Tips dan Trik Mendulang Rupiah di Blog dan Social Media Lainya #SundaySharing

Kali ini aku mau berbagi Tips dan Trik Mendulang Rupiah di Blog dan Social Media Lainya ala Ani Berta BBB #SundaySharing
Hemm,, sebentar kok ada BBB-nya ya, Apakah sekarang Ani Berta salah satu dari artis BBB naunganya Melly G??
Oh bukan itu,,maksudku kenapa aku bilang dia itu BBB adalah,
karena dia… karena dia… karena dia… begitu Indahhhh *NyanyiModeOnPadi
Duh apa sih ini bukan saatnya buat nyanyi *GakSingkronisasi

Teh Ani menurut ku BUKAN BLOGGER BIASA!!! Aku singkat “BBB”

Beliau adalah gak usah pake beliau kali yah biar makin akrab sesama Sundanese manggilnya teteh aja :D teh Ani adalah seorang blogger dari blogdetik yang sudah famous banget, sebenernya sih Teh Ani ibarat Naruto yang bisa jadi banyak kemudian tersebar luas kepenjuru tempat, nah yang tau film Naruto pasti ngerti.hehe
Intinya sih Teh Ani banyak mengikuti komunitas Blogger, rajin kopdar, aktiv sana sini yang sebenarnya adalah bertujuan untuk Networking, pengalaman, jaringan, cari ilmu dll, nah tips sederhana dari teh Ani pada saat kita menghadiri kopdar saat itulah kita harus “Menjual Diri” jangan berfikir negative dulu ya jual diri yang dimaksud adalah  kita itu harus bisa SKSD, PDKT, Tukar kartunama, ramah tamah, kenalan sama siapapun karena banyak keuntungan dari hal positif tersebut jika dilakukan.
Dan pada akhirnya karna ngeBLOG teteh sekarang adalah Caleg, ayo warga tanggerang pemilu nanti coblos nomor 6 Ani Berta!! Yang gak nyoblos awas!! *CeritanyaKampanye

yang mau tau detilnya siapa teteh bisa baca blognya disini.

Nah pada acara kopdar yang aku hadiri berjudul #SundaySharing ini yang bertempat di kantor detik.com sangat menambah pengetahuan aku di dunia BLOG, dan tentunya motivasiku dalam mendapatkan income tambahan lagi dari blog, yang istilah nya adalah BUZZER, selama ini aku memanfaatkan social media untuk berjualan online aja gak kepikiran untuk menjadi Buzzer, karna ya aku pikir pendapatan dari berjualan online pun sebenernya udah cukup untuk mahasiswa setengah karyawan kayak aku.hehe

Tapi setelah Teh Ani menunjukan berapa banyak pendapatan dari menjadi buzzer, tergerak hati ini ingin mencoba untuk seperti itu, Ini bukanya bersifat riya atau sombong Teh Ani menunjukan berapa banyak hasil rupiah yang ia dapatkan dari BLOG dan Media Social lainya untuk memotivasi kita semua untuk semangat dan berkomitment dengan apa yang dilakukan dengan ngeBLOG.
Tiba-tiba aku keingetan waktu sebelumnya kopdar di rumah Teh Ani ada banyak hasil berbentuk barang – barang keren hasil dr ngeblog, sertifikat dan piagam ikut menghiasi ruang tengah, sangat berprestasi sekali ya di perBLOGGERan :D

Jujur  saja aku kadang suka minder, bingung, malu dll kalo soal ngebahas tulisan yang aku tulis, karena aku ragu dan kurang PeDe sama tulisan yang aku buat pasti gak pernah lebih bagus dari orang lain, ya bukan berarti harus jadi orang lain juga sih yah, tapi ya gitulah, ini bisa dibilang proses belajar.

