Garda Terdepan Untuk Keluarga

Kata orang menjadi anak pertama dan cucu pertama, itu menyenangkan, akan selalu diprioritaskan. Tapi tidak bagi saya, sebab semakin dewasa statement itu perlahan menghilang, keadaanya terbalik. Justru yang dirasa hanya ada rentetan kewajiban yang harus dilakukan, entah kewajiban atau inilah namanya beban kehidupan.

Sejak kedua orang tua saya lebih memilih jalanya masing-masing, saya tak pernah membayangkan dimasa depan itu seperti apa, yang saya jalani saat ini kehidupan layaknya air mengalir saja, meski begitu bukan berarti saya tidak bercita-cita loh yah, tentu punya dan ingin terus saya wujudkan.

Pernah ada di suatu fase, menjadi tak bersemangat, ragu pada diri sendiri, semakin sering bertanya "KENAPA HARUS SAYA?" pada tuhan, bukanya berkurang tapi justru diberikan lagi cobaan lain yang diluar nalar. Jadinya saya berhenti bertanya, cukup mengatakan "KUATKAN SAYA DALAM KEADAAN APAPUN". Alhamdulillah saya kuat, Terima kasih ya Allah.

Ternyata saya mampu mengambil berbagai peran yang bisa saya lakukan untuk keluarga, saya sadar betapa pentingnya peranan itu, entah apa yang terjadi jika saya tak bersedia selalu ada untuk mereka, keyakinan pada diri sendiri membuat peran-peran itu lebih mudah dilaksanakan.

Naluri keibuan saya tumbuh dengan sendirinya, tanpa harus disuruh, saya paham kapan saya harus membersihkan rumah, menyiapkan hidangan makan untuk keluarga, mengasuh adik, serta mampu menggantikan peran orang dewasa saat merawat orangtua lansia sakit berat, hingga ke akhir hayatnya.

Kemandirian kuat yang saya miliki seringkali membuat diri ini merasa bisa melakukan sesuatunya dengan sendiri, dan tidak ingin bergantung pada orang lain. kuat dalam keadaan apapun, meski dikeadaan sulit sekalipun.

Tidak pernah membayangkan jadi tulang punggung keluarga, tapi langsung saya praktekan. Rasanya sering bolak balik hati mengalami kecemasan, "duhh cukup gak yah?" ditengan banyaknya kebutuhan pribadi yang juga harus terpenuhi. Keluarga adalah penyemangat, terutama ibu saya,  panutan wanita kuat dalam hidup.

Menjadi Motivasi dan panutan di keluarga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3G ( Gold, Glory, Gospel )

Ketika Pria Meminta Bukti Cinta Dengan MAKING LOVE

Menghafal Tabel Periodik dengan Mudah