Tips Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan

Sekarang ini masih saja banyak perempuan yang tidak tahu bagaimana cara membersihkan area kewanitaan dengan benar, padahal menjaga kebersihan di area kewanitaan perempuan itu rutinitas yang wajib dilakukan dan butuh perhatian khusus. Memang sekilas untuk membersihkan area kewanitaan ini nampak mudah dirawat, padahal organ kewanitaan ini sangatlah kompleks, sebab organ kewanitaan berhubungan langsung dengan rahim.



Membersihkan dengan cara yang tepat dapat menghindari dari penyakit yang bisa menyerang para wanita, sebab banyak sekali pengaruhnya jika kebersihan tak terjaga dengan baik.
Antara lain dapat mempengaruhi rasa percaya diri, mempengaruhi kesuburan, mempengaruhi kehidupan seks bersama pasangan, sampai bisa menjadi kanker dan beberapa penyakit lainya yang mematikan. Oleh sebab itu penting sekali membersih dengan benar agar tak terjadi pengembangbiakan bakteri di vagina, yang merugikan masa depan kita para wanita.

Bicara tentang kebersihan kewanitaan, ada HARI KEBERSIHAN WANITA, yang diperingati setiap tanggal 28 Mei, sebagai bentuk aksi mengedukasi perempuan mengenai Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM), yang berrtujuan untuk bisa tingkatkan kesadaran para perempuan agar lebih peduli lagi tentang kebersihan dan kesehatan area kewanitaanya.

Menstruasi adalah proses biologis normal yang dialami semua perempuan, dan baiknya sebelum mengalami menstruasi untuk pertama kali, perempuan mendapatkan informasi dan pengetahuan yang tepat.

Pada saat menstruasi, resiko infeksi meningkat karna peningkatan jumlah bakteri buruk di area kewanitaan bertambah dengan tingginya tingkat keasaman pH pada darah yang dikeluarkan. untuk itu saat menstruasi sangat diperlukan kebersihan extra dari biasanya.

Direktur Kesehatan Keluarga, Kementrian Kesehatan RI, dr.Erna Mulati, MSc, CMFM mengatakan Kementrian kesehatan RI selalu berupaya menggalakan program edukasi ke masyarakat melalui UKS dan Grakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)

Saat ini masih banyak mitos kesehatan yang berhubungan dengan area kewanitaan perempuan, misalnya:
  • Mitosnya pada saat menstruasi tak boleh mandi sambil keramas, karna mitosnya bisa menghentikan menstruasi, padahal faktanya saat menstruasi kita harus menjaga kebersihan diseluruh badan kita, ya termasuk keramas dan mandi yang dapat dilakukan agar terhindar bakteri, infeksi dan bau.
  • Mitosnya Dilarang makan daging selama menstruasi, karna menyebabkan darah menstruasi menjadi lebih amis, padahal faktanya saat menstruasi tubuh wanita dianjurkan untuk mengkonsusmsi makanan yang mengandung protein dan zat besi untuk dapat menggantikan sel darah yang hilang,

dan masih banyak lagi mitos seputar kesehatan perempuan yang dapat mengakibatkan hal yang kurang baik.

Tips Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan dengan cermat, seperti berikut ini:
  • Gunakanlah celana dalam yang berbahan halus, tidak ketat dan menyerap keringat
  • Jangan bertukar handuk dan celana dalam
  • Jangan membuurikan bedak atau minyak di sekitar area kewanitaan
  • Tidak menggunakan obat-obatan atau cairan yang berupa spermicide
  • Pakailah alat kontrasepsi yang aman dan nyaman untuk mu
  • Jika terjadi gangguan, dapat menggunakan sabun pembersih khusus kewanitaaan seperti Betadine Feminine Hygiene, bukan sabun mandi.
Betadine adalah produk yang sudah terpercaya sejak 50 tahun diseluruh dunia untuk mencegah dan mengobati infeksi, sebuah merek terpercaya. Dan kini Tersedia Betadine Feminine Care merupakan rangkaian lengkap untuk mendukung kesehatan area kewanitaan, mulai dari sehati -hari hingga mens itu tiba dan mampu mencegah infeksi pada area kewanitaan.
Betadine feminine wash dilengkapi dengan prebiotik yang merupakan makanan dari bakteri baik dan merlindungan dukungan sehari-hari.

Sebelum terlambat, mari bersama kita cegah penyakit berbahaya yang bisa menyerang kesehatan wanita.

#KarenaKitaPerempuan yuk mari #SalingMenjaga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3G ( Gold, Glory, Gospel )

Ketika Pria Meminta Bukti Cinta Dengan MAKING LOVE

My Partner In Crime