Serunya Ikutan Fun Bike Sambil Sosialisasi SNI

Morning All!! Minggu kemarin, tepatnya tanggal 14 Mei 2017, saya dan teman blogger ISB lainya ikutan acara #FunbikeBSN2017 di Car Free Day, acaranya ini seru banget deh. Kenapa saya bilang seru? karena sambil ikutan acara Fun Bike kita bisa sekalian mensosialisasikan ke masyarakat tentang SNI, Acara ini di selenggarakan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) dalam rangka memperingati hari konsumen.


Ngomongin soal SNI, Apasih SNI itu? SNI adalah singkatan dari Standar Nasional Indonesia, kalau hanya sekedar tahu artinya saja pasti banyak orang sudah tahu, tapi belum tentu juga mereka memahami seberapa pentingnya SNI itu.

Apasih yang pertama kali kalian bayangkan kalau mendengar kata SNI? kalau saya sih langsung kepikiran Helm.hehe tapiii ternyata SNI itu tak hanya untuk Helm aja loh, masih banyak jenis produk sehari hari kita berSNI.

SNI bukan hanya untuk mengatur persyaratan teknis produk atau barang, tapi juga untuk jasa, sistem, proses, atau personal. Contohnya saja SNI untuk jasa adalah SNI Pasar Rakyat, dimana saat ini Presiden Pak Jokowi menggalakan penerapan SNI pasar untuk rakyat.

Tujuan SNI Melindungi Konsumen, untuk standarisasi dan penilaian kesesuaian, berdasarkan UU No 20 tahun 2014, yang berisi:
  • Meningkatkan jaminan mutu, efisiensi produk, daya saing nasional, persaingan usaha yang sehat dan transparan dalam perdagangan, kepastian usaha, dan kemampuan pelaku usaha, serta kemampuan inovasi teknologi.
  • Meningkatkan perlindungan kepada konsumen, pelaku usaha, tenaga kerja, dan masyrakat lainnya, serta negara, baik dari aspek keselamatan, keamanan,kesehatan, maupun pelestarian fungsi lingkungan hidup
  • Meningkatkan kepastian, kelancaran, dan efisiensi transaksi perdagangan barang dan atau jasa di dalam negeri dan luar negeri.
Sudah saatnya kita pintar sebagai konsumen, mulai sekarang mulailah kita untuk menggunakan produk berlabel SNI untuk produk sehari-hari, yang sudah pasti terjamin kualitasnya.

Sekarang, sudah terdapat 205 SNI yang diberlakukan wajib oleh pemerintah, contohnya saja SNI yang sudah diberlakukan secara wajibadalah helm untuk pengendara motor, air minum dalam kemasan, semen, ban, pupuk, garam konsumsi, mainan anak, pakaian bayi, baja tulangan dll. untuk lebih detailnya lagi, kalian bisa cek kesini ya,,  sisni.bsn.go.id

..............................oOo..............................

Hore... akhirnya saya bisa nikmatin juga sehari udara tanpa banyak polusi di tengah kota jakarta. Jam 6 pagi saya dan teman lainya sudah ada di depan gedung BSN, bersiap untuk meramaikan event ini.

Gambar diatas adalah garis start para peserta Fun Bike, kami semua sudah bersiap dan Fun Bike dimulai pada jam 7 tepat, yang resmi dibuka oleh Kepala BSN, Bapak Prof. Dr. Bambang Prasetya

Rute gowes Fun Bike mulai Start dari depan kantor BSN-Patung Kuda-Bundaran HI dan kembali lagi Finish di Kantor BSN.

Nah diatas adalah para pemandu jalanya rute Fun bike, yang nantinya para peserta akan mengikuti para pemandu ini mengitari rute yang telah disepakati.

Berhubung saya gak ikutan ngegowes karena tidak bawa sepeda, akhirnya saya nikmatin saja live musiknya sambil meliput acara dan menunggu para peserta kembali ke finish, duhh pagi-pagi udah bawain lagu yang bikin baper aja sih masss,haha
Sesampainya para peserta di garis finish, kami di suguhkan Pisang Sunpride dan minuman berSNI sebagai penambah tenaga baru.

Tak jauh dari garis finish ada beberapa booth makanan ber SNI yang dijual, kebetulan banget ada frozen food, akhirnya saya putuskan beli untuk dimakan bersama keluarga dirumah, harganya pun sangat terjangkau.

Acara pun dilanjutkan dengan adanya talkshow yang di narasumberi oleh Kepala BSN, Bapak Prof. Dr. Bambang Prasetya dan ketua yayasan lembaga konsumen Indonesia(YLKI) Tulus Abadi.
Para peserta Fun Bike sangat serius memperhatikan acara talkshow ini.

Sebelum acara selesai, BSN memperkenalkan juga maskot terbarunya ini yang bernama Si Rino Sahabat SNI. Dari Filosofinya Maskot Rino diadaptasi dari hewan Badak Bercula Satu, alasanya karena badak merupakan hewan tangguh, mamalia terbesar kedua di dunia yang masih hidup sampai sekarang.

Si Rino menggunakan pakaian khas gatotkaca, dengan paduan gatot kaca dan badak jawa maka maskot ini terlihat lebih hidup dan berkharakter Indonesia.
 merupakan simbol kekuatan dan ketangguhan, kepribadian yang baik, mampu melindungi dan inovativ. Seperti halnya BSN mampu mengajak masyarakat untuk membudayakan SNI.

Diakhir acara adanya tanda tangan dari perwakilan berbagai komunitas sepeda, sebagai deklarasi Masyarakat Peduli SNI

Nah sekian report saya kali ini, semoga share ini bermanfaat ya...
Serunya Ikutan Fun Bike Sambil Sosialisasi SNI Serunya Ikutan Fun Bike Sambil Sosialisasi SNI Reviewed by Riri Restiani on 00.42 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.