Green Jobs Peluang Kerja Masa Depan Yang Ramah Lingkungan

Cuaca akhir-akhir ini terasa tidak menentu. Saat musim panas, panasnya terasa menembus lapisan kulit paling dalam. Kadang, saya merasa tidak kuat kalau terlalu lama beraktivitas di luar ruangan. Kondisi  ini juga yang membuat saya sering berpikir beberapa kali jika ingin mengajak anak bermain di luar ruangan karena tidak tega kalau anak-anak tidak nyaman dengan udara yang terlalu panas. 


Mungkinkah suhu panas bumi berlebih? Sekarang meski sudah masuk musim penghujan, panasnya terasa beda.

Sepertinya bumi sedang tidak baik-baik saja. Perubahan suhu bumi merupakan salah satu dampak dari perubahan iklim. 


Banyak yang mengatakan jika ingin menikmati udara segar, sejuk, dan bersih, main saja ke desa. Nyatanya, desa pun sudah tersentuh polusi. Mau tidak mau kita yang tinggal di kota harus terbiasa dengan polusi. Padahal, polusi udara inilah yang sering kali jadi sumber penyakit di tubuh kita.  


Demi generasi penerus kita bisa hidup sehat, nikmati air bersih, udara bersih, lingkungan sehat, serta bisa menikmati indahnya bumi, rasanya banyak sekali yang ingin saya lakukan dalam menyelamatkan bumi. 


Sejauh ini ada beberapa rutinitas sederhana yang bisa dilakukan sebagai ibu rumah tangga. Misalnya, membawa kantong belanja sendiri saat berbelanja, memilah sampah organik dan anorganik, mendaur ulang barang bekas agar bisa terpakai lagi, dan tidak konsumtif membeli barang. 

Jika  banyak orang melakukan berbagai contoh sederhana itu secara konsisten tentu sangat berpengaruh untuk bumi ini.



Green jobs atau pekerjaan hijau adalah jenis pekerjaan ramah lingkungan yang bertujuan untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan akibat aktivitas ekonomi. Peluang Green Jobs di Indonesia lumayan besar, kategori jenis pekerjaan ini dapat menciptakan berbagai peluang kerja baru di tahun 2030 dari berbagai sektor.


Tidak hanya pelaku usaha dari sektor energi, tetapi juga sektor-sektor penting pembangunan berkelanjutan lainnya, seperti transportasi, pangan, industri, dan limbah. 


Beberapa contoh lain Green Jobs adalah  arsitek, perancang busana, content creator, petani, dan peternak–semua pekerjaan itu harus ramah lingkungan. Potensi banyaknya peluang kerja ini perlu didukung oleh setiap pemangku kepentingan di negeri ini serta mendorong pihak swasta untuk membuka lapangan kerja hijau.


Meski Green Jobs suatu pekerjaan yang bertujuan untuk pelestarian lingkungan, tidak semua pekerjaan itu bisa dikatakan pekerjaan yang layak. Misalnya, pemulung dan petugas angkut sampah. Selain karena upah yang kecil, mereka tidak dapat perlindungan khusus serta cara pengelolaan sampah pun seadanya. 


Peluang Green Jobs perlu disosialisasikan lebih dalam apalagi untuk penciptaan peluang kerja baru, terutama untuk generasi muda, pemerintah, sektor swasta, dan sektor pendidikan. 


Publikasi yang atraktif tentang Green Jobs akan mendorong generasi muda untuk mengakses informasi ini dan memotivasi mereka terjun ke ekosistem Green Jobs, baik sebagai pencari kerja maupun penyedia kerja.


Seperti platformgreenjobs.id yang dikembangkan oleh Koaksi Indonesia untuk masyarakat umum. Di portal ini, masyarakat dapat memperoleh  informasi mengenai Green Jobs secara rinci, mulai dari panduan, lowongan kerja, pemberi kerja, investor, start up, materi, serta sertifikasi peningkatan keterampilan untuk mendukung keberlanjutan lingkungan. 

Situs web ini juga dapat membuka jalan untuk kemajuan ekonomi. Karena banyak sekali informasi peluang kerja green jobs.



Pekerjaan impian saya di Green Jobs adalah bisa menjadi konten kreator yang ramah lingkungan,

mengedukasi serta bisa jadi contoh yang baik dalam pelestarian lingkungan. 


Bagi yang ingin mencari lowongan kerja hijau, segera buka greenjobs.id.

Banyak lowongan kerja untuk kamu yang telah siap berkarya di Green Jobs.



#GoGREENJOBS


Komentar

Postingan populer dari blog ini

3G ( Gold, Glory, Gospel )

Ketika Pria Meminta Bukti Cinta Dengan MAKING LOVE

Menghafal Tabel Periodik dengan Mudah