Bisa Menikmat Sehat Itu Hal Yang Luar Biasa

Dulu pas aku masih umur sekolahan, bisa dibilang setara anak SMP bagiku menjaga sehat adalah hal biasa aja, karena dulu jarang sakit dan merasa fisik juga kuat. Makan apa aja yang pedes sepedesnya, makan apa aja yang asam seasam-asamnya, Dulu makan bakso pake sambel pedes dan Cuka itu emang nikmat. Sampai dapet julukan sibibir cabe dari temen, bukan karena keluar kata-kata yang pedas, tapi kedoyanan akan rasa pedas itu bener-bener dahsyat. Dan kebiasaan itu berlanjut sampai sekarang aku berumur 24 tahun, sampe temen sekantor bilang juga aku ini anak cabe. Mungkin aku begini karena bundaku bilang saat dia hamil aku, dia ngidam makanin cabe, suka pedas.hehe (Abaikan, bisa ngaruh bisa juga enggak)

Pola makan yang tidak baik, tak jarang juga aku melewatkan waktu sarapan pagi, makan siang bahkan disaat waktunya harus makan malam semua itu aku rapel di jam 11 malam aku baru makan, Gak mikir jam makan telat apa engga. Apalagi jika ada kerjaan dateline, orderan aksesoris membeludak, orderan dari reseller yang gak kalah banyaknya, pr review produk, dll.
Seringloh aku seharian begadang dari pagi ke pagi lagi ngerjain pesenan boneka wisuda kampus gak makan apapun cuma minum 1 liter susu Ultra dan air putih. Ini memang bodoh terkadang aku merasa takut akan mati muda, karena kalau mati muda kerja keras akan sia-sia.

Tahun berganti tahun sampai pada akhirnya sudah 3 tahun belakangan ini aku semakin sering merasakan rasa sakit di perut. Biasanya orang awam bilang ini sakit Magh, minum obat Promagh juga sembuh  jadi kupikir ini biasa saja. Nyatanya promagh maupun Mylanta tak mampu lagi meredakan nyeri dilambungku ini akhirnya kuperiksakan ke dokter. Setelah aku periksa ke dokter aku baru tahu ternyata aku kena Magh Kronis, mendengar hal itu rasa sedih sudah pasti. Perlahan aku menjaga pola makan dan mengurangi rasa suka terhadap cabe, tapi apa daya baru 2 minggu gak kuat nahan kangen sama rasa pedes dan akhirnya aku lupa daratan -_-" nyocolin sambel saban hari. Menurutku Rasa pedas memang nikmat, rasanya membuat aku ketagihan.
Makin kesini makin sering kambuh sakit magh ku, stres sedikit asam lambung meningkat dan terasa perih, mual, perut kembung, suka mendadak sesak nafas tiba-tiba, makan pedes sedikit perut langsung perih dll. Sampai aku mengkonsultasikan dengan dokter ahli penyakit dalam katanya selain lambungku yang sudah luka, gejala ku ini bisa jadi GERD atau GastroEsophageal Reflux Disease yang artinya refluks asam lambung yang naik ke kerongkongan, ini gejala yang sering dikira magh, untuk memastikanya memang harus ada pemeriksaan lebih lanjut lagi. Uhh,, mengerikan gak terbayang sebelumnya jadi begini. Wah kalau sudah begini aku kuatkan niat dalam hati makan tepat waktu, kurangi asam dan pedas. Cuma memang terkadang aku suka bandel cuma kalo udah kambuh ngerasa mau tobat dari pedes.

Pola hidup sehat sudah dimulai, berbagai macam obat lambung dan vitamin sudah aku minum, cuma karena takut efek kedepanya bergantung sama obat jadi ku coba saja yang alami. Kumulai mencari dari berbagai informasi apa-apa saja yang mengobati lambung secara alami, berbagai sumber dan nasehat mengatakan Jeruk lemon/nipis, kunyit dan lidah buaya bisa mengobati lambung. Sebenarnya banyak bahan alami yang bisa mengobati sakit lambung tapi 3 bahan inilah yang paling mudah didapatkan dan diolah.

Untuk penyembuhan Magh Secara Alami:
Edit Image from google
Kunyit mengandung: senyawa kurkumin, bisdesmetoksikurkumin, desmetoksikumin, dan minyak asiri, karbohidrat, protein, pati, lemak, vitamin dan mineral.
Gunanya untuk meredakan rasa nyeri pada lambung, penyembuh.

Lidah Buaya mengandung: asam amino, mineral, karbohidrat, enzim, vitamin, polisakarida, hormon, lemak, air dll.
Gunanya untuk melapisi luka pada lambung, penyembuh.

Kalau lambungnya sudah kuatan, boleh deh coba minum jeniper ( Jeruk Nipis Peras) hangat di pagi hari, kenapa jeruk nipis? kan itu asam.
Memang Jeruk Nipis itu rasanya asam dimulut namun ia memiliki sifat basa, bukan asam jd bisa menetralkan asam lambung. Jeruk nipis juga dapat membersihkan pencernaan dan segudang manfaat lainya.

Sudah 4 bulan 3 bahan alami ini sedang rutin aku konsumsi, Alhamdulilah yang dulu sering kumat sakit lambung kini sedikit berkurang, sudah bisa makan apa aja namun tetap memilih, pola hidup makan teratur dan sehat juga kujalani untuk bisa sembuh total, agar terbebas dari sakit lambung.

Kesadaran semakin menguat, "Bisa Menikmati Sehat Itu Hal Yang Luar Biasa" aku yang tak ABG lagi kini lebih sadar kesehatan.

Magh bukanlah hal yang kecil, ini adalah hal serius kalau terjadi terus menerus dan tak ada tindak lanjut atau pengobatan, tahap sakitnya bisa naik level menjadi kanker lambung, hal yang kita anggap kecil ternyata berdampak besar itu sangat menakutkan.

Jangan terlambat! Mari kita atur pola makan dan gaya hidup yang baik untuk kesehatan sampai tua nanti.

Keep Health Guys. Cuph cup muachhh
Bisa Menikmat Sehat Itu Hal Yang Luar Biasa Bisa Menikmat Sehat Itu Hal Yang Luar Biasa Reviewed by Riri Restiani on 08.07 Rating: 5

9 komentar:

  1. Minum Healthy Juice Lidah buaya campur Jeruk nipis enak lho, aku udah coba :)

    Biar makan siang dikantor ga telat coba pesan makan via Go-Food aja (bukan promo tp efektif juga)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Cucukakek : Terima kasih mba buat saranya, iya sih gofood kadang juga membantu aku beli makan siang kl malas keluar kantor.

      Hapus
  2. aku bangetan ini suka telat sarapan, malah termasuk yg jarang sarapan sih..
    Cuma kalo se-ekstrem makan seharian di rapel malem sih gak pernah :3

    semoga cepat pulih lagi yaa mbak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Rani : Terima kasih mba rani, iya mba sekarang aku takut kalo rapel makan seharian berdampak buruk buat kesehatan.

      Hapus
  3. Tips dan resep obat herbalnya makasih ya, Ri....

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Teh Ani: iya teh sama-sama semoga bermanfaat & makasih udah mampir kesini.hhe:)

      Hapus
  4. Saya kalau telat makan pasti pusing Mbak -,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Titis Ayuningsih: mungkin efek tiap orang berbeda kali ya mba, tp di usahakan jangan telat makan ya mba:)

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.