Merawat Motor Semudah Kita Tersenyum

Pertama kalinya saya punya kendaraan itu seneng banget, apalagi dibeli hasil jerih payah sendiri, ya bangga dong, terasa mandirinya. Kendaraan pertama yang mampu saya beli adalah sepeda motor, karena saat itu saya memang butuh. Sebelum saya membeli motor, saya lebih sering naik kendaraan umum (bis) untuk ke kantor dipagi hari dan sorenya naik bis dan disambung naik kereta untuk bisa sampai ke kampus. Dulu saya memang kerja sambil kuliah, saya bekerja untuk bisa bayar kuliah sendiri. Dari kecil saya memang sudah terbiasa mandiri, jadi terbawa sampai sekarang mandirinya.

Dulu itu kalau naik bis udah nunggunya lama sekalinya bis datang kondisinya sudah penuh,
jadi mau tak mau saya naik dalam keadaan padat, parahnya lagi dikereta tujuan depok pun begitu,
hualah kalau masuk badan terasa setengah kaku. penuh bejubel. Nah karena alasan itulah saya putuskan untuk membeli motor, dengan motor merasa semuanya jadi mudah, kemana mana gampang dan ongkos pun jadi lebih hemat, namun saya tetap harus bisa menerima resiko macet nanti.

Saat baru-barunya punya motor sangat saya sayang, segala sesuatu tentang motor saya perhatikan, rajin dicuci, rajin ke bengkel (maklum gratisan),hehe Nah lambat laun sekitar mulai tiga tahun lewat, saya sudah mulai malas dalam memperhatikan motor, kadang suka ngerasa gak ada waktu. Kadang suka kepikiran kasian sama motornya.


Jakarta, 25 April 2017 Saya diundang oleh mobil123 portal otomotif no1 di Indonesia, blogger gathering kali ini bertema "Merawat Motor Semudah Tersenyum". Wah tema ini sangat cocok sekali buat saya yang memang sudah ngerasa susah dan berat kalau mau ngerawat motor, kesalon motorpun rasanya gak sempat. Dalam acara ini sekaligus merayakan Hari Kartini yang setiap tahunnya, pada 21 April.

Sekarang ini pengguna motor memang sudah menjamur di Indonesia, bukan lagi di kalangan tertentu saja yang punya motor. Dan jenis Kendaraan ini sudah tidak terbilang sebagai kendaraan mahal, sehingga membuat sebagian besar masyarakat tertarik untuk membelinya.
Meski membeli sepeda motor merupakan hal yang gampang, namun untuk merawat kendaraan ini kebengkel resmi atau umum bagi sebagian pemilik motor terasa sangat berat dengan alasan keterbatasan waktu. Jika kondisi ini terus terjadi, besar kemungkinan memperpendek usia kendaraan.
Agar perfoma motor selalutetap prima dan tahan lama, maka dibutukan perawatan berkala selayaknya kita merawat kesehatan dirisendiri.

Nyatanya saat ini tidak setiap pemilik selalu rajin mendatangi bengkel untuk melakukan perawatan motor walaupun itu hanya menggati oli, apalagi kalau  pemilik kendaraanya seorang wanita, pasti tidak mudah melangkahkan kaki kebengkel ditambah lagi dengan tingkat kesibukan pemiliknya membuat motor kian terbengkalai tak terawat.

Oleh karena itu Mobil123.com dan bekerja sama dengan PT Pertamina Lubricants, Untuk dapat mencegah hal buruk terjadi pada motor kesayangan anda. Dalam kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengertian lebih mendalam pada pengendara wanita, bahwa betapa pentingnya merawat kendaraaan motor dengan cara yang baik dan benar, walaupun di tengah kesibukannya.

Arya Dwi Paramitaselaku Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants mengatakan, perawatan motor adalah wajib dan mudah dilakukan bagi setiap pemiliki motor agar bisa selalu digunakan setiap saat. Dia menjelaskan setidaknya pemilik menyempatkan servis rutin kebengkel resmi walau sekedar ganti oli mesin, membersihkan motor setiap hari dengan lap chamois jika tidak terlalu kotor, memastikan tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan, tidak bawa beban atau penumpang berlebihan, menggunakan bensin berkualitas sesuai anjuran pabrikan, memilih lintasan rata dan lain-lain. "Performa motor ditentukan seberapa apik pemiliknya memperhatikan penggantian oli mesin di samping perawatan baterai. Setidaknya ini langkah awal yang harus kita lakukan jika kita pecinta motor sejati," kata Arya Dwi Paramita.

Menurutnya, seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, memang motor-motor saat ini di Indonesia menyuguhkan berbagai teknologi dan fitur modern seperti teknologi asupan bahan bakar injeksi. Namun hal paling utama adalah harus memperhatikan perawatan mesin. Karena kondisi mesin sepeda motor bergantung dari pemeliharaan pemiliknya.

