Belajar Memberi Rasa Pada Tulisan

Banyak moment liburan yang seharusnya bisa di share di blog tapi belum sempat saya tuliskan, mungkin terkadang saya hanya ingin sekadar menikmati alam dalam perjalanan, seiring berjalanya waktu pikiran sayapun berubah, ada baiknya semua perjalanan itu saya share di blog, barang kali ada teman yang membutuhkan informasi saat ingin berpergian yang berdestinasi sama dengan saya, namun karna ingin share perjalanan yang sudah tergolong lama, saya berkendala bingung harus memulainya dari mana.

Senang rasanya bisa ikutan kelas khusus bertema "Creative Travel Writing" yang dimentori oleh Mbak Dini Fitria, Mbak Dini ini adalah seorang penulis Buku Trilogi Cinta, dan ia juga pernah menjadi presenter Jazirah Islam di Trans TV.

Sebelum hari H, memang kami semua disarankan mengirim alamat blog peserta masing-masing untuk di review oleh mbak Dini, ia akan menilai bagaimana isi tulisan kami.

Adakah tulisan kalian yang pernah mengena di hati para pembaca blog kalian? Tanya Mbak Dini, kamipun terdiam, dan kemudian mbak Dini mengatakan kalau dari semua tulisan blog peserta tak satupun yang membuatnya terkesan, kurang ada rasa yang membuatnya tersentuh.
yahhh... auto sedih deh, tapi jangan berkecil hati, inilah kritikan yang membangun kita agar bisa lebih baik.
Memberi rasa pada tulisan
Menulis dengan hati membuat tulisan meemiliki rasa, sehingga siapapun yang membaca turut menikmati emosi, dan rasa yang dituangkan dalam tulisan.

Agar tulisan kita memiliki rasa, inilah yang harus dilakukan:

Biasakanlah diri dengan menulis dan banyak membaca buku, tentu dengan banyak membaca wawasan kita akan bertambah, kemungkin ide juga bisa bermunculan, dan kita juga akan menemukan kosa kata baru dalam bacaan.

Pentingnya membangun identitas, jadi kita harus bisa menentukan apa saja bidang yang kita kuasai dan bisa kita tulis, misalnya jika kita suka mennulis melow tetaplah disiitu, sebab kata mbak Dini, kalau penulis hebat tidak pernah berganti bidang dalam penulisannya.

Menulispun ada tehniknya, yaitu:
Tema --> Premis --> Alur -->Wants&Need  -->Value -->Goal
Sebelum menulis, sangat penting menentukan tema lebih dahulu, misalnya pergi liburan ke Phuket, Thailand, kemudian contoh Premisnya, "Resti ingin liburan ke Phuket, Thailand namun gagal karna paspornya hilang"  Premis ini adalah suatu keadaan yang sangat diinginkan namun begitu sulit untuk didapatkan. Berikan Alur yang jelas, fokus, terdapat sebab akibat, dan 5w1h.


Tiga Element Penting
Ada tiga element penting agar tulisan kita tepat sasaran, yaitu:
  1. Why: Tulisan yang kita buat akan menjadi penting jika kita memberi alasan yang tepat kepada pembaca sehingga mereka perlu dan harus membacanya.
  2. What: Apa sebenarnya yang mau kita bahas, dan kita menjelaskan apa yang kita bahas sehingga menjadi penting untuk dibaca.
  3. How: Solusi dari permasalahannya yang kita sampaikan.
Janganlah melakukan editing secara bersamaan saat sedang membuat tulisan, oleh karna itu perlu melakukan riset yang dalam, PRA--> Eksekusi-->Pasca 

Dengan mendapatkan ilmu cara penulisan travelling ini, membuat saya bersemangat membuka folder foto lama dan mengisi ceritanya di blog.
Mengingat moment gregetan saat dulu saya pertama kalinya travelling ke luar negri, dimana ngerasa kesulitan akses Internet, palingan nungguin wifi gratisan dari hotel. Duhh jaman dulu gak banget deh, ribetnya dan masih minim informasi juga sih, nah beda dengan sekarang yang sudah ada
Solusi Lancar Internetan Saat Liburan Ke Luar Negri, sekarang sudah ada JavaMifi jasa sewa wifi luar negeri. Woww.. keren banget ya kan??

Sekilas info soal JavaMifi yuk, JavaMifi adalah salah satu brand lokal penyedia layanan sewa pocket wifi untuk wisatawan Indonesia. DEngan pakai Javvamifi kita gak perlu lagi deh takut kehilangan sinyal dari operator, karna  pocket WiFi ini memiliki coverage area yang sangat kuat, bahkan bisa sampai ke luar negeri loh.
Dan yang lebih seru lagi, jaringan wifi dari JavaMifi ini bisa digunakan juga untuk ke lima perangkat yang berbeda.Nah seru kan? Bisa jadi hemat banget nih kalau sharriing gini.

Soal harga, saya sudah sempat intip-intip harganya dan sangat terjangkau harga harianya. buat kamu yang kepingin nyobain dan dapat diskonan sewa JavaMifi ini
Harganya terjangkau banget kan? gimana kamu tertarik gak? cuzzz langsung pakai kode Riri10 biar kamu dapetin harga potonganya ya.

Sebelum acara selesai, kami semua makan siang bersama dengan potong tumpengan dulu loh, wahhh kayak lagi ngerayain sesuatu yah.hehe
Btw ngomongin rasa tumpengnya nih, Nasi kuning dari Royal Tumpeng ini rasanya enak banget, sangat gurih dan lauknya juga sangat lengkap, porsi ini cukup untuk 30an orang dan dibanderol dengan harga kisaran Rp.1.850.000,- sudah dilengkapi dengan gift pisau potong tumpeng, sendok dan garpunya.

Biar kamu gak penasaran sama rasa royal tumpeng, follow juga Instagramnya. Royal Tumpeng

Oke sian share dari saya, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketika Pria Meminta Bukti Cinta Dengan MAKING LOVE

3G ( Gold, Glory, Gospel )

Di Ujung Kerinduanku