Asyiknya Pinjam eBook Gratis di Apps iJakarta

Dijaman yang serba moderen dan canggih seperti sekarang ini, teknologi telah sukses mengubah kebiasaan hidup kita, salah satunya kehadiran iJakarta yang merupakan hasil dari perkembangan teknologi itu.

iJakarta adalah sebuah aplikasi perpustakaan digital pertama di Indonesia milik kota Jakarta yang sudah diluncurkan dan diresmikan sejak Maret 2016 lalu oleh Bpk. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Gubernur DKI Jakarta.
Di Aplikasi perpustakaan digital ini tersedia banyak buku yang sudah berbentuk eBook yang bisa kita pinjam secara online, meminjam buku di iJakarta sangat mudah diakses tanpa dibatasi ruang dan waktu. Aplikasi ini bukan hanya untuk warga ibukota, aplikasi juga bisa didownload dan diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia, melalui smartphone berplatform iOS Android, dan Windows. 

Sebagai warga Jakarta saya merasa bangga dengan kehadiran iJakarta, karenanya saya tak perlu membawa banyak buku untuk saya baca.


Cara Instal Aplikasi & Menjadi Anggota iJakarta
Menginstall aplikasi dan mendaftar jadi anggota iJakarta itu mudah sekali dan gratis, bisa melalui web iJakarta.id dan dapat dilakukan melalui ponsel berbasis Android, iOS, dan Windows.
1. Search iJakarta
2. Setelah muncul aplikasi iJakarta klik untuk detail
3. Konfirmasi, Klik Terima
4. Aplikasi mulai terdownload
5. Aplikasi Sukses di download dan sudah bisa dijalankan aplikasinnya, Setelah sukses di download tampilan awal aplikasi seperti dibawah ini.
Dalam pengembangan iJakarta pemerintah menggandeng PT Woolu Aksara Maya sebagai pembuat aplikasi.
 Ada 3 slide tampilan pembuka di aplikasi iJakarta, disana terlihat icon abang none jakarta.

Naaahhh setelah sukses instal aplikasi iJakarta, kalian dapat langsung melakukan registrasi pada form yang disediakan.
Cara Pinjam buku di Aplikasi iJakarta
Saya suka membawa buku bacaan dan membacanya di kereta saat untuk mengisi kosong sambil menunggu kereta sampai tujuan, biasanya saya suka baca bacaan yang ringan, seperti komik atau buku yang isinya humor, nah karena itu saya akan meminjam buku yang bergenre humor.
1. Pilih menu fitur genre buku
2. Berbagai Option genre buku akan tampil, kalian dapat pilih genre yang kalian suka, kalau saya memilih genre humor
3. Akan muncul berbagai buku bacaan yang bergenre humor, klik salah satunya
4. Akan muncul detail buku yang ingin kalian pinjam, lalu klik Pinjam
5. Pilih salah satu ePustaka
6. Muncul konfirmasi peminjaman buku, klik ya
7. Lalu akan muncul info bahwa buku telah sukses ditambah ke rak buku
8. kemudian kalian harus mendownload nya, klik download
9. Setelah sukses kalian download, kamu sudah bisa membacanya, peminjaman eBook sukses

 Yessss Finally kamu sudah sukses download eBook dari iJakarta
Setelah ebook ini berhasil kita pinjam eBook tersebut muncul di fitur pinjaman buku dan pinjaman buku ini memiliki batas waktu mulai dari 3 hari, 7 hari, sampai dengan 30 hari. Jika sudah capai akhir batas waktu peminjaman, buku digital tersebut akan hilang secara otomatis.
Bukan hanya komik, novel, dan drama percintaan saja yang ada di iJakarta, aplikasi ini memiliki banyak koleksi buku mulai dari buku pelajaran sekolah dan kuliah, ebook ilmu pengetahuan umum, biografi, dan sejarah.

iJakarta didukung oleh sejumlah penerbit di Indonesia, beberapa diantaranya ada Gramedia Pustaka Utama, Erlangga, Elex Media Komputindo, Gramedia Widiasarana Indonesia, Agro Media Group,Bhuana Ilmu Populer, Kepustakaan Populer Gramedia, Mizan, Penerbit Kanisius, dan masih banyak lagi lainya, di aplikasi iJakarta, warga juga dapat menerbitkan bukunya secara digital loh, menarik bukan?.

Walau buku yang kita pinjam ini bentuknya digital, tapi tetap ada sistem antrian seperti layaknya kita pinjam buku di perpustakaan pada umumnya  bila buku digital yang tersedia hanya ada satu, maka hanya satu orang yang dapat membacanya dan orang lain yang ingin meminjam mau tidak mau harus menunggu buku tersebut dikembalikan.

Fitur Donasi
Asyiknya aplikasi ini saya bisa jalin komunikasi dengan para pembaca lainya, juga bisa memberikan saran dari judul buku menarik yang harus dibaca.

Menurut saya, adanya iJakarta sangat membantu banyak orang yang memiliki mobilitas tinggi dalam keseharianya, banyak memberi bermanfaat yang menggerakan kita pada minat baca. Penghematan penggunaan kertas, karena tak harus dicetak.menumbuhkan minat baca lebih luas

Untuk lebih detilnya lagi cara penggunaan aplikasi ini dapat kalian baca infonya disni https://ijakarta.id/howto/
Asyiknya Pinjam eBook Gratis di Apps iJakarta Asyiknya Pinjam eBook Gratis di Apps iJakarta Reviewed by Riri Restiani on 21.33 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.