Trik Jitu Dalam Membeli Mobil Bekas

Seperti yang sudah-sudah, saya masih kepingin beli mobil pakai uang pribadi sendiri, harga mobil baru yang saya sukai harganya diatas budget yang saya siapkan, tiba-tiba terpikirkan bagaimana jika saya membeli mobil bekas saja? toh kan sama jenisnya dengan yang saya incar hanya statusnya saja bekas, tapi mengingat pengalaman beberapa orang terdekat saya pernah bilang, banyak resikonya membeli mobil bekas, kalaupun beli dan dapat yang bagus itu hanya untung-untungan saja, bisa jadi malah merugi karena mobil yang dibeli ternyata banyak menemukan masalah, duh saya jadi bimbang harus pilih yang mana, dan ditengah kebimbangan saya memilih antara ingin beli mobil baru atau mobil bekas, beruntung sekali saya diajak untuk ikut lagi talkshow bersama mobil123.
Semoga setelah talkshow ini saya bisa menentukan mau beli mobil bekas atau mobil baru.

Jakarta, 31 Maret 2017 saya mengikuti talkshow otomotif bersama mobil123(dot)com sebagai Portal Otomotif No.1, yang diselenggarakan di The Hook Resto & Bar, terletak di Jalan Cikatomas II No. 35 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Sudah beberapa kali saya mengikuti talkshow mobil123(dot)com yang selalu hadir dengan tema yang berbeda dan yang dibutuhkan saat ini, Didalam portalnya, mobil123(dot)com menerima transaksi pembelian mobil bekas.

Di talkshow ini mengangkat tema "Mobil Bekas, Solusi Kebutuhan Anda" akan membahas tentang bagaimana cara yang benar dalam memilih mobil bekas untuk memenuhi kebutuhan berkendara kita.
Nah kali ini pas banget temanya sama saya yang lagi bimbang memilih, dan banyak pertanyaan dibenak saya seputar mobil bekas.
Bpk. Hendrik - Bpk. Halomoan - Bpk. Indra
Pada talkshow mobil123(dot)com ini dimoderatori oleh Bapak Indra Prabowo selaku Managing Editor Mobil123.com dan telah hadir juga Bpk. Halomoan Ficher Lumbantoruan selaku Chief Operational Officer dari Mobil88 dan Bpk. Hendrik Wiradjaja selaku Deputy Marketing Manager dari PT. Hyundai Mobil Indonesia, keduanya hadir sebagai narasumber di acara ini.

Membahas tentang mobil bekas bersama para ahlinya dari Mobil88 dan Hyundai Auto Safe memang menyenangkan, saya yang masih sangat awam didunia otomotif sangat terbantu dengan talkshow ini, karena segala informasi saya dapatkan dari mereka yang punya keahlian dalam bidang otomotif. Dari dua perusahaan otomotif terbesar ini mereka juga menjual mobil bekas dengan kondisi yang baik.
Semua peserta talkshow ini sangat antusias pada acara ini, sambil menshare ulang informasi melalui live tweet yang diadakan dengan berhastag #Mobil123
Sekarang ini menggunakan kendaraan mobil bukan lagi hanya karena kebutuhan pokok, banyak juga orang yang hanya ingin sekedar memenuhi gaya hidup status sosial moderen jaman sekarang.
Bagi saya yang ingin memiliki mobil adalah sebuah kebutuhan pokok yang dapat menunjang performa dalam bekerja dan bisa mengentertain keluarga, alias jalan-jalan saat liburan.

Benefit membeli mobil bekas
Membeli mobil bekas memberikan kita benefitnya, antara lain:
  • Harga Lebih murah, Sudah pasti mobil bekas memiliki harga lebih murah dibanding yang baru, karena seiring berjalanya waktu nilai sebuah mobil akan turun, sehingga harga beli cash atau dengan cicilan, harga sebuah mobil akan turun
  • Kendaraan langsung pakai, tanpa harus lebih banyak mengurus administrasi seperti membeli mobil baru, proses pembelian mobil bekas jauh lebih cepat dan bisa langsumg kita pakai.
  • Tingkat depresiasi lebih rendah, semakin lama mobil itu dijual akan semakin turun pula harganya, karena hal ini adalah salah satu alasan kenapa mobil bekas banyak peminatnya.
Dalam hal apapun tentunya kita ingin mendapatkan keuntungan, namun selain keuntungan ada pula beberapa resiko yang akan kita alami dalam membeli mobil bekas apabila kita tidak hati-hati.

Resiko Membeli Mobil Bekas, antara lain:
  • Mobil Disita, kita tidak tahu ternyata mobil tersebut pernah/hasil dari melakukan tindak kejahatan
  • Kerugian Material, banyak yang harus diperbaiki
  • Ancaman Keselamatan, ternyata ada mesin rusak yang tidak kita ketahui
  • Tidak Bisa BBN, (balik nama)
  • Ancaman Pidana 6 Tahun "Pasal 263 & 264 KUHP", karena status hukumnya.

