BRIsat Ukir Sejarah Baru Indonesia #BRIsatMeluncur

Bersyukur dan bangga adalah perasaan yang tepat atas suksesnya #BRIsatMeluncur ke Angkasa, setelah beberapa kali peluncuran satelit BRIsat ini ditunda karena masalah teknis dan cuaca yang tidak mendukung.

Sabtu 18 Juni 2016, Tepat disaat adzan subuh berkumandang akhirnya PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) sukses meluncurkan satelitnya dari Kourou, French Guiana, Amerika Selatan.

Kehadiran satelit BRIsat ini telah mengukir sejarah baru dalam perbankan Indonesia, karena BRI adalah satu-satunya bank atau lembaga keuangan di dunia yang memiliki satelit sendiri. 

Sebenarnya peluncuran satelit ini adalah suatu pemanfaatan posisi orbit 150,5 BT yang sempat kosong, sehingga BRIsat satelit milik Indonesia yang mengisi pada orbit itu sekarang.
foto: Ariane Space
BRIsat dibawa oleh roket Ariane 5 milik Arianespace, Perusahaan dari Prancis, yang juga membawa terbang satelit Echostar XVIII, milik perusahaan TV asal AS, kedua satelit itu meluncur menuju orbitnya diluar angkasa mengisi slot 150,5 E dari Kourou, Guyana.

BRIsat akan menjangkau wilayah seluruh Indonesia, Asia Timur termasuk sebagian China, ASEAN,  Laut Pasifik termasuk Hawaii dan Australia Barat. Diperhitungkan juga usia BRIsat mengorbit di angkasa bisa mencapai sampai 17 tahun lamanya. 

Dibawah ini adalah spesifikasi satelit BRIsat yang telah meluncur ke angkasa
Setelah peluncuran berhasil, agar satelit ini berada tepat di orbitnya, ia memiliki proses menuju orbit yang membutuhkan waktu paling lama sekitar 10 hari. Selanjutnya satelit ini akan menjalani uji coba pengoperasian, dan pada proses pengoperasian membutuhkan waktu paling lama 60 hari setelah peluncuran.

Sayapun merasa bangga, ketika saya dipercaya DetikCom ikut serta dalam meramaikan berita meluncurnya BRIsat, bukan hanya saya tapi sejumlah kawan blogger yang beruntung juga turut serta.
Kami mengikuti kegiatan yang diselenggarakan dari DetikCom untuk nonton bareng peluncuran BRIsat secara srteaming di salah satu Hotel di Ancol, disana kami semua juga sahur bareng.

Meski saat itu kondisi badan saya sedang tidak baik, hujan deras diluarpun tak menyurutkan semangat saya untuk jadi saksi peluncuran BRIsat.

Sebelum acara nobar ini berlangsung, BRI mensponsori kami semua dalam menyambut #BRIsatMeluncur yaitu dengan membuat kuis untuk para follower kami di Twitter, dan dipilih 1 orang pemenang yang hadiahnya uang tunai Rp. 250.000.

Kuis yang saya buat ingin berbeda dengan yang lain, yaitu dengan memberikan tantangan pada semua follower saya untuk membuat meme bahagia, terunik dan terbagus tentang satelit BRI ini.

Nahh dari kuis yang saya buat ini banyak sekali meme / twitpic kebahagiaan masyarakat menyambut BRIsat, berikut ini saya ambil beberapa meme yang ikut di kuis saya, yang saya anggap lucu.
Dengan banyak pertimbangan, akhirnya saya menentukan 1 pemenang yang jatuh pada akun @uci_sunusi. Ok selamat ya.

Masyarakat turut bahagia menyambut peluncuran satelit ini, Satelit sukses meluncur, kamipun sukses meramaikan #BRIsatMeluncur sampai menjadi trending topik no 1 di twitter Indonesia
Dengan kesuksesan peluncuran BRIsat, tentunya Bank BRI dapat memperluas jaringanya, meningkatkan kualitas layanan perbankan, serta punya tambahan kapasitas komunikasi yang lebih untuk operasionalnya.

BRisat membuka akses luas keuangan BRI, sehingga BRI dapat berkontribusi besar dalam menyukseskan program inklusi keuangan yang dicanangkan pemerintah. 


Lebih hebatnya lagi BRIsat meluncur membuat BRI mampu menjangkau bagian wilayah Indonesia yang tidak terjangkau, misalnya saja masyarakat yang tinggal di pedalaman dan pulau terluar. 
Nah hal ini yang saya nantikan dari Bank BRI, dulu sebelum saya menjadi nasabah BRI sewaktu mudik ke Indramayu saya kehabisan uang cash dan sangat sulit mendapatkan mesin ATM, adapun itu sangat jauh lokasinya dari rumah nenek, waktu tempuhnya pun saya lalui sekitar 30menitan untuk sampai ke lokasi ATM, dan setelah menemukan mesin ATM bukanlah dari bank yang saya cari, melainkan hanya ada Bank BRI, sejak saat itu saya memutuskan sesampainya pulang ke Jakarta akan membuka rekening BRI berharap memudahkan saya saat mudik selanjutnya nanti.

Setelah saya membuka rekening BRI, banyak manfaatnya yang bisa saya rasakan misalnya saja dapat promo diskon besar belanja online, bayarnya pakai e-Pay BRI (maklum perempuan demen banget sama promo diskonan) hehe.

Selain dapat promo diskon, saya biasa membayar iuran BPJS melalui mesin ATM BRI, bayar bulanan ini itu pakai BRI.
Dengan ini saya pun akan semakin setia jadi nasabah Bank BRI. Berharap semakin banyak mesin ATM BRI terpasang di daerah terpencil.

Dibawah ini ada kejadian menarik yang ternyata terabadikan oleh crew dari DetikCom, kalau ingat hal ini saya jadi ketawa sendiri.
Foto: FB DetikComunity
Usai nobar dan sahur bareng acara ditutup dengan foto bersama, meski waktu hampir pagi kami tetap ceria dan bersemangat melanjutkan ibadah puasa.

Terima kasih Bank BRI yang selalu melayani dengan hati dan DetikCom yang kasih kesempatan untuk menjadi bagian dari BRIsat, sejarah baru Indonesia ini.
BRIsat Ukir Sejarah Baru Indonesia #BRIsatMeluncur BRIsat Ukir Sejarah Baru Indonesia #BRIsatMeluncur Reviewed by Riri Restiani on 08.27 Rating: 5

4 komentar:

  1. Yahh telat tau ada kuisnya coba ikutan kali aja menang, kan saya juga nasabah BRI.

    BRI hebat ya punya satelit, cetak sejarah baru nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Djody mangkanya pantengin terus socmed dan blog saya, kali aja ada info yang bermanfaat, bagi-bagi kuis misalnya :D Hehe

      Hapus
    2. Kalau sekarang ada kuisnya lagi ga?

      Hapus
  2. Alhamdulilah bgt saya menang ikutan kuisnya,narsisnya jadi gak sia2.
    saya pun bangga sama BRI,berharap banget dengan adanya brisat semua pelayan di BRI akan semakin baik, tanpa kata offline ya.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.