Tips Sukses Jadi Wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga

Saya senang bisa hadir ke talkshow nya mbak futri Zulya bersama teman komunitas ISB, isi talkshownya selalu menginspirasi, sharing pengalamanya yang sukses jadi pebisnis dan super MOM dirumah, serasa jadi tambahan bekal ilmu untuk saya nanti.
Jujur saja saya bukan tipe perempuan yang suka santai-santai dirumah, rencana kedepan setelah punya anak, saya tetap mau bekerja, meskipun bukan dikantoran tapi yg pasti akan tetap produktif menghasilkan, namun bisa juga menjadi figur seorang ibu yang terbaik untuk keluarga.
Salah satu alasan kuat saya untuk tetap berpenghasilan, adalah untuk menstabilkan keuangan keluarga, apabila terjadi kondisi keuangan yang tak diinginkan, penghasilan saya dapat membantu sebagai backup untuk kebutuhan sehari-harinya.

Pernah gak sih kalian wanita yang sudah berumah tangga dibanding-bandingkan profesinya? membandingkan wanita yang bekerja dan ibu rumah tangga. Memilih salah satu dari keduanya juga serba salah, jika memilih untuk berkarir seringkali wanita dianggap menelantarkan keluarga, atau jika memilih jadi ibu rumah tangga juga dianggap sangat menyia-nyiakan gelar pendidikan yang sudah diraih. Duhh.. jadi serba salah!

Akhirnya zaman sekarang banyak wanita yang memilih untuk jadi wanita karir, sekaligus merangkap menjadi ibu rumah tangga, apakah kalian wanita muda sudah siap? bagaimana yah cara sukses menyeimbangkanya?

Mbak Futri Zulya sebagai narasumber talkshow kali ini, adalah seorang ibu dengan  memiliki dua anak, yang juga memiliki bisnis dibawah langsung bendera perusahaan Batin Group, yang bergerak di bidang kesehatan, peralatan rumah tangga dan perawatan kecantikan.
dilatarbelakangi keluarga, Mbak Futri adalah anak pertama dari bapak Zulkifli Hasan (Ketua MPR) dan istri dari Mumtaz, anggota DPR (anak dari Amin Rais).

Oya sebelum acara talkshow dimulai, disini para blogger bisa mengecek keadaan kesehatan kulit wajah loh, bisa mengetahui kadar kelembabapan kulit, jumlah kerutan wajah, pigmentasi kulit, dan bisa mengecek flek diwajah akibat paparan matahari. Alat ini berfungsi mengecek kulit hingga kedalaman tertentu.
Hasil pengecekan wajah saya tergolong bagus, kadar kelembabanya cukup terpenuhhi, hanya saja perlu menggunakan sunscreen setiap hari, jika tidak efeknya akan banyak muncul flek hitam di kulit wajah.


Menjadi ibu yang bekerja tentu tidak mudah dijalani dengan biasa saja, butuh manajemen waktu yang super hebat karna menjadi working mom haruslah bisa multi talenta, menjalani berbagai kegiatan dalam satu waktu. Bagaimana caranya?

Inilah Tips Sukses Jadi Wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga ala Futri Zulya


Support System
Support System adalah mantra sukses untuk seoarang working mom. pahami dan akuilah kalau kita juga membutuhkan tenaga orang lain.
  • Komunikasikan dahulu pada suami dan keluarga tentang niat anda bekerja
  • Asisten rumah tangga sangatlah penting, namun usahakan carilah ART dan Babysitter yang cocok dengan kepribadian kita, jangan taku juga untuk melakukan interview, lakukan backgraund dan cek kesehatanya ya.
  • Melengkapi ART dan baby sitter dengan laporan aktivitas tiap hari, rencana makanan, serta kurikulium dasar untuk mnnjaga si kecil dirumah.
  • jika si kecil dititipkan ke kakek nenek, jangan lupa juga berikan kurikulum yang diajarkan.

Rutinitas yang harus dilakukan working mom sebelum menjelang malam:
  • Siapkan menu sarapan dan makna siang si kecil
  • Siapkan pakaian untuk suami bekerja
  • Siapkan baju seragam dan si kecil untuk beraktifitas
  • Siapkan baju kerja , aksesoris yang akan digunakan untuk kita bekerja besok hari

Membuat rencana dan budget mingguan serta bulanan yang  mencangkupi:
  • Grocery list
  • Meal plan
  • To do list
  • Jadwal les anak
  • Jadwal pembayaran listrik,air internernet dll
Mengubah pola hidup, prioritas hidup saat masih single dan sekarang sudah menjadi Ibu.
  • Switch mode between work made and family mode
  • Be discipline! Kita harus bisa menentukan kapan waktunya mengecek email, whatsapp, membuat panggilan telepon, dan tugas lainya ketika sampai dirumah
  • Hindari gangguan saat dituumah maupun dikantor, seperti internet surfing, bergosip dengan teman, hindari kegiatan yang tidak penting.
  • Tetap pokus dan selalu produktif
  • Buatlah boonding time bersama dengan anak dan suami, tak perlu ribet dan mahal, cukup kita cudding sebelum tidur, seperti membacakan buku favorit anak-anak, menuliskan pesan khusus di kotak makan.
  • Usahakan carilah Me Time, untuk bisa memanjakan diri.