.......
photo by: ridertua wordpress com
Untuk perempuan yang sering menggunakan motor seperti saya, berikut ini ada beberapa tips penting dalam perawatan motor, Jangan cuma senang pakai motornya saja, tapi malas untuk merawatnya. Karena kendaraan juga harus kita rawat dengan baik, ada baiknya merawat kendaraan seperti merawat pasangan yang kita agar tetap sehat selalu.

Sekarang yuk kita simak cara merawat motor dari ahlinya, Pak Agung Prabowo selaku  selaku Technical Specialist Integrated Lubrication Management Academy dari PT Pertamina Lubricants, tips merawat motor ini sudah teruji atas pengalamanya , cara perawatan ini tak hanya untuk motor saja tapi juga bisa diterapkan pada mobil.

Merawat Motor Semudah Kita Tersenyum:

Periksa Tekanan Angin.
Kita wajib mengecek tekanan angin pada ban secara rutin atau diusahakan minimal seminggu sekali. Pastikan tekanan anginnya sudah memenuhi syarat aman kendaraan untuk bisa dipakai berkendara.
Resikonya jika ban motor kurang tekanan angin, ban motor akan pecah.
Photo from fdrtireCom
Tekanan angin ini juga sangat berpengaruh pada oli. Sebab jika tekanan angin yang ada pada ban lebih rendah, membuat kecepatan pada kendaraan jadi berkurang, bikin boros bahan bakar kendaraan. Ingat, lama atau tidaknya jeda umur penggantian oli, salahsatunya karena faktor bahan bakar yang boros.

Periksa Ketersediaan Toolkit, 
Cek box toolkit kelengkapan kendaraanmu secara rutin, pastikan toolkit ini siap dan layak pakai.
Photo From: yamaha-motorDoteu
Cara meletakkanya ditempat yang mudah dijangkau, dan dalam satu box khusus.

Cek Kondisi Oli,
Oli adalah hal yang sangat penting dalam hal memanaskan mesin kendaraan.
Sepenting apakah oli itu jika di ibaratkan dalam manusia, oli ini seperti darah dalam tubuh manusia. Umur penggunaan oli pada tiap kendaraan itu berbeda-beda, disesuaikan dengan merk oli yang bagaimana cara kita memakai kendaraan.
Misalnya saja jika jarak tempuh penggunaan motoh kita sangat jauh, minimal ganti oli adalah 1 bulan sekali. Kalau kita punya kendaraan yang jarang dipakai kita juga tetap harus menggantinya minimal 2bulan sekali, sebab jika malas ganti oli bisa berdampak buruk pada kendaraan, bisa jadi mesinya berkerak, jadi pastikan oli kendaraan kita diperiksa secara rutin ya.

Cek Kondisi Aki, 
Rajin mengecek kondisi Aki, khususnya pada motor yang saat ini menggunakan teknologi injeksi, kalau lalai lupakan aki, bisa menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan juga boros bahan bakar.

Periksa Rantai dan Gir, 
Hati-hati jangan sampai rantai motor terlalu terpasang kencang atau terlalu kendor, jika merasa gir motor sudah terlalu tajam, segeralah untuk ganti, bahayanya bisa menyebabkan rantai motor lepas atau putus. Hal ini dapat membahayakan keselamatan kita sebagai pengendaranya.

Panaskan Motor Secukupnya,
Sebelum motor digunakan ada baiknya kita panaskan dulu motor, hal ini sering kali dilupakan karena dianggap sepele, padahal memanaskan motor tidak perlu waktu yang lama, cukup 2 menit saja. Hal ini harus kita lakukan agar oli bisa melumaskan mesin, jadi ketika motor berjalan mesin tidak terlalu berat bekerja.

Periksa Kabel Koil dan Busi,
Kabel koil dan Busi yang sudah terlihat ada retakan, sudah berumur lama, kotor, segeralah untuk ganti, Sesuai dengan yang standard pabrikannya. kedua ini fungsinya sebagai sumber api saat terjadi pembakaran pada motor.

Perhatikan Selang Bensin, 
Kadang kita suka kehabisan bensin dijalan dan memutuskan untuk beli bensin eceran, padahal bahayanya menggunakan bensin yang bukan dari POM bensin resmi bisa menyebabkan selang bensin motor cepat kotor dan mudah tersumbat. Cek juga usia selang bensin kalau sudah cukup lama harus diganti karena bisa terjadi kebocoran pada selang.
Oleh karena itu pemeriksaan selang bensin ini wajib dilakukan.

Gunakan Sparepart Asli, 
Beranggapan yang asli pasti mahal adalah salah besar, baiknya kita selalu gunakan sparepart kendaraan yang asli, yang sudah pasti direkomendasikan langsung dari pabrikannya.
Photo From: anugerah jaya bearing Com
Karena sparepart asli pasti sudah disesuaikan dengan tingkatan mutunya motor tersebut.

