Saatnya Wanita Terjun ke Dunia Bisnis

Mendengar kata Entrepreneur ada perasaan bahagia di hati saya, di keluarga saya disebut sebagai Entrepreneur muda.
Sejak kecil saya sudah mengenal bisnis, meski masih duduk di bangku kelas 5 SD saya sudah  bisa menghasilkan uang tambahan sendiri, dengan berjualan aksesoris gelang dan kalung yang saya rakit sendiri dari bahan mute warna warni yang cantik, saya sangat senang apapun yang saya buat pasti laku dibeli teman di sekolah, gak cuma teman sekelas, kakak dan adik kelas juga ikutan beli aksesoris buatan saya.

bisnis ini berangkat dari hobi saya yang sangat suka mengoleksi aksesoris anak perempuan, kemudian secara otodidak saya mampu memproduksi sendiri, modalnya juga dari menyisihkan uang jajan setiap hari, agar bisa terus berjalan uang saku sebesar Rp.2500 disisihkan 1000 setiap harinya, agak berat memang, tapi saya mengakalinya dengan bawa bekal makanan juga dari rumah agar uang 1500 cukup seharian disekolah.

Hasil penjualan aksesoris saat itu ditabung saat kenaikan kelas tiba, uangnya digunakan untuk membeli tas dan sepatu baru idaman saya, sisanya juga tetap disimpan. Beruntungnya saya punya nenek yang mengajari saya sejak kecil untuk menabung di Bank, katanya menabung dicelengan akan rentan di bobrok, jadi lebih aman di bank saja, meski belum punya kartu ATM, pegang buku tabungan dari Bank saja udah bahagia banget.hehe

Bisnis saya ini masih berlanjut sampai sekarang, bukan cuma aksesoris anak perempuan, aksesoris perempuan muda yang juga bisa menunjang penampilan biar terlihat keren.

Ngomongin bisnis itu memang seru, beberapa waktu lalu saya dan teman blogger dari komunitas ISB menghadiri acara Women Talk Entrepreneur bersama Futri Zulya di daerah kemang, yang juga kantor dan kediaman Ibu Futri pribadi.

Diacara ini semangat saya jadi semakin bertambah, seakan amunisi kesusksesan dalam berbisnis makin kuat lagi.

Oya sebelumnya kalian sudah tahu belum siapa itu Futri Zulya?
Futri Zulya S.Mn, M.Bus adalah Founder PT Batin Medika Indonesia yang memiliki beberapa platform berbasis online dan pendiri Kids Republik.
Kamu bisa baca di postingan saya beberapa waktu lalu yang saya pernah mencoba treatment kecantikan disalah satu bisnis Ibu Futri, ZBeauty. klik

How to start your business?
Sebenarnya banyak orang ingin berbisnis, tapi kebanyakan dari mereka bingung harus bisnis apa dan dimulai darimana, ingin bisnis tapi takut dengan resiko buruk yang dihadapi.
Ibu Futri sharring tentang pengalaman dan tips sukses tentang bisnisnya, ia pun memaparkan untuk berbisnis mulailah dari hobi, kesukaan atau kebiasaan yang sering kali kita lakukan.
Mendengar kalimat itu, saya ngerasa ini sama persis dengan apa yang saya alami, berangkat dari hobi.

Zaman sekarang semakin banyak pelaku bisnis sukses yang dikepalai oleh seorang wanita. Mulai dari bisnis kecil sampai besar, dibalik itu ada wanita yang punya andil cukup besar.

Apakah kalian juga ingin menjadi woman preuneur?
Ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan saat melakoni bisnis.

Manfaat Menjadi Woman Preuneur:
Jam kerja fleksibel
Saya selalu membayangkan kemasa depan, saatnya jika nanti saya sudah berkeluarga, tentu saya juga harus memikirkan anak dan keluarga kecil saya, dengan begitu kursi karyawan rasanya kurang nyaman untuk saya fokus juga merawat anak.
Disini mbak futri menceritakan bagaimana dia dengan piawainya mengatur waktu antara keluarga dan bisnisnya. Ada waktu yang dia batasi untuk mengurus bisnis.

Menjadi BOS
Apapun jabatan dikantor, tetap aja cuma sebatas karyawan, beda hal kalau punya bisnis sendiri, sekecil apapun bisnis kita akan menjadi BOS, kata Mbak Futri yang dikutip dari quote bob sadino.