Cermat Merencanakan Keuangan Keluarga
Setiap orang tentu memimpikan beberapa hal dibawah ini, apakah ini yan kalian impikan?
  • Gaji tak habis ditengah bulan
  • Membuat keuangan pribadi dan keluarga sehat
  • Menambah jumlah kekayaan
  • Mempersiapkan dana pendidikan yang cukup untuk anak-anak tercinta
  • Tetap merasa hidup aman saat sudah memasuki masa pensiun.
Apa sih Perencanaan keluarga itu?
Perencanaan keuang keluarga adalah sebuah proses dimana seorang individu berusaha memenuhi tujuan hidup finansialnya, melalui pengembangan dan implementasi dai sebuah rencana keuangan yang komprehensif.
Manfaatnya bis amencapai semua tuajuan keuangan, misalnya: memiliki mobil dalam 2 tahun kedepan, memiliki anggaran ke liburan keluar kota, bis apergi umroh tahun depan dll.

Financial Literacy & Quotient

  • Financial Literacy, kemampuan untuk dapat memahami bagaimana uang bekerja, bagaimana seseorang mendapatkanya, mengatur membelanjakan, menginvestasikan, agar bertambah hingga bis amenyumbangkanya untuk membentu orang lain.
  • Financial Quotient, kemampuan seseorang untuk mengelola sumber daya baik didalam dirinya sendiri maupun orang lain untuk menghasilkan uang.
Mengatur Arus Kas
Hal utama yang mendasari yang selalu diperhatikan adalah memahami jelas fungsi dana/uang yang kita miliki, kita simpan atau investasikan.

Cara Mengelola Arus Kas

  1. Pergi ke ATM atau bank
  2. Selesaikan urusan bagi-bagi penghasilan ke 3 rekening, SAVING, PLAYING, LIVING
  3. Potong gaji 10% untuk investasi, mengalokasikan ke rekening saving.
  4. Potong gaji 5% untuk dana darurat mengalokasikan ke rekening saving.
  5. Potong gaji 5% untukuntuk ZIS dan sosial
  6. Potong gaji 30% untuk membayarkan cicilan alokasikan ke rekening living/saving
  7. Potong gaji 40% untukkebutuhan pembayaran rutin, alokasi ke rekening living, buatlah daftar pengeluaran bulanan.
  8. Potong gaji 10% untuk gaya hidup, alokasikan tabungan ke rekening playing
  9. Bayar pengeluaran gaya hidup dengan debit, bukan dengan kredit
  10. Bayar lunas kartu kredit
Siklus kehidupan keuangan
Tahap mengumpulkan kekayaan ( Usia 20-40 tahun), lulusan SMA atau setingkat yyang mulai mencari pekerjaan dan hasilkan uang.
Tahap meningkatkan kekayaan ( Usia 40-55 tahun), pendapatan dan karir meningkat untuk bisa mensejahterakan keluarga.
Tahap mendistribusikan kekayaan (Usia >55tahun), mulai mempersiapkan warisan untuk anak atau keturunan.











Beauty Demo
Di sesi terakhir setelah sharing tentang working mom dan keuangan, Mbak Futri menunjukan kepiawaianya dalam bermakeup, baginya berbagi inspirasi dan tips bukan hanya tentang kehidupan berumah tangga dan menjadi working mom saja, ia juga membagi tips mempercantik diri.

Beauty demo yang dilakukan adalah cara makeup yang dilakukan mbak Futri sehari-hari. Ini step-step yang diajarkan untuk make up dalam waktu 30 menit dengan hasil kecantikanya yang paripurna :)
Dimulai dari penggunaan pelembab, primer, foundation, bedak, eye shadow, alis, eyeliner dan lipstik.
Hingga hair do model juga dilakukan oleh mbak Futri.
Pada sesi beauty demo ini ternyata masih banyak yang belum lihay memasangkan bulu mata palsu, yappp! termasuk saya, yang seringkali gagal dalam menggunakan bulu mata palsu, agak susah lama ngepasinya, kadang suka gemeteran sendiri sih, hihi

Menurut mbak Futri, agar hasil makeup kita bagus kunci utamanya adalah pemilihan primer dan foundation yang tepat.

Gimana menurut kalian? hasilnya sungguh paripurna kan? hehe bagus banget, pakai bulu mata, mata terlihat semakin cantik.
Mengikuti talkshow ini sangat bermanfaat sekali sebagai bekal nanti.

Setelah membaca tips dari mbak Futri ini, kalian pilih yang mana? jadi Wanita karir atau ibu rumah tangga? atau mau sekalikus ambil peran? semua sah-sah saja tak ada yang salah, selama keduanya dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, semua berjalan seimbang. 
Tips Sukses Jadi Wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga Tips Sukses Jadi Wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga Reviewed by Riri Restiani on 04.13 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.