Peduli Lingkungan, Komunitas Rimbawan Nusantara Bagikan Bibit Tanaman Gratis

Halo semuanya! Hari ini saya mau sharing nih pengalaman seru ikutan Car Free Day (CFD), kali ini di CFD ada yang berbeda, bedanya ada kegiatan bagi-bagi bibit tanaman gratis!! Jujur baru kali ini lihat bagi-bagi bibit di CFD, ah seru!
Dalam rangka menyambut kegiatan HARI MENANAM POHON INDONESIA 28 November 2019, dan memperingati HARI SUMPAH PEMUDA 28 Oktober 2019, Komunitas Rimbawan Nusantara (KRN) mengadakan kegiatan yang seru di area CFD, yang letaknya tepat di simpang Semanggi pada Minggu pagi tanggal 3 November 2019. Kegiatan yang diadakan itu meliputi senam pagi bersama, pembagian 1000 bibit tanaman gratis, adanya Game dan door price menarik.
Acara ini didukung oleh banyak partner dari berbagai organisasi dan institusi.

Acara ini tepat dilaksanakan jam 06.00 pagi, semua sudah siap untuk senam bersama, ramainya pagi itu banyak orang yang berlalu lalang berolah raga, ada yang jogging, bersepeda. 
Sorak sorai dan semangat para pengunjung yang senam membuat acara semakin meriah, senam pagi ini juga disertai oleh beberapa tarian daerah, ada flash mob beksan wanara, tarian betawi dan tarian Maumere.


Flash Mob Beksan Wanara, Oh ya sebelumnya kamu sudah tahu belum apa itu Beksan Wanara? dibanding tarian betawi dan Maumere, Tarian Beksan Wanara ini saya baru tahu lho. Tarian Beksan Wanara itu biasanya disebut tari kethekan, yang merupakan tarian klasik Keraton Yogyakarta.

Arti Beksan dalam Bahasa Jawa adalah tarian, sedangkan arti Wanara dalam bahasa Sansekerta adalah masusia berekor monyet, kalau kata ibu-ibu yang senam singkatnya ini tarian Monyet.
Setelah ku cari informasinya, Tarian Beksan Wanara ini ada sejarahnya, berdasarkan perang tanding antara sugriwa dan subali pada cerita Ramayana. Tarian itu menceritakan keduanya sedang bertarung di depan Gua Kiskendo karena adanya kesalah pahaman, pada Legenda Subali dan Sugriwa.
 
Jumlah orang yang senam cukup banyak, bukan hanya anggota KRN saja namun para pengunjung CFD lainya juga banyak yang ikutan sehingga lokasi terlihat sangat ramai. Senang rasanya melihat ibu-ibu dan bapak-bapak yang bersemangat mengikuti gerakan tarian ini, tak mau kalah sayapun ikutan. Gerakanya lumayan banyak membakar kalori ditubuh, saya yang  mengikuti gerakan tarian ini dari barisan belakang baru sebentar keringat sudah bercucuran.

Door Prize Menarik
Untuk bisa mendapatkan doorprize ini sangat mudah, peserta cukup memperlihatkan semangatnya yang totalitas dalam setiap kali satu lagu senam pasti dibeberikan doorprize yang berisikan botol minuman (tumblr) dari KRN. Botol minuman ini bisa dipakai kembali sehingga kamu tidak perlu membeli minuman kemasan plastik sekali minum, bisa bawa minum dari rumah.

Pembagian Bibit tanaman Gratis
Disisi lain yang tak jauh dari senam ada pembagian bibit tanaman gratis, jumlah pembagianya ini ada 1000 bibit yang dibagikan ke masyarakat yang hadir di CFD. Tak butuh waktu lama, setelah diumumkan adanya pembagian bibit gratis melalui pengeras suara, tumpukan tas merah yang  berisikan bibit ini mulai di kerubungi masyarakat.
Berbagai macam bibit tanaman diberikan, antara lain ada bibit pohon jambu, bibit pohon sirsak, bibit pohon ketapang, bibit pohon mahoni, bibit pohon trembesi dll.
Untuk bisa mendapatkan bibit tanaman ini mudah, cukup mengisi data formulir yang sudah disiapkan oleh Komunitas Rimbawan Nusantara, antusias masyarakat cukup besar sehingga tak perlu waktu lama semua bibit tanaman sudah habis. Dengan begitu kita tahu bahwa banyak masyarakat yang masih peduli akan pelestarian lingkungan.
Pembagian bibit gratis ini dapat menumbuhkan harapan lingkungan yang sehat, bersih dan asri dari penanaman tanaman. Terbayangkan bagaimana jadinya kita hidup di lingkungan yang gersang dan berpolusi, tentu membuat tubuh tak sehat.Banyak sekali manfaat yang di dapat dari pohon, oksigen yang bagus, solusi dari pencemaran udara, lingkungan menjadi teduh dan asri.

Saya juga ikut mengantri, bibit tanaman yang saya dapat ada Mahoni dan Ketapang Kencana, menurut saya kedua tanaman ini sangat bermanfaat, kalau pohon mahoni dapat mengusir hama, sedangkan ketapang kencana kalau sudah agak besar selain jadi penghias tapi berguna juga sebagai tanaman peneduh di taman rumah, bentuk tajuknya mendatar dan berlapis-lapis.



Lomba Menanam Pohon
Jadi dari pemberian bibit gratis itu, diadakanlah lomba penanaman dan pemeliharaan secara sukarela, yang nantinya akan dibuatkan grub whatsapp oleh panitia untuk para peserta mengirimkan gambar foto pertumbuhan tanamanya setiap bulan dengan sudut posisi yang selalu sama, dan penilaian itu berlangsung sampai umur tanaman berusia satu tahun. Kabarnya akan ada hadiah menarik lho bagi pemenangnya nanti, lomba ini mencari 3 juara dari hasil penanaman terbaik. wahhh saya jadi penasaran dan kepingin ikutan. Asyik yah produksi oksigen dan dapat hadiah.

Untuk Sehat Perlu Senam, Untuk Nafas Perlu Oksigen, Untuk Oksigen Perlu Pohon, Perlu Oksigen Butuh HUTAN
Begitu bunyi slogan KRN dalam acara ini, Oh ya sebelumnya Yuk! Kenalan dengan Komunitas Rimbawan Nusantara (KRN)
Komunitasyang fokus dan perduli terhadap lingkungan, memiliki aksi nyata untuk melestarikan pepohonan dan hutan untuk ketersediaan udara bersih.
Senang rasanya ikut berpartisipasi dalam acara ini, bukan hanya keseruan saja tapi kegiatan positif ini dapat menumbuhkan rasa kepedullian masyarakat terhadap lingkungan. Semoga kegiatan serupa akan berkelanjutan terus inovasi baru agar anak millenial juga turut serta dalam kegiatan ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Partner In Crime

3G ( Gold, Glory, Gospel )

Ketika Pria Meminta Bukti Cinta Dengan MAKING LOVE