Data gender dan Anak Untuk Kemajuan Indonesia

Kesetaraan gender selalu jadi isu yang menarik untuk dibicarakan. Kesamaan kondisi bagi wanita dan pria untuk memperoleh kesempatan dan hak-nya sebagai manusia, untuk bisa berperan dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, masuknya wanita dalam kegiatan politik, ekonomi, pertahanan, keamanan serta dapat menikmati hasil pembangunan. Sayangnya masih ada yang menganggap derajat serta hak wanita masih dibawah pria, seolah kemampuan wanita jauh lebih rendah dari pria. Padahal kenyataanya banyak wanita tangguh yang mampu menyamai kedudukanya dengan pria, banyak peran penting yang bisa wanita dapatkan atas kemampuanya.

Tak hanya mampu berkompetisi diluar, wanita juga sangat berperan penting dalam kehidupan keluarganya, ia menjadi guru pertama dalam mendidik anak-anaknya. Sedangkan anak-anak adalah generasi penerus bangsa, mereka jadi penentu kemajuan bangsa kita dimasa yang akan datang, oleh sebab itu wanita dan anak patut diperjuangkan hak-haknya.

Beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 3 Desember 2019 di Hotel Borobudur, saya bersama teman-teman dari komunitas ISB hadir dalam acara Seminar Publikasi Data dan Informasi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak 2019.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) menyusun Data dan Informasi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Acara seminar ini dibuka oleh Bapak Pribudiarta Nur Sitepu selaku Sekretaris Kemen PPPA, beliau mengatakan bahwa penyusunan 4 buku publikasi merupakan langkah Kemen PPPA menyediakan data dan informasi terkait kondisi perempuan dan anak di Indonesia saat ini.

Hasil publikasi ini strategis digunakan dalam penyelenggaraan pembangunan dan pemerintahan karena berisi fakta. Data juga dapat dipergunakan sebagai dasar pengambilan keputusan, penyusunan regulasi, kebijakan, program, evaluasi dan referensi serta justifikasi dalam menyelesaikan suatu permasalahan oleh stakeholder maupun pemangku kepentingan,” ujar Pribudiarta.


 4 buku publikasi yang dimaksud adalah:
1. Pembangunan Manusia Berbasis Gender
2. Profil Perempuan Indonesia
3. Profil Anak Indonesia
4. Publikasi Statistik Gender Tematik dengan tema Kajian Ketimpangan Kesempatan Anak terhadap Pelayanan Kebutuhan Dasar di Indonesia.

Memanfaatkan Data gender dan Anak sebagai proses pembangunan untuk memajukan Indonesia.
Hasil data dan informasi ini diharapkan dapat mengubah pola pikir masyarakat agar lebih sensitif terhadap isu gender dan anak serta kondisi perempuan dan anak di Indonesia. Data ini juga diharapkan dapat membuka wawasan dalam penyusunan perencanaan program, kebijakan, kegiatan dan anggaran yang responsif gender dan peduli anak.

Perempuan dan anak  meningkatkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan untuk menumbuhkan ekonomi negara.













Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Partner In Crime

3G ( Gold, Glory, Gospel )

Ketika Pria Meminta Bukti Cinta Dengan MAKING LOVE