MPASI Homemade Anti GTM

Masih teringat jelas berbagai mitos saat proses awal MPASI anak pertama saya, harus pure sayur dan buah yang diutamakan, tanpa tambahan bumbu perasa seperti gula, garam dan bumbu lainya. Padahal sebenarnya boleh saja menambahkan garam, asal mengikuti aturan jumlahnya. Sebab penggunaan garam berlebih bisa merusak ginjal bayi.

Diawal MPASI anak saya memang begitu terlihat antusias dengan makanannya, 3 bulan melewati fase MPASI sudah mulai melakukan Gerakan Tutup Mulut (GTM), sedih banget tiap disuapi makan langsung mingkem. Ternyata rasa makanan adalah faktor utama penyebab anak melakukan GTM karena makananya yang kurang flavorful. Jadi sebenarnya anak juga perlu diberikan pengalaman “Wisata Rasa” sehingga dapat mencegah GTM. 

Kalau GTM ini dibiarkan begitu saja, beresiko sikecil menjurus ke stunting, sebab si kecil tidak mendapatkan asupan nutrisi dengan baik di 1000 hari pertamanya. Khawatir banget bisa mempengaruhi pertumbuhanya. 
Edukasi kesehatan diacara Wisata Rasa MPASI Royko membuka pikiran saya dan para moms selama ini, tentang berbagai mitos dan fakta tentang pemberian menu MPASI. Betapa pentingnya asupan nutrisi dari makanan untuk mendukung tumbuh kembang sikecil. 
Diacara ini turut hadir beberapa narasumber yang spesial di bidangnya, mendukung acara ini, yaitu ada: 

Amaryllis Esti Wijono, selaku Direktur Nutrition Unilever Indonesia
dr. Miza Dito Afrizal SpA, selaku Dokter Spesialis Anak
Nikita Willy, artis 
Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN,  selaku Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB University

Dalam acara ini diisi wawasan membahas mitos dan fakta seputar MPASI oleh dokter Miza Afrizal, serta keseruan kegiatan demo masak resep menu MPASI Royko oleh Nikita Willy. 

Sejalan dengan mendukung tumbuh kembang anak Indonesia, Royko keluarkan produk barunya yang mendukung kebutuhan MPASI. MPASI itu tidak harus berasa tawar. 
“Royco Kaldu Spesial Hijau yang diformulasikan tanpa micin, lebih rendah garam, dan tanpa pengawet” Royco Kaldu Spesial Cocok untuk menu MPASI.

Para orang tua harus lebih perhatikan makanan yang anak makan, tidak asal makan untuk mencegah stunting, tumbuh lambat pada anak.

Dr. Miza Afrizal ,SpA  Dokter Spesialis Anak
Selama ini mitos tentang pemberian rasa pada MPASI sangat meresahkan, sehingga kita memasak MPASI tanpa memberi rasa tambahan, sehingga membuat nafsu makan anak berkurang dan sering kali berujung terjadi GTM (gerakan tutup mulut).

Fakta nya, bayi kita sudah mulai mengenal berbagai rasa makanan sejak dalam kandungan, dari apa yang di konsumsi ibu saat hamil. dan menurut Dr.Miza, sebenarnya boleh saja memberikan rasa makanan untuk usia MPASI, asal kadar gula, kadar garam nya rendah (sesuai ujmlah yang direkomendasikan. Bahkan dalam rasa ASI sudah memiliki rasa manis gurih yang membuat bayi terangsang untuk melahap mengonsumsinya. Jadi kalau rasa MPASI yang bayi makan terasa hambar atau tidak enak justru menjadi salah satu penyebab utama anak melakukan Gerakan Tutup Mulut.



Ada puluhan menu MPASI yg diciptakan Royco, resepnya menggunakan bahan yg mudah didapatkan. So para moms gak bingung lagi deh mau masak apa untuk sikecil. Saya tertarik dengan mencoba 1 menu yang ada. Nah ini pengalaman saya membuat MPASI dengan Royco Kaldu Spesial, sebenarnya sih ada 2 varian rasa Royco Hijau, yaitu Bumbu Kaldu Rasa Ayam Spesial dan Bumbu Kaldu Rasa Jamur Spesial, tapi kali ini saya coba menggunakan yang Rasa Ayam.
Saya mencoba recook buku resep “Sajian MPASI Homemade Ala Royco Kaldu Spesial” dari Royco yang bekerasama dengan IPB University, cek menu MPASI Royco disini bit.ly/ResepMPASIRoyco kehadiran buku resep ini mengedukasi lebih banyak ibu mengenai menu MPASI yang lezat bernutrisi, dan sesuai pedoman “Isi Piringku”.

Berhubung bahan yang tersedia saat ini dirumah cocok untuk membuat menu Bubur Ayam Pakchoi, saya ingin mencobanya, gak nyangka disuapan pertamanya dia langsung membuka mulut, mungkin sudah tercium aroma kelezatan dalam makanannya, sehingga membuat dia tertarik untuk segera melahapnya. Semangkuk bubur yang saya sajikan tidak perlu waktu lama untuk habis, sekitar 15 menit sudah habis dilahap si kecil.

Resep MPASI Bubur Ayam Pakchoi

Bahan makanan:
Nasi
Ayam
Jamur
Pakchoi
Jahe
Bawang Merah & Bawang Putih

Cara Buat:





Baby ku suka 

Sekian sharing yang saya sampaikan, semoga jadi insigh baru buat kalian pembaca blog saya, terima kasih sudah berkunjung.

Informasi detil bisa cek kesini ya 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

3G ( Gold, Glory, Gospel )

Ketika Pria Meminta Bukti Cinta Dengan MAKING LOVE

Menghafal Tabel Periodik dengan Mudah