Dunia Digital Menjadi Strategi Marketing CNI #KopdarCNI

Seneng banget hari Minggu kemarin, tepatnya tanggal 6 Maret 2016 di Burger King, Plaza Festival Kuningan. Kali ini Teh Ani Berta berkolaborasi dengan CNI Indonesia mengadakan #KopdarCNI bertema “Digital Marketing Sharing”, wah dari judulnya saja sangat menarik ya, sambil menikmati sajian makanan dari BK, aku siap serap ilmu yang dibagikan disini.

Aku siap nyerap ilmu dari Teh Ani, menambah amunisi semangat, ilmu dan konsistensi menulisnya, berharap agar kesuksesan itu tertular. Semoga akupun bisa jadi blogger yang go Internasional seperti beliau.
Aku juga siap terima ilmu baru dari Mas Niko Riansyah, seorang Social Media Community CNI.
 


Ini adalah Mas Nico Riansyah, ia adalah pengelola Digital Media CNI. Mendengar kata "CNI" pastinya kalian sudah tidak asing lagi dong ya? Ya benar sekali, CNI adalah sebuah perusahaan yang menerapkan penjualan berbagai jenis produknya dengan sistem Direct Selling - Multi Level Marketing (MLM), dan pada kali ini Mas Niko mau berbagi ilmunya dibidang Digital Marketing loh.
Mas Niko mengatakan, bahwa peran social media sekarang ini sangat berpengaruh pada bidang apapun yang sedang kita jalani. Siapapun kini harus lebih melek lagi social media, karena dari social media mampu mendongkrak kesuksesan.

Banyak sekali platform yang turut berperan penting dalam pemasaran produk CNI, beberapa yang digunakan untuk melakukan marketing di sosial media yang utamanya adalah, blog, twitter, facebook, Youtube, G+, instagram.

Salah satu digital media tools CNI yang juga sangat penting adalah penggunaan Mail Chimp, ia berguna untuk mengirimkan newsletter ke email konsumen. Dalam pengunaan fitur Mail Chimp ini sangat membantu, cukup mudah dalam mendesain newsletter, waktu pengiriman pesan email pun dapat diatur sesuai keinginan kita.

Kalau teman-teman memiliki sebuah usaha ada baiknya mencoba Mail Chimp ini, kita bisa mengirimkan promosi produk kita melalui newsletter email, dapat ditrack berapa banyak orang yang klik dan mensubscribe nya, untuk kasus ini pentingnya kita punya database email pelanggan dari usaha kita.

Kita harus selalu ingat “Content is the King” Mas Niko juga mengatakan “ Content is important part of social media to grow”, Konten adalah bagian terpenting dalam dunia digital advertising, sebaik dan sebisa mungkin kita mengolahnya.

Untuk membuat digital advertising konten memang tidak mudah, saran dari Mas Niko untuk membuat konten yang menarik pembacanya usahakan tidak hard selling, buatlah konten itu seperti kita sedang menceritakan sesuatu, buat cerita itu menyentuh pembaca hingga mendapatkan interaksi yang baik.

Untuk menciptakan Digital Marketing yang baik maka Marketing Content dan Content Plan, Ketiga ini saling terkait satu dengan lainnya.

Setiap social media yang dimiliki haruslah diisi dengan konten yang bagus dan berkualitas.

Digital Advertising (Facebook Ads vs Google Ads)
Memang kebanyakan orang masa kini tak lepas dari Facebook dan Google, namun tidak banyak dari pengngunanya bisa memanfaatkanya sebagai Digital Advertising.

Dalam memasarkan produknya CNI juga menggunakan Facebook Ads vs Google Ads dan disini mas Niko memberikan pandangan karakteristik dari kedua digital advertising tersebut dan tips cara penggunaanya, kedua digital advertising ini memiliki kelebihan yang berbeda namun tetap bisa dijalankan dengan beriringan.

Sesi materi selanjutnya tak kalah pentingnya, diisi oleh teh Ani Berta, Tips Mengelola dan Produksi Konten, menjadi penunjang Digital Marketing, Branding dan Networking.
Terkadang kita sebagai blogger suka bingung apa lagi sih yang mau kita tulis di blog? berasa mentok ide, nah teh ani memberikan tips dari mana saja sumber konten yang bisa kita dapati?

Berbagi Informasi,
  • Kita bisa saja membuat bahan postingan dari tempat menarik apa saja yang pernah kita kunjungi.
  • Berbagi suatu kejadian penting yang kita alami.
  • Berbagi informasi bagaimana cara dan tahapan membuat sesuatu, misalnya saat kita membuat NPWP, surat Beasiswa dll. Sebenarnya hal ini sepele namun sangat membantu orang lain untuk mengetahui caranya tersebut.
  • Berbagi Inspirasi dan solusi
Berbagi Edukasi,
  • Kita bisa menuliskan di blog kita akan keahlian kita dalam suatu hal, latar belakang pendidikan
  • JIka dalam suatu acara usahakan jangan cepat-cepat pulang, tapi ambil moment penting dengan nara sumber, ajak wawancara dan hasil wawancaranya itu bisa kita bagikan di blog kita.
Berbagi Opini,
  • Kita bisa beropini dari sumber berita yang kita lihat di TV dan dijadikan bahan tulisan di blog
  • Acara talkshow di TV, atau yang kita hadiri juga bisa kita jadikan bahan tulisan
  • Hasil perbincangan kita dengan seseorang yang dianggap penting dan bermanfaat bisa dijadikan bahan untuk blog posting kita.

