Hari kesehatan Nasional, Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Penyakit Kusta

Dalam rangka memperingati hari kesehatan nasional di 12 November 2021, Ruang publik KBR menggelar acara talkshow online, yang bertema Bahu Membahu Untuk Indonesia Sehat dan Bebas Kusta, pada hari ini dianggap momentum yang baik untuk ingatkan semua orang peduli akan kesehatan, seperti kita ketahui bersama kesehatan adalah hak mendasar untuk setiap warga negara Indosia sesuai pada undang-undang dasar.

Di kesempatan hari ini, menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya, yaitu ada Dr. Febrina Sugianto selaku Junior technical Advisor NLR Indonesia, dan Eman Suherman SSOS. Selaku ketua JTSL PT DAHANA (Persero).

Dr. Febrina Sugianto berharap di hari kesehatan nasional ini semakin banyak masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam mengkampanyekan tentang kesehatan, menyambut hari kesehatan nasional NLR KBR mengadakan banyak lomba tentang kesehatan agar masyarakat juga bisa ikut berpartisipasi, tujuanya agar meningkatkan awarness masyarakat, semua lomba bisa dicek di sosial media.

Selama November 2021 NLR Indonesia mengadakan beberapa kegiatan, adanya  Lomba Suasa SUKA, workshop rutin mingguan untuk orang tua anak dengan kusta, dan anak disabilitas tentang bagaimana perawatan, pengasuhan pada anak disabilitas sehingga kesehatan dan kesehatan anak terjamin, membantu pemerintah dalam pencegahan penularan covid 19,  Virtual Run, Kampanye publik, Salah satu target awarness pada kusta ini tidak hanya pada masyarakat, salah satu targetnya adalah para nakes, meski tenaga medis diaggap sudah paham dan belajar saat pendidikan medis,  namun survey mengatakan kalau kesadaran penyakit kusta disekitar nakes masih kurang. 

PT Dahana Persero merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang strategis, perusahaan ini turut berkontribusi dalam penanggulangan kusta, ada Bapak Eman Suherman selaku ketua TJSL PT Dahana Persero mengatakan bahwa mereka sudah berpengalaman dalam melakukan kegiatan sosial selama bertahun-tahun dalam bertanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Dahana dalam forum CSR. Ada dua rangkaian program yang dilakukan selama ini, yaitu program mandiri atau mandatori dari BUMN, Kedua program ini merupakan sebuah kebutuhan dasar hidup dari ketersediaan pangan, kesehatan, dan papan.

Apa Saja Strategi Program NLR?

NLR Indonesia punya beberapa strategi program untuk penanggulangan penyebaran penyakit kusta, Dan penanggulangan orang yang penyakit kusta disabilitas. Strateginya adalah,

Program Zero Transmisi, Penyakit kusta dapat diberantas jika kita menghentikan tertularnya orang oleh kuman penyebab penyakit kusta. NLR Indonesia, Kementrian kesehatan RI, Dinas Kesehatan Propinsi dan Kabupaten/Kota melakukan beberapa inisiatif dalam pengendalian penularan kusta. Program pengendalian tersebut misalnya seperti pemberian obat untuk orang berpenyakit kusta.

Program Zero Disabilitas, NLR Indonesia menyelenggarakan kegiatan untuk penemuan kasus kusta sedini mungkin. Kegiatan ini dilakukan untuk menekan keterlambatan diagnosis dan pengobatan kusta yang bisa berakibat disabilitas pada penderita kusta.

Program Zero Eksklusi, mengupayakan inklusivitas dan pengurangan diskriminasi dan stigma terhadap OYPMK dan penyandang disabilitas. NLR Indonesia bersama mitra kerja melakukan kegiatan seperti, proyek Mardika (Masyarakat Ramah Disabilitas), proyek LEAP, proyek PADI, Long Term Investment, dan berbagai kegiatan manfaat lainnya khusus untuk penyandang disabilitas.

dalam talkshow dari Ruang Publik KBR memberikan pesan pada kita semua untuk dapat Bahu Membahu Untuk Indonesia Sehat dan Bebas Kusta, kita bisa turut serta membantu mengkampanyekan kegiatan ini dengan mengikuti beberapa kegiatan yang diselenggarakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3G ( Gold, Glory, Gospel )

Ketika Pria Meminta Bukti Cinta Dengan MAKING LOVE

Menghafal Tabel Periodik dengan Mudah