Buka Bersama Dan Berbagi Dengan Komunitas Motor #WeLoveHondaBerbagi

Bulan suci ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, banyak orang mengejar pahala dan keberkahan di bulan yang suci ini, bulan ramadhan adalah nilai kebaikan dan ibadah kita akan dilipat gandakan.

Jakarta, 26 Juni 2016, saya menghadiri acara welove honda comunity gathering berlokasi di Locanda restaurant. Acara ini dihadiri oleh 5 komunitas, yaitu dari komunitas gilamotor, komunitas blogger, dan komunitas motor Honda lainnya.

Setiap para peserta yang datang, harus berfoto dulu di booth yang disediakan, karena ada lomba foto yang berhadiah jutaan rupiah, tak mau ketinggalan tentunya saya langsung touch up dan jeprat jepret dibantu teman blogger lainya.
Keren ya motor Honda GTR 150 ini, berasa pengen mudik naikmotor jadinya, btw Honda Supra GTR 150 adalah motor pertama di Indonesia dengan layered body cover, dengan mesin 4 langkah DOHC - 4 sehingga nyaman untuk kita gunakan Touring.

Para peserta sudah siap, dan adik-adik ini juga sudah siap memulai acara
Foto by Twitter @WeLoveHonda
Acarapun dimulai, pembukaan acara disambut oleh MC dan Steffanie, yang merupakan perwakilan AHM, ia berharap Semoga acara ini dapat mendaji silaturahmi bagi kita semua.
Pada Sesi Pertama, acara diisi oleh Citra Ayu Lestari, Yang bertema Etika berkendara tips aman dalam berkendara, meski masih muda ia adalah instruktur safety riding berpengalaman, dari Rifat Drive Labs.

Safety riding merupakan pribadi yang baik bagi pengendara dan seluruh pengguna jalan raya, banyaknya kecelakaan dijalan raya yang terjadi karena faktor kurang safety dan kurang beretika dalam berkendara.
Citra mengatakan, "Sekarang di jalan raya bukan masalah ditabrak dan menabrak ini hal biasa, tp tepatnya dibunuh dan membunuh"
Jika kita ingin mudik menggunakan kendaraan sendiri, harus sehat fisik dan mental serta kendaraan juga harus dalam kondisi prima.

Safety itu hny preventif. Ubah perilaku jd defensive. Prilaku etika empati jg dperhatikan
Savety adalah tindakan preventif spt memakai helm, jaket dsb
 
Penyumbang kecelakaan tertinggi di Indonesia disebabkan manusia presentasenya 88%, bukan karena mesin atau lingkungannya. Faktor kecelakaan di jalan raya bisa karena kurang safety dan kurang beretika dalam berkendaraan
Dijalan raya, ada hak dan kewajiban yang harus kita patuhi sebagai pengguna jalan, para pengendara harus memiliki 3 pilar, yaitu:
  1. Paham peraturan
  2. Skill
  3. Attidue

Etika berkendara yang baik:
  • Gunakanlah jalan raya bukan menggunakan trotoar dan menggunakan jalur busway, kita harus bisa menghargai hak orang lain di jalan, termasuk tidak melewati bukan jalur yg semestinya.
  • Saat kita melihat orang lain menyalakan lampu sen tandanya harus mempersilahkan orang itu jalan lebih dulu (diberi jalan ).

Untuk persiapan mudik menggunakan kendaraan pribadi nanti, diharapkan tertib berlalulintas agar mudik jadi aman dan nyaman, siapkan fisik, mental yang kuat, cek kendaraan, dan juga memanajemen waktu perjalanan yang baik.
Jika kita melawan arus, melanggar rambu lampu merah, masuk lajur transjakarta, memaksa naik trotoar, semua akan menimbulkan resiko.


Di Sesi Kedua ada alit susanto, seorang penulis yang juga pecinta motor, ia berbagi pengalamanya tentang touring yang pernah ia lakukan.
Alit pernah melakukan perjalanan jauh, nonstop jogja-jember, ia pun menceritakan pengalaman lucunya saat ia touring, karena pernah tidur di pom bensin kemudian di usir satpam.