Jangan Lupa Cuci dan Ke Salon Motor, 
Jangan cuma Rutin ke salon buat perawatan muka aja, mencuci motor itu juga harus loh, agar motor bersih dan enak dipandang. tentunya jadi terlihat seperti baru terus ya.
Photo From: artikel-manfaatkhasiat blogspot co id
Saat mencuci motor dipastikan tidak ada air yang masuk ke bagian-bagian rawan motor yang tidak boleh terkena air, misalnya saja bagian electric, karburasi, dan bagian dalam knalpot. Setelah motor dicuci ada baiknya motor dipanaskan juga.

Dan jangan lupa sebelum pengendara mengendarai sepeda motor, sebaiknya periksa dahulu rem, lampu-lampu, aki dan radiator, demi keselamatan loh.


Oli Yang Baik Untuk Motor Kesayangan
Ngomongin soal besarnya manfaat oli untuk kendaraan kita, karena oli mempunyai banyak fungsi bagi kendaraan. kita harus pastikan dalam penggunaan oli haruslah menggunakan oli yang asli, karena akan sangat berbahaya jika kita menggukan oli yang bukan asli.

Manfaat oli adalah sebagai:
Lubricate/Pelumas
Oli berfungsi untuk melicinkan, sehingga dapat mengurangi gesekan, dan mencegah kerusakan pada permukaan komponennya.

Clean/Pembersih
Oli membuang sisa pembakaran, sisa-sisa gesekan yang terjadi.

Cool/Pendingin
Selain air radiator, oli juga berfungsi untuk mentransfer panas.


Bagaimana sih cara memilih oli yang tepat dan benar?
Pertama, kita harus mengetahui material oli dan apa yang menjadi bahan dasarnya.
Baiknya kita sebagai pengguna harus tahu mana oli yang dari mineral, dan mana yang oli synthetic blend (semi sintetik).

Perbedaan Oli Motor:

  1. Oli berbahan mineral terbuat dari fosil/ minyak bumi. 
  2. Oli synthetic adalah oli yang terbuat dari pengolahan sintesis kimia. 

Sebenarnya kedua jenis oli diatas baik digunakan, hanya saja kualitas dari penggunaan oli synthetic jauh lebih baik fungsinya dibandingkan oli mineral. Apabila dari awal kendaraan kita atau saat dari pabrikan sudah menggunakan oli mineral, sebaiknya tetap gunakan jenis oli yang sama seperti diawal.

Untuk pemilihan jenis oli yang dipakai juga harus diperhatikan berdasarkan kode dan sertifikasinya. Harus disesuaikan oli kendaraan, masuk atau tidaknya dalam kode dan sertifikasinya.
Memilih oli juga berdasarkan dari kekentalannya, menyesuaikan dengan oli bawaan awalnya.


Menggunakan oli berkualitas itu sangat penting, karena mesin kendaraan kita bisa selalu terawat, tentunya agar tahan lama. Kendaraan yang terawat dengan baik, juga rutin service ke bengkel, sudah pasti kendaraan kita akan selalu berkondisi baik. Jika kendaraan kondisinya selalu baik, kita sebagai penggunanya tentu akan terasa aman dalam perjalanan.

Misalnya saja menggunakan oli dari pertamina seperti dibawha ini:
Kalau saya sih pakainya seperti yang dibawah ini, karena jenis motor saya adalah motor matic

oke semuanya sekian ya teman-teman, terima kasih sudah berkunjung diblog saya.
Merawat Motor Semudah Kita Tersenyum Merawat Motor Semudah Kita Tersenyum Reviewed by Riri Restiani on 00.17 Rating: 5

6 komentar:

  1. Riri juga Lady Biker nih pasti rajin ya merawat motor matic nya Ri? :D
    Dan ganti olie nya berkala hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong teh Ani, motor kesayangan harus diperlakukan layak pacar,hehe
      ganti oli wajib banget sebulan sekali teh:)

      Hapus
  2. Wah makasih ya mba tipsnya bermanfaat bgt, jd pengen cuci motor udh 2 minggu gak dicuci heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tipsnya ini bermanfaat, btw sekarang musim hujan loh, kudu rajin lagi nyuci motornya, biar selalu kinclongg kayak yg punya nya.hehe

      Hapus
  3. Nah ini baru bener, perempuan yg punya kendaraan harus pintar- pintar merawat kendaraannya,jgn taunya naik doang. Di situ juga bisa kelihatan klw Kendaraan kinclong, yg punya jg kinclong, jd aura kinclong nya bisa keluar. he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahaha, iya dong bang uci, semakin kinclong kendaraanya yg naik jg makin kece ya. hehe
      harus sayang sama kendaraan, dirawat biar sehat selalu.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.