Ada beberapa pembahasan yang nyentil banget di hati, yaitu:
- Pembahasan Teh Ani untuk jangan sering ganti nama di social medial, nah itu pengaruh terhadap orang yang mau ngasih job buat kita, karena pas dicari dengan nama kita yg lama eh udah ngilang.huft,,, apalagi kalo ganti ganti nama blog alhasil pagerank nya gak bakalan naik. *AkuBanget

- Lalu pembahasan kak karel soal pertanyaan kalo ngadain workshop menulis untuk anak SMA, Ingat ini pertanyaan anak SMA loh yahh SMA….
Pertanyaan: Kak bagusnya gaya bahasa kalo untuk nulis di blog itu bagaimana ya? Penggunaan kata Saya, Aku, AQ, Gw, Gue, Gua, atau W ??
100 Persen ini berasa kena di hati.hahhaha *Tapi kan aku bukan anak SMA lagi
Nulis ini pun sempat bingung lagi mau pake kata apa yahh?? Hahha

Oke ngalor ngidulnya berhenti dulu, sekarang bahas yang seriusan lagi nih..

Kalo udah ngomongin BLOG, Komunitas dan Social Media emang gak ada matinya buat para blogger kreatif dan para pemilik hobi menulis, foto dll karena dari hobi inilah bisa mendulang pendapatan lebih.

Mau jadi Buzzer? Mau dilirik pembuat iklan? Mau punya tambahan pemasukan lagi? (Ini bukan ajakan MLM loh). Ada tips jitu dari Teh Ani dan tambahan tips dari mas Ardi berdasarkan pengalaman yang mereka punya dan yang sudah dilakukan (Ini bukti bukan hoax).
Inilah kiat-kiat sukses di Blog agar bisa menghasilkan “SESUATU”, ilmu ini BESAR manfaatnya dan GRATIZZZ!!

Apa aja sih Job yang bisa kita dapatkan dari ngeBLOG??
  • Review produk atau jasa
  • Promosi produk atau jasa yang baru diluncurkan
  • Penyelenggara Give Away suatu produk
  • Kapanye untuk elektabilitas tokoh
  • Ghost writer
  • Banner affiliation
Kalau Job Review untuk wartawan, itu pasti ada SOP tertentu sebagai acuan review yang dibuat.

Tips Job Review untuk blogger adalah:
  • Kita harus bisa mengolah kata-kata yang baik, sehingga menghasilkan artikel yang baik dan mudah dipahami.
  • Artikel yang dibuat jangan terlalu advertorial alias iklan banget.
  • Pada saat membuat review menggunakan bahasa tak perlu terlalu  normatif. Sehingga harus bisa memilih kata-kata pengganti yang sesuai.
  • Jangan sampai artikel yang kita buat membanding dengan brand lain. Misalnya brand 1 dibandingkan dengan brand 2.
  • Bisa memberikan kritik yang membangun, bukan kritik yang gak ada jalan keluarnya alias memberikan solusi.
  • Jadilah blogger yang berbeda dengan yang lainnya, be your self. Ini bisa jadi ciri khas kalian.

Ada beberapa media online yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan benefit atau duit bisa di
Blog, Twitter maupun melalui Facebook.
Buat kalian yang kepingin dilirik sama sebuah brand usahakan jangan sering update status alay, galau, mencaci maki orang, menyindir dll segala hal yg negative, update status yg positif jangan sampai menyinggung orang lain.

Ini adalah persyaratan blog agar bisa dapat job review adalah :
  • Usia minimal 3 bulan, alias bukan blog instan.
  • Jumlah Post ada 20 lebih
  • Ter index google/mesin pencari
  • Isi konten yang menarik
  • Tidak mengandung konten "pornografi" (Termasuk iklan begitu-begitu)
  • Blog sudah terpasang google analytics
Setelah persyaratan diatas itu sudah kita penuhi, kita harus berusaha untuk Konsisten update blog dan share postingan tersebut ke berbagai sosial media yang ada, nah karna syarat yang ini aku lsg update blog ku yang sempat terabaikan mengisinya dengan konten menarik, Sempatkan menghadiri kopdar atau acara launching produk atau jasa, melakukan blogwalking dan harus meninggalkan komentar, Personal branding, Optimasi SEO, Ikut komunitas, Tulis reportase atau ulasan produk atau jasa, dan share ke sosial media, mention akun brand pengundang.