Membuka Lapangan Pekerjaan Baru
Bisa membantu sesama adalah sesuatu kebaikan yang tak ternilai.
Benar saja, ternyata mbak Futri ini sudah memiliki puluhan karyawan yang bergabung didalam bisnisnya.
Ada hal lucu yang ia sharring saat acara ini, katanya ia sempat bercita cita menjadi dokter, namun gagal, dan akhirnya banyak dokter yang malah jadi pegawainya di klinik kecantikan yang ia punya.

Makin Kreatif
Memiliki bisnis membuat kita makin kreatif, menghasilkan inovasi baru, membuat trend baru, dan sesuatu yang ikonik yang bisa membuat bisnis kita berbeda dari yang lain.
Sama persis dengan yang pernah saya lakukan, khasnya bisnis saya adalah full color.

Punya Penghasilan/Uang Tambahan Sendiri
Punya penghasilan yang tak mengandalkan gaji itu adalah hal yang sangat luar biasa.

Penyaluran bakat dan pengembangan diri sendiri
Dengan memiliki bisnis, disitulah kita bisa punya ladang penyaluran bakat kita, dan mengembangkan potensi diri sendiri


Tips Jadi Pengusaha Wanita Sukses Futri Zulya:

Temukan passion kamu
Sebelum memulai bisnis, temukan dulu passion kamu, apa yang kamu suka, misalnya kamu sukanya memasak, nah bisa dipastikan usahamu cocoknya di bidang kuliner, begitupun jika kamu sukanya di dunia kecantikan, usaha bisnismu bisa masuk keranah kecantikan.

Lakukan Riset Bisnis
Berbisnis juga butuh riset, kamu wajib mengecek apa yang menjadi kebutuhan pasar, apa aja yang lagi ngetrend dipasaran.

Siapkan Modal
Dalam memulai pasti kita butuh modal, dalam pemodalan ini kita bisa menggunakan sebagian tabungan, atau mencari pendanaan bisnis kepada donatur dengan menyiapkan proposal bisnis yang mau kamu jalani

Buat Perencanaan Bisnis
Perencanaan bisnis harus jelas, dan tepat sasaran, apalagi jika bisnis kamu ingin ada yang mendanai melalu proposal semua harus detail.

Lakukan Segera Rencana Kamu
Semua rencana yang telah kamu siapkan secara matang, segera lakukanlah, karna rencana yang bagus akan percuma jika tidak kita lakukan dengan segera.

Pisahkan Arus Dana Pribadi dan Bisnis
Wadah penyimpan dan arus pemasukan dan pengerualan harus kita pisahkan, jangan digabung antara bisnis dan pribadi.
Andaikata dalam kondisi terdesakpun kita membutuhkan dana, kita bisa meminjam dana dari uang bisnis kita, tapi dengan catatan HARUS dikembalikan, karna sifatnya meminjam.

Meminta Dukungan Keluarga
Dalam melakukan apapun kita butuh dukungan, apalagi dalam hal sekrusial berbisnis, amat sangat butuh dukungan dati keluarga, mintalah support dari mereka.

Jika kalian sudah mencoba tips dari mbak Futri ini, jalani terus dengan konsisten dan semangat, ingatlah akan hasil yang tak pernah menghianati usaha mu.

Pada acara ini juga dihadirkan Ibu Hasanah, beliau adalah salah satu pegawai dari ZBeauty, cerita seru awal mula ceritanya beliau bergabung dengan Z Beauty adalah Ibu Futri merupakan langgananya menikmati jasa Go Glam, sering kali beliau me-treatment Ibu Futri, sampai suatu ketika beliau diajak ke kantornya Ibu Futri untuk bergabung di ZBeauty, beliau tak menyangka Ibu Futri yang selama ini dia treatment adalah seorang bos besar.

Bergabung dengan Z Beauty kini beliau sudah membawahi sekitar 400 pegawai, tidak hanya itu kini beliau sudah bisa memiliki rumah sendiri, dengan bahagia dan penuh rasa haru beliau menceritakan pengalamanya.



Kemudian acara ditutup dengan foto bersama :)


Bagaimana sekarang kamu sudah tau menentukan bisnis apa yang akan kamu mulai? :)

inilah saatnya wanita terjun kedunia bisnis.

Saatnya Wanita Terjun ke Dunia Bisnis Saatnya Wanita Terjun ke Dunia Bisnis Reviewed by Riri Restiani on 03.01 Rating: 5

2 komentar:

  1. Aku makin semangat karena liat bu futri kemarin..inspiring banget

    BalasHapus
  2. Riri udah realistis ya bisnisnya :)
    Udah wirausaha sejak muda hahaha

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.