Pengalaman Merawat Kulit Anak Dermatitis Atopik

Hai moms, punya anak dengan kulit yang sehat, jadi harapan semua orang tua tentunya, termasuk saya. Nah kali ini saya mau sedikit sharing tentang pengalaman saya merawat kesehatan anak, khususnya pada bagian kulit.


Alhamdulillah, saya ibu dari 2 orang anak laki-laki yang aktif dan cerdas, mereka tiada hari tanpa aktivitas fisik, sangat aktif. Saya perhatikan salah satu anak saya, jika tubuhnya terlalu lelah, pasti akan muncul masalah pada kulitnya, awalnya sih merasa “Ahh ini baik-baik saja”, mungkin hanya kulit sensitif anak-anak, atau ada alergi saja, cukup pakai bedak gatal juga pasti akan hilang sendirinya, malah pernah mengikuti saran dari orang tua cukup mengobatinya dengan minyak taw*n (minyak andalan orang jaman dulu), tapi makin lama dibiarkan, bukannya berkurang malah semakin banyak, tingkahnya yang sering menggaruk kepala terus menerus bikin penasaran. Akhirnya rambut si kecil dibotaki dan diketahui di bagian kulit kepala juga banyak bintik-bintik lentingan, pada beberapa bagian terdapat lentingan berair. 




Belum lagi pada kulit bagian kaki, kulitnya juga memerah, bergelembung seperti berisi air, gatal, dan jika terus digaruk jadi berakhir luka. yakin banget kalau ini bukan sekedar masalah kulit sensitif pada anak.


Sedihnya hal seperti ini seringkali kambuh kalau sikecil kecapean, padahal dunianya anak-anak itu kan itu banyak bermain ya, gak mungkin mereka gak menghabiskan energinya tiap hari, dan tentu capek setelah bermain.. 


Teringat masalah kulit anak yang juga dihadapi suami, bedanya anak saya tidak separah itu. Membuat saya yakin hal ini gak bisa dibiarkan dan harus cek ke dokter. Seperti gambar dibawah inilah penampakan kulit dermatitis atopik yang suami saya hadapi kalau ia sedang kelelahan. Dermatitis atopik atau yang dikenal dengan nama eksim adalah masalah kulit yang semakin umum yang menyebabkan kekeringan ekstrim, gatal-gatal, dan ketidaknyamanan kulit yang dapat menjadi intens.


Serem ya? Iyaaa… serem banget liatnya gak tega. Kalau lagi kumat, suami sering minder, merasa malu kalau kulitnya tidak sehat. 


Ternyata kulit anak ku begitu karena ada peran genetik dari orang tua, masalah kulit dermatitis atopik yang diturunkan oleh papanya ke anak. Penyakit Dermatitis atopik disebabkan oleh banyak faktor diantaranya keturunan (genetik), lingkungan, gangguan pelindung kulit, infeksi, dan juga faktor imunologi. Dermatitis atopik tidak dapat disembuhkan namun bisa dikendalikan dengan melakukan perawatan secara tepat.


Yaitu dengan:


  1. Cermat dalam memilih sabun mandi, dan perawatan tubuh lainya

  2. Tidak menggaruk area tubuh yang gatal, bisa berakibat iritasi

  3. Gunakan pelembab tubuh,  secara rutin pada kulit, menjadi hal penting dalam pengobatan dermatitis atopik.


Seorang ibu tentu ingin yang terbaik untuk anak dan keluarganya, merawat kulit atopik dengan menggunakan produk perawatan yang tepat, seperti saya menggunakan produk Mustela Stelatopia+ Emollient Cream dan Mustela Stelatopia Cleansing Gel, jangan sampai salah produk perawatan ya, karna bisa memperparah kondisi kulit atopik ini.




Kebetulan nih dikirimi paket dari Mustela,  Mustela Stelatopia+ Emollient Cream ini baru launching loh, sebagai upgrade produk dari yang sebelumnya. Akan saya review detailnya ya, siapa tahu kalian atau anggota keluarga kalian mengalami masalah kulit seperti yang dialami keluarga saya:



Mustela Stelatopia+ Emollient Cream sangat membantu sekali, melindungi kulit keluarga dari masalah kulit atopik yang sering dihadapi. Produk ini bisa melembabkan kulit hingga 24 jam, kulit terasa lebih sehat, lembab, dan terlindungi, gak cuma anak-anak saja yang bisa pakai, orang dewasa seperti  paksu tersayang pun bisa ikutan pakai biar terjaga kelembapan kulitnya, pokoknya bisa dipakai seluruh keluarga deh, bisa mulai dari bayi baru lahir juga loh.




