah sesekali bisa dicoba ditanyakan, kakak lagi mau makan apa sih? Kasih gambaran pilihan menu makanan yang bisa dipilihnya. Hal ini untuk menghindari anak dengan bosan dengan makanan yang kita buat

Ciptakan Waktu Makan yang Menyenangkan

Sepengalaman yang saya lakukan, tenyata dalam suasana yang menyenangkan membuat nafsu makan anak bertambah, apalagi jika makan bersama kedua orang tuanya adalah moment yang tepat, kebiasaan ini juga bisa meningkatkan bonding antara orang tua dan anak. Nah buat orang tua pekerja moment makan malam ini jangan sampai terlewatkan ya, sebab disaat inilah anak merasa dekat dengan orang tua. 

Kreasi Menu dan Penyajian Makanan Yang Menarik

Makanan yang bentuk dan menunya itu-itu saja bikin anak bosan. Baiknya bervariasi dengan ragam rasa dan tekstur, hal ini penting diajarkan sejak dini untuk anak bisa mengembangkan penerimaan makanan. 

Misalnya membentuk makanan menjadi sesuatu unik, mengubah bentuk nasi putih menjadi bola bola kecil, bentuk bunga, boneka, atau bentuk lain agar anak tertarik untuk makan. Ciptakan aneka warna dari sayuran lauk pauknya, butuh sedikit kreatifitas ya, yang penting tujuanya tercapai, anak mau makan!

Menu makanan yang tersedia di rumah
dan kebiasaan makan anggota keluarga, ini juga mempengaruhi pilihan dan preferensi makanan anak. Buat anak diatas 1 tahun tentu sudah bisa mengikuti menu keluarga.

Berikan Contoh Makan Makanan Sehat


Jika terlihat anak sedang tidak bersemangat dengan makananya, saat makan bersama orang tua bisa mencontohkan makan makanan yang sehat penuh gizi dengan perasaan bahagia, serta tunjukan kalau makan itu sesuatu yang sangat penting untuk tubuh.

Berikan Susu Morinaga Morigro 

untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan, susu ini dapat menambah nafsu makan anak, disertai dengan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. susu ini bisa jadi penambah berat badan anak 1- 3 tahun, jadi mendukung banget diusia golden age anak.

Manfaat Susu Bagi Pertumbuhan

Susu sangat baik untuk pertumbuhan anak, karna sumber lemak dan protein berkualitas tinggi, untuk bayi 0-6 susu merupakan kebutuhan, sumber utama makanan pada tubuhnya. Dan untuk balita, susu diposisikan sebagai makanan pendamping, bukan makanan utama. Jika Si Kecil merupakan pemilih makanan (picky eater), maka pemberian susu bisa mencegah mereka dari kekurangan gizi.

Susu Pertumbuhan Anak 1 Tahun

Pilihlah susu yang tepat untuk mendukung tumbuh kembang anak, masa golden age ini tak akan terulang, dan bisa mempengaruhi tumbuh kembang si kecil, jika masalah makannya terganggu.

Review Morinaga Morigro

Pulang dari acara Launching Morinaga Morigro, blogger dibekali ilmu baru tentang upaya mengatasi anak yang susah makan, serta dapat produk untuk dicoba. Kebetulan banget nih anak saya sedang difase yang susah banget buka mulut untuk makan. Karna seantusias itu saya langsung mempraktekan tips serta memberikan susu Morinaga Morigro ke anak saya, saking antusiasnya saya, mencoba menimbang dulu berat badan anak sebelum dan sesudah. Hampir sebulan anak saya konsumsi susu Morinaga Morigro, serta mengamati perubahan makannya. 

Seneng banget, ada perubahan! Nafsu makan anak saya mulai meningkat, sering terlihat ingin mengunyah makanan, porsi makan yang disajikan 70% dihabiskanya, berbeda dari biasanya. Saya Takjub dengan Morinaga Morigro ini, bisa membantu permasalahan nafsu makan anak saya, yang bisa di bilang picky eater. Susu ini memiliki 2 varian rasa, ada Morigro Vanila dan Morigro Madu, anak saya suka rasa vanila, katanya enak.

Mengingat cita-cita anak yang katanya mau jadi tentara, saya berusaha menyiapkanya sedini mungkin kebutuhanya, tau kan persyaratan jadi tentara salah satunya tinggi badan yang porposional, nah itu dia yang juga tetap saya awasi.


Morinaga Morigro mengandung Minyak Ikan, Tinggi Kalsium dan Vitamin D, 14 Vitamin & 9 Mineral, AA, DHA, Omega 3 & 6 dan rendah gula, jadi aman dari obesitas ya.

Sejauh ini saya sudah mencoba berbagai jenis penambah nafsu makan, termasuk yang herbal, namun belum membuahkan hasil yang maksimal, justru membuat anak saya trauma karna harus terpaksa minum herbal. Setelah mencoba susu morigro Alhamdulillah ternyata cocok. Bukan tanpa alasan, berbagai pertimbangan diawal saat mencoba ini, banyak nutrisi yang bisa membantu optimalkan tumbuh kembang anak. 

Oh ya waktu saya mencoba susu ini untuk anak bertahap dikenalkan ya, misalkan dicampurkan dulu dengan brand susu sebelumnya, kemudian full langsung sebotol susu Morigro. Sejauh ini susu Morinaga Morigro tidak membuat anak saya sembelit. 