Bahan apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat review:
  • Minimal kita harus mengetahui produk atau jasa yang akan dipromosikan dengan mencoba, mencari data dari berbagai referensi atau mengikuti petunjuk yang diberikan advertiser.
  • Siapkan data pendukung, melalui survey atau wawancara pengguna.
  • Bisa mengolah artikel yang dibuat dengan elegan.


Kenapa harus BLOG? Karena ada keunggulan tersendiri jika berpromosi melalui blog yaitu:
  • Self experience.
  • Sisipan artikel atau essay yang relevan dengan subjek yang dipromosikan.
  • Keterikatan emosional dengan pembaca, dan pengunjung blog yang loyal memberikan komentar.
  • Dapat disebarkan ke berbagai platform sosial media lainnya.

Meski begitu kita juga harus Selective dalam menerima Job, yaitu:
  • Pilihlah advertiser dan agency yang dapat dipercaya, untuk meminimalisir penipuan yang hanya memanfaatkan blogger.
  • Harus ada MoU dari kedua belah pihak dengan tanda tangan materai.
  • Advertiser dan blogger memahami hak dan kewajiban dan tanggung jawabnya.
  • Job yang diterima sesuai dengan konten blog, contohnya menjauhi konten yang berbau SARA.
  • Memperhatikan kode etik. 

Nah sudah pahamkan Tips Mendulang Rupiah di Blog dan Social Media Lainya #SundaySharing dan sekarang ayo daftarkan dirimu disini paidreview.com, paidreviewindonesia.com, idblognetwork.com, dll. (Ini bukan iklan loh yah) hanya untuk sharring aja berdasarkan pengalaman Teh Ani yang sudah lama malang melintang di dunia Blog.


Tips dan trik semua ini sangat bermanfaat buatku banyak ilmu yang kuserap dan sedikit demi sedikit akan aku coba implementasikan sehingga bukan semangat sesaat saja tapi butuh pergerakan yg real, Kemudian diakhir acara kak Karel yang emang suka ngawur kasih tantangan ngawur ke peserta acara, untuk menirukan bagaimana cara teh Ani mempresentasikan segala materinya tadi, Ada aku Princess Rhie, Hanum, Emak, dan 1 Cowok yang bersedia menerima tantang tersebut.
Asli deh aku bener-bener gak bisa menirukan, tiba – tiba otak ngeblank karna perut sudah tak kuat lagi nahan ketawa, alhasil ya kalah,  tapi tetep dapet mechendise kok.hihii
Aksi teman-teman saat menirukan gaya Teh Ani sedang presentasi itu macam – macam dan konyol, yang pasti mengundang banyak tawa semua orang, Setelah melalui proses penilaian oleh Teh Ani terpilihlah Hamum sebagai juara games nya dan mendapatkan hadiah Ngawur dari orang ngawur, yaitu mangga 2Kg dan hadiah urunan atau patungan dari beberapa peserta blogger yang lainya.
Ahayyyy kebayang serunya kan?? hihii


Nah demikian sudah reportase dari aku ya..
See You and bye bye,,,,, Peace, Love and Gaoolll :))
*KecupManja
Tips dan Trik Mendulang Rupiah di Blog dan Social Media Lainya #SundaySharing Tips dan Trik Mendulang Rupiah di Blog dan Social Media Lainya #SundaySharing Reviewed by Riri Restiani on 21.35 Rating: 5

1 komentar:

  1. Wah, kapan pelatihannya datang di kota2 di daerah2 ya?
    Menarik bgt tuh,

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.