Review Produk


Mustela Stelatopia Cleansing Gel


Kemasan: Tube 200mL

Tekstur: Pasta kental berwarna putih, dan tekstur gel yang lembut dikulit




Cara pakai:

Tuangkan gel pada permukaan kulit yang basah, kemudian digosok halus lalu dipakaikan pada kulit yang diperlukan, bisa untuk seluruh badan.



Manfaat: 

  • Membersihkan kulit dan rambut dengan lembut tanpa merusak, dan mengeringkan permukaan kulit.

  • Fragrance free sehingga cocok untuk kulit alergi.

  • Melindungi, memperkuat dan menjaga kelembapan kulit bayi. Tidak membuat perih dimata.

  • Dapat digunakan dari bayi baru lahir hingga dewasa, seluruh anggota keluarga bisa pakai ini

  • Bebas SLS, paraben, alcohol dan bahan Kimia berbahaya lainya




Mustela Stelatopia+ Emollient Cream


Kemasan:

Terdapat 2 jenis kemasan, ada yang botol pump 300 ml dan kemasan tube 150 ml.


Tekstur: krim dengan aroma yang tidak menyengat dan cepat menyerap dikulit.



Cara pakai:

  1. Tekan tube dan kumpulkan krim di tangan

  2. Gunakan 2 kali sehari di tubuh dan wajah sambil dipijat lembut

  3. Bila memungkinkan, saat diaplikasikan pada kulit diamkan sebentar, untuk memberikan waktu pada bayi menikmati momen kulitnya yang menjadi tenang sebelum berpakaian


Manfaat: 

  • Krim yang diformulasi untuk kulit atopik yang dapat memberikan kelembapan kulit hingga 24 jam, membuat kulit ternutrisi dan mengurangi rasa gatal.

  • Mengandung 99% bahan alami, sangat aman untuk seluruh keluarga mulai dari bayi baru lahir

  • Tersertifikasi ORGANIK ECOCERT

  • Bebas pewangi, vegan, teruji di bawah pengawasan dokter kulit dan anak













Penggunaan setiap hari mengurangi risiko terjadinya dermatitis atopik sebesar 33 hingga 50%, terutama pada anak-anak yang memiliki riwayat penyakit dalam keluarga.


Berikut ini foto before dan After anakku setelah pemakaian



Seneng banget sama produk keluaran mustela ini, yang bisa dipakai buat sekeluarga. Dengan begitu saya merasa sudah tepat merawat kesehatan kulit keluarga. 


Punya masalah dengan kulit jangan dibiarkan begitu saja, apalagi yang memiliki garis keturunan dermatitis atopik. Kesehatan kulit suatu hal penting karena salah satu penunjang penampilan. Saat kita memiliki masalah kulit hal tersebut membuat kita malu, Skin shaming dan stigmatisasi masih menjadi hal yang lumrah bagi masyarakat. Banyak dampak negatif yang ditimbulkan hanya karena masalah pada kulit, kondisi terburuk dapat membuat orang menjadi depresi, dengan kulit yang sehat tentu akan meningkatkan rasa percaya diri. Tak ada orang yang sempurna namun kita harus mencintai diri kita sendiri.


Buat para moms diluar sana yang punya keluarga kulit atopik, jangan sampai sembarangan pakai produk perawatan ya, rawatlah dengan produk khusus kulit atopik, seperti pengalaman saya menggunakan Mustela Stelatopia+ Emollient Cream.



Oya, kalian bisa membeli produk Mustela ini, dan launching di E-Commerce resminya Mustela Official Store.


#IaMPERFECT #MustelaStelatopia+EmollientCream #EczemaJourney


Komentar

  1. seneng banget kalau cocok ya..
    anakku juga pakai ini Alhamdulillah kulitnya sekarang jauh lebih membaik 🤗

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3G ( Gold, Glory, Gospel )

Ketika Pria Meminta Bukti Cinta Dengan MAKING LOVE

Menghafal Tabel Periodik dengan Mudah