Perlu di ingat, susu Morinaga Morigro ini bukanlah makanan utama, tapi sebagai bentuk usaha kita meningkatkan nafsu makan sikecil, didampingi dengan usaha kita memperbaiki pola makan serta kebiasaan anak makan.

Morinaga Morigro Adalah Solusi Mengajak Anak Makan Lahap untuk Optimalkan Tumbuh Kembang

Oke moms sekian sharing dari saya untuk membuat anak makan dengan lahap. Semoga bermanfaat ya tipsnya. Oh ya Jangan lupa untuk segera lakukan pemeriksaan kesehatan anak ke DSA terpercaya jika merasa anak kita terlalu bermasalah dalam proses makan, apalagi kalau sudah mengganggu tumbuh kembang serta kesehatannya secara menyeluruh, ingat golden age ya moms, itu gak bisa terulang.


Untuk info produk lebih detil lagi bisa kunjungi website dan sosmed Morinaga Morigro dibawah ini ya

 Website : https://morigro.id/ IG : @morigro.id

Komentar

  1. Memberikan menu makanan yang bergam dengan penyajian yang menarik dan lezat tentu membuat anak happy untuk menikmati makanannya plus tambahan susu Morinaga Morigro utnuk melengkapi kebutuhan gizi anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak,
      Si kecil pun jadi bebas GTM ya karena udah gak pilih² makanan lagi

      Hapus
    2. Iya harus bervariasi juga dalam memberikan menu makanan, ditata apik, sehingga anak makin nafsu makan. Ditambah Morigro makin lahap deh

      Hapus
    3. @Tukang Jalan jalan, betul kak dengan begitu memaksimalkan kebutuhan nutrisi anak

      Hapus
    4. @Lia_Lathifa betul kak, melengkapi banget nih konsumsi Morigro

      Hapus
  2. Ternyata banyak cara yaa agar anak bisa lahap makan, salahsatunya mengonsumsi Susu Morinaga Morigro, asik banget. Aku save dulu, semoga aku juga punya anak nanti hehehe. Amiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak, membantu meningkatkan nafsu makan dan memenuhi kebutuhan gizinya.

      Hapus
  3. Penasaran yang bisa bikin lahap karena ada kandungan apanya ya kak? Bagus banget berarti nih Morinaga Morigro. Seneng banget liatnya dedek lahap makannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengandung Minyak Ikan, Tinggi Kalsium dan Vitamin D, 14 Vitamin & 9 Mineral, AA, DHA, Omega 3 & 6 dan rendah gula, aman nih kak menghindari obesitas pada anak.

      Hapus
  4. Wah jadi lahap ya si kecil, karena gak pakai nih yang namanya Gerakan Tutup Mulut hehe. Boleh nih rekomen buat ponakan daku

    BalasHapus
  5. Wah samaan nih mom kayak aku, si Kecil klku tadi nya susah banget makan, trs aku coba beriku Morigro, jadi lahap deh, tenang dengan pertumbuhan anak sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tosss, samaan nih kita. Morigro cocok banget buat anak ku

      Hapus
  6. Wahhh ada variant baru lagi nih dari Morinaga nih. Memang ya paling pusing deh kalau anak udah susah makan, bisa kepala jadi kaki, kaki jadi kepala. Patut banget untuk dicoba nih, ini hanya ada rasa Vanilla aja ya mom?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Morigro ini punya 2 varian rasa, ada Morigro Vanila dan Morigro Madu kak

      Hapus
  7. Membuat variasi makanan itu kunci sebenarnya untuk anak tetap lahap makan. Ini yang aku selalu lakukan agar anakku tetap makannya happy, apalagi sekarang ditambah dengan Morigro.

    BalasHapus
  8. Salah satu produk andalan dari Morinaga nih GROMAXimal, ngga cuman melengkapi gizi anak untuk tumbuh kembang tapi juga bisa diandalkan untuk meningkatkan nafsu makan anak. Mantep sih ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terbaik emang, ini anak ku cocok banget kak. seneng kalau udah nemuin yang pas begini

      Hapus
  9. Memberi dan mengajarkan makan anak memang kudu ekstra sabar dan harus kreatif ya. Kalau GTM jangan lupa kasih Morinaga Morigro agar pertumbuhan tidak terhambat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berbagai macam upaya harus dilakukan, biar tau kenapa bisa GTM, takut banget loh kalau anak mengarah ke stunting, jadi harus dicegah.

      Hapus
  10. Membaca tulisan yang kaya akan informasi ini jadi lebih tahu dong harus gimana agar anak makan lahap, biar tumbuh maksimal dan sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat kak! emang terasa berat hadapi GTM cuma kalau udah ketemu kuncinya jadi tenang hadapinya

      Hapus
  11. Membaca tulisan yang kaya akan informasi ini jadi lebih tahu dong harus gimana agar anak makan lahap, biar tumbuh maksimal dan sehat

    BalasHapus
  12. Kalau ada temenku yang punya keluhan anaknya susah makan bisa kali ya buat aku rekomendasikan Morigro ini, semoga anak-anaknya bisa lahap lagi sehingga pertumbuhannya bisa makin berkembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap kak! BIsa share juga nih pengalaman aku hadapi anak GTM ini

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3G ( Gold, Glory, Gospel )

Ketika Pria Meminta Bukti Cinta Dengan MAKING LOVE

Menghafal Tabel Periodik dengan Mudah