Faktor Penyebab Resiko:
  • Dokumen (Status Hukum) yang bermasalah
  • Kesesuaian Fisik dan Dokumen yang tidak sesuai
  • Kendaraan Eks Tabrak
  • Kendaraan Eks Banjir
  • Odometer Putaran

Oleh sebab itu kita harus lebih hati-hati dan teliti dalam membeli mobil bekas, agar terhindar dari kerugian mengintai kita, Cek Trik Jitu untuk membelinya adalah:

Belilah ditempat yang terpercaya, misalnya saja mobil yang akan kita beli adalah milik suadara atau kerabat dekat kita atau setidaknya kita mengetahui kondisi pemakaian mobil yang mau kita beli seperti apa.

Cek ke SAMSAT mobil bekas yang inigin kita beli apakah dalam keadaan blokir atau tidak, namun pada proses ini sangat disayangkan tidak secepat yang kita bayangkan, misalnya saja pada saat kita transaksi pembelian ternayata mobil itu bermasalah tapi tidak kita ketahui, dan setelah trransaksi selesai mobil telah kita gunakan malah justru baru ada pemblokiran. hal seperti ini sangat menyusahkan sekali.
Namun jika kalian coba membeli di portal mobil88, segala kelengkapan dan keamanan mobil telah dicek dan dipastikan aman oleh tim portal mobil88, sehingga kita tak perlu khawatir akan hal yang tidak diinginkan.

Perhatikan kelengkapan dokumen
Dipastikan semua dokumen kelengkapan itu ASLI dan sesuai dengan data pemilik sebelumnya, agar jika pada saat proses kita ganti nama itu mudah, dan tak bermasalah.

Pengecekan Performa mesin mobil
Cek bagian mesin mobil, karena biasanya jika mobil yang masih bagus itu memiliki suara mesin yang terdengar halus dan tidak kasar, saat ganti giginya masih gampang, mudah dinyalakan, alangkah lebih baiknya kita harus mencoba mobil bekas yang ingin kita beli, agar performanya kita ketahui.

Perhatikan Eksterior dan Interior Mobil 
Cek semua Eksterior dan Interior Mobil yang ingin kita beli, mulai dari warna cat, jok mobil, AC, semua lampu, langit mobil, kaca mobil.

Rate Bekas Penggunaan
Ada baiknya membeli mobil bekas dengan rate 5 tahun kalau tahun sekarang bisa membeli nya minimal mobil keluaran tahun 2011 atau tahun 2012.

Cek Ulang Kendaraan Langsung Ke SAMSAT
Khawatir kalau ditipu, baiknya langsung saja bawa kendaraan tersebut untuk dicek ke SAMSAT, karena pengecekan disana akan lebih mendetail tentang dokumen aslinya yang disesuaikan dengan kerangka mesin, namun sebelumnya minta izin pada pemiliknya dulu.
Wah begitu banyak informasi yang baru saya ketahui, sebagai orang awam didunia otomotif saya sangat terbantu akan informasi yang saya dapatkan dari talkshow ini.

Dalam acara talkshow ini hadir juga Kedua petinggi dari iCarAsia, yaitu Mr. Hamish Stone selaku CEO dari iCarAsia dan Mr. Joe Dische selaku CFO dari iCarAsia. Mereka merupakan holding mobil123(dot)com yang selalu mendukung penuh setiap gelaran acara yang bermanfaat.


Jadiiii setelah kalian cek trik jitu membeli mobil bekas ini, apakah kalian yakin untuk membelinya?
Trik Jitu Dalam Membeli Mobil Bekas Trik Jitu Dalam Membeli Mobil Bekas Reviewed by Riri Restiani on 00.57 Rating: 5

10 komentar:

  1. Mantaf banget mbak tulisannya. Semoga cepat dapat mobil eh jodoh juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas, dan saya amin kan saja ya mas,hehe

      Hapus
  2. betul nih, trik jitu dalam membeli mobil bekas!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas Unggul, jd jangan khawatir untuk beli mobil bekas ya, karena gak semuanya buruk kok, asal kita punya trik khususnya aja biar gak rugi.

      Hapus
  3. Hahahaha
    Jadinya Mbak riri beli bekas aja. Sekalian nabung buat yg lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal jeli dan teliti pasti gak rugi kalo beli mobil bekas ya mba, sisanya buat nabung deh.hehe

      Hapus
  4. Setuju... tak ada yang bilang mobkas itu jelek. Yang ada kita yang tak bisa memilih di mana kita harus membelinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah belilah ditempat yang berkualias yang namanyapun sudah jelas.

      Hapus
  5. Postingan nya sangat bermanfaat banget mba, baru tau klw sebaiknya harus ngecek ke samsat dulu kelengkapannnya sblm beli Mobil bekas, karena memang riskan resiko yg Kita dapet sih yah kalo Kita gak teliti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdullilah syukur kalo tulisanya bermanfaat.
      Iya memang ada baiknya dicek ke Samsat dulu, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, tapi jangan lupa minta ijin secara baik-baik dulu sama yang punya mobilnya.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.