Kata Alit, kalau Solo Touring itu mengasyikan, saat berangkat kita memang sendiri, tapi saat pulang nanti akan banyak teman kata Mas Alit


Menabrak dan ditabrak menjadi hukum alam ketika kita dijalan, makanya perlu defensive driving.
Selama touring yang pernah ia lakukan tidak pernah menemukan tindakan kriminal, tapi biasanya hanya masalah teknis aja seperti mogok, ban bocor dll.

Tips Touring dari Alit Susanto:
  • Pastikan motor mu dalam keadaan prima jangan sampai baut pada lepas pas jalan ban nya copot sendiri
  • cek dengan detail sampai mur terkecil kendaraan mu
  • menggunakan sarung tangan, persiapkan kelengkapan lain selama berkendara
  • Mengecek kendaraan sebelum touring itu harus, mengetatkan bag2 kendur biasa motor cc besar getaran jg besar 
  • Bagi pecinta custom motor harus diingat bukan hanya keren tapi harus nyaman dan lengkap
  • Saat memodifikasi motor harus seimbang antara gaya dan kenyamanan kita dalam berkendara
  • Punya banyak destinasi yang rencananya akan dikunjungi selama perjalanan, anggap saja kalian sedang berwisata.
  • Nikmati setiap moment yang ada di sepanjang perjalanan saat touring, bisa diabadikan dgn foto dan video 
  • Lakukan istirahat setiap 3-4jam sekali, karena tubuh butuh istirahat
  • Touring yang asik bukan hanya satu tujuan tp mampir ke berbagai tempat selama perjalanan, melewati beberapa spot sepanjang jalan, jangan lupa koling brotherhood disana.
Ternyata Hobi Alit bukan hanya hobi touring saja, ia hobi modifikasi motor, kata Alit, dengan mengcustom motor, maka motor kita mnjadi sesuai karakter diri kita sendiri.
Alit pernah mengcustom motor monkey ala jepang, katanya ia terinspirasi Honda monyet di Jepang akhirnya ia memodifikasi sendiri dengan mesin Honda Legenda.
Saking sukanya modifikasi motor, ia pun punya bengkel motor sendiri.

Sebagus-bagusnya standard motor dari pabrik terkadang tidak sesuai karakter dan selera kita.
Biaya custom motor memang mahal, tapi lebih baik uang habis untuk custom motor daripada habis untuk narkoba. 
Buat anak motor, custom motor itu It's not about the money , but this is a passion. Kata Alit.

Jangan sampai rencana mudik untuk bersilaturahmi menjadi sirnah karena kecelakaan
Realible, stylish, dan kenyamanan juga jadi prioritas utama modif motor.

Selanjutnya sambil menunggu waktu bka puasa ada sesi games seru dari perwakilan komunitas dgn adik-adik yatim.
Photo @YP_PP

Ngabuburit asik kami juga dimeriahkan oleh Rizma Aprilia, salah satu Finalis Hijab Hunt 2016 mengajak bernyanyi bersama, lagu berjudul Alhamdullilah by Opick. Suara Rizma merdu, sehingga para peserta pun turut bernyanyi.

 Setelah itu ada sambutan dan juga kultum yang disampaikan Pak Agus.

Alhamdulilah, Adzan sudah terdengar dan kami pun berbuka puasa bersama

Setelah berbuka bersama acara dilanjutkan ACARA PUNCAK, yaitu dengan memberikan santunan pada anak yatim piatu dari yayasan Al Mustaqim.



 Alhamdulilaaahhh,semoga bermanfaat adik-adik
Foto @detikoto
Buka Bersama Dan Berbagi Dengan Komunitas Motor #WeLoveHondaBerbagi Buka Bersama Dan Berbagi Dengan Komunitas Motor #WeLoveHondaBerbagi Reviewed by Riri Restiani on 01.52 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.