Teh Ani membagikan ilmunya dalam mencari bahan unutuk ditulis, salah satunya berinisiatiflah cari nara sumber setiap acara yang kita datangi, agar konten kita memiliki sisi yang berbeda dari yang lainya, ingat jadilah blogger yang memiliki suatu nilai lebih.

Untuk mendapatkan suatu berita atau konten yang bernilai kita memang membutuhkan suatu perjuangan dan semangat tinggi, melakukan wawancara dengan narasumber tidak harus selalu dilakukan di acara talkshow atau tempat mewah, kitapun bisa mewawancara narasumber ditempat tak terduga atau tempat yang dirasa nyaman oleh narasumber yang ingin kita wawancarai.

Penguat Artikel,  Gunakanlah data statistik ditambah pengetahuan dari buku, hasil wawancara dan berita dari media, jadikan konten tulisan yang berbobot dan sesuai fakta.

Memiliki blog lebih dari satu membuat kita punya branding, kita bisa monetize blog-blog yang kita punya, menulisjuga akan lebih leluasa sesuai tema blognya, akan sangat memungkinkan blog kita tersebut menghasilkan sesuatu. Jika kita berbuat lebih, maka akan mendapatkan yang lebih pula.

Teh Ani sharring bagaimana Strategi Pembagian Konten:
  • Untuk kita bisa konsisten menulis di blog, maka Buatlah Jadwal Rutin dan Berkala.
  • Breakdown Tema, Contohnya saja jika menghadiri suatu acara, tentunya kita akan membuat repotase, namun repotase tersebut bisa kita membreak menjadi beberapa tema yang bisa kita tulis, contohnya saja berita acara dapat dibagi menjadi: 
  1. Reportase acara
  2. Interview Narasumber
  3. Behind the screen atau pengetahuan atau pengalaman khusus
  • Manfaatkan waktu luang untuk membuat Draf, Jika ada kesempatan untuk menulis, buatlah draf, bisa dilakukan dimanapun kamu berada dari smartphone kalian, misalnya saja ada suatu kejadian penting yang kamu alami dan saksikan dijalanan, itu bisa menjadi sebuah bahan tulisan.
  • Bawa Selalu Catatan dan Pulpen, Ketika kamu memikirkan ada suatu ide yang didapat, bisa langsung kamu catat dibuku catatan mu, meski smartphone sudah ada fitur note nya, tapi percayalah buku catatan sangat bermanfaat backup catatan penting mu.
  • Tangkap Momen Berharga di mana pun,Jika kita menemukan suatu moment seru, penting atau berharga, hasil tangkapan moment ini suatu saat bisa sangat bermanfaat dimana kita sedang tak ada ide menulis.
  • Ada baiknya kita sebagai blogger mampu Berpikir Kritis, Kreatif dan Mampu membuat opini yang inovatif, dan memiliki ciri khas yang berbeda dari jurnalis lainya.
  • Sebagai blogger kita harus Bertanggung Jawab,dengan apa yang kita tulis, kita bagikan di media kita, oleh karena itu jika kita memiliki suatu informasi kita harus pastikan berita yang kita muat itu benar.

Setelah kita memposting suatu artikel, Sebarkanlah Karya Kita
  • Blogwalking, Ini sangat bermanfaat juga untuk menaikan ranking kita di google
  • Sharing Link Tulisan di Sosial Media, agar para circle follower kita bisa mengetahui apa yang kita update
  • Optimalkan Kategori / Labels, jika blog kita gado-gado ini sangat bermanfaat sekali untuk mengerucutkan artikel apa yang kita buat
  • Jadikan Konten Twitter, isi postingan kita bisa juga dijadikan kultweet agar para follower kita juga tida bosan.
  • Networking.
Sebagai seorang blogger, kita yang bekerja untuk media kita sendiri wajib MENCIPTAKAN PELUANG, jangan cepat merasa puas dengan apa yang sudah dilakukan, lakukanlah yang lebih lagi.

  • Jika ingin dilirik dan menjadi Brand Endorsement, kita wajib rajin update postingan bermanfaat di blog kita.
  • Brand Ambassador
  • Content Writer
  • Contributor Media
  • Create Media
  • Speaker
Diakhir presentasinya teh ani kasih quote buat kita semua, Jika kita melakukan sesuatu dengan sungguh-sungguh maka bukan tak mungkin peluang akan kita dapatkan.

Begitu banyak manfaat yang di dapatkan dalam acara ini, semua materi yang disampaikan sangat mendukung para blogger untuk meningkatkan prestasinya di dunia blogger. Terima kasih #Kopdar CNI

Oiiyahhhh ngomongin CNI, Aku suka banget tuh sama produk RJ Cleansernya, cocok di kulit aku. awalnya sih bingung kalau sudah habis harus beli dimana, ternyata dan ternyataaa sekarang kalau mau beli produknya CNI itu gampang banget loh, beli aja secara online langsung ke geraicni.com
And then ada kabar yang menyenangkan banget nih, kita para blogger bisa loh menambah pundi-pundi dari bisnis Affiliate CNI, tenang aja gak ada yang namanya tutup poin segala kok :)
Dunia Digital Menjadi Strategi Marketing CNI #KopdarCNI Dunia Digital Menjadi Strategi Marketing CNI #KopdarCNI Reviewed by Riri Restiani on 09.53 Rating: 5

1 komentar:

  1. Terima kasih Riri sudah hadir di acara ini :)
    Semoga bermanfaat dan makin rajin posting ya.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.