Sambal Welut Pak Sabar Bantul, Jogyakarta


Saya bersama dengan keluarga Hadiatmodjo (Kel.Naren) makan malam di Warung Sambal Belut Pak Sabar.
hummmm,, senangnya, pengalaman bgt nih makan disini, oya warung sambal belut Pak Sabar itu adalah warung makan yang menyajikan menu ikan air tawar (belut, kutuk dan lele lokal) goreng dengan menu spesial sambal belut tanpa duri cara penyajianya tradisional bgt deh.

Warung makan ini terletak di Dokaran, Tamanan, Banguntapan Bantul. Dari kota Yogya jaraknya sekitar 6 km. Arahnya dari Jln Sisingamangaraja/ jln Imogiri Barat ke selatan sampai bertemu dengan ringroad selatan, masih ke selatan lagi sekitar 1,5 km sampai melewati dusun Ngoto (Jln Imogiri barat km 6)  kemudian belok ke Timur/ kiri sampai ketemu papan nama Pak Sabar.

Beberapa menu yang tersedia di sini yaitu sambal belut, belut goreng, kutuk (gabus) goreng dan lele lokal goreng. Pak Sabar mulai berjualanya pada tahun 1993 dengan angkringan di tepi jalan, sambal belut dibungkusi seperti nasi kucing pada umumnya. Namun cara ini hanya bertahan seminggu, kemudian berjualan dengan piring dan sambal di masak sekaligus kemudian ditaruh di panci, ketika ada pembeli tinggal mengambil.
 Semenjak tahun 2003, Pak Sabar berjualan di rumahnya yang terletak 50 m dari jalan. Dan semenjak tahun 2006 menjual sambal belut yang sudah dihilangkan durinya dan sambalnya dimasak ndadak (segera) setelah ada pesanan. Semenjak tahun 2006 ini pulalah warung Pak Sabar mulai naik daun, masuk ke berbagai media cetak dan elektronik, semakin terkenal, sehingga pelanggannya semakin banyak
Saya sampai di rumah Pak Sabar yang sekaligus warungnya jam 9 malam, sudah agak larut untuk makan malam. Ada beberapa pembeli lain yang sudah datang dan menikmati makan malam, Setelah itu kami duduk di 1 kursi khusus keluarga yang jumlahnya banyak, dan Kami segera duduk dan memesan makan malam.
Begitu menerima pesanan, Bu Sri Umidah (Bu Sabar) segera mbetheti [membersihkan] belut.

 Menggoreng Belut, Setelah dibersihkan dan dibumbui belut kemudia digoreng. Belut goreng dihidangkan panas-panas setelah digoreng, sementara belut yang digunakan untuk sambal dihilangkan durinya dulu sebelum ditumbuk didalam lumpang.

Bu Sabar Menguleg Sambel, Dulu, menurut penuturan Bu Sabar, sambal belut diuleg di dalam cobek, dan sekarang diganti dengan ditumbuk di dalam lumpang karena jumlahnya banyak. Dalam sehari, warung ini menghabiskan 10 kg belut mentah yang didatangkan dari Klaten dan Kulonprogo untuk diolah menjadi sambal belut dan belut goreng.

Lauk Terhidang di Meja, Setelah sambal belut dan belut goreng matang, kemudian dihidangkan di atas meja dari bambu wulung. Selain nasi, sambal belut ditemani lalapan berupa daun ketela rebus, kemangi dan irisan timun.

Sambal Belut, Seporsi sambal belut, dibuat dari satu ons (100 gr) belut mentah yang dihilangkan durinya dan digoreng, kemudian disambal dengan bumbu [mentah] kencur, cabai hijau, daun jeruk, bawang putih dan garam. Penggunaan bumbu mentah ini membuat sambalnya lebih segar, namun kalau kita tidak suka dengan sambal mentah bisa minta cabainya di goreng. Harga seporsi sambal belut RP. 5.000.

Belut Goreng, Seporsi belut goreng juga terbuat dari 100 gr belum mentah yang dibetheti (dibersihkan) dan dibumbui kemudian digoreng. Biasanya belut digoreng tidak sampai terlalu kering sehingga terasa gurih. Harga seporsi belut goreng juga Rp. 5.000,00

Menu Makan Malamku saya kemudian mengambil sepiring nasi dengan lauk sambal pedas, belut goreng dan lalapan daun ketela serta kemangi. Kami kemudian menikmati makan malam kami masing-masing.

Kami Menikmati makanan dikala hawa dingin dan rasa lapar serta suasana yang nyaman membuat kami lahap menikmati makan malam dengan menu spesial ini.

Kemudian saya kembali meneruskan makan sampai selesai. Menurut saya nasinya empuk, pulen dan porsinya banyak, cocok di lidah saya apalagi dihidangkan panas-panas. Sambal belutnya pedas, rasa kencurnya dominan, rasa pedasnya tidak bertahan lama di mulut, mungkin karena menggunakan cabai mentah. Belut gorengnya besar,digorengtidak kering, gurih, empuk, bumbunya terasa, enak. Daun kemangi dan daun ketela rebusnya segar. Secara keseluruhan saya sangat puas dengan makan malam di sini.
Setelah selesai makan, mBak Ungah membayar makan malam kami semua.
Menurut saya, warung makan ini layak dikunjungi oleh pecinta kuliner terutama yang menyukai masakan belut dan ikan air tawar, karena:
1. Menyediakan menu istimewa berupa sambal belut dan belut goreng dengan citarasa yang lezat.
2. Pelayananannya cepat dan ramah, saya beberapa kali telpon untuk menanyakan lokasinya dan selalu dijawab dengan ramah.
3. Harganya relatif murah dibandingkan dengan makanan sejenis di tempat lain.
4. Suasananya nyaman dengan nuansa pedesaan.

RM Sambel Welut Pak Sabar,
 Jln Imogiri Barat km 6, Dokaran, Tamanan,
Banguntapan, Bantul, telp 08282753770
Daftar Harga:
1. Sambel belut : Rp. 5.000,00/ porsi [1 ons]
2. Belut Goreng: Rp. 5.000,00/ porsi [1 ons]
3. Kutuk/ Lele [lokal] Goreng: Rp 40.000,00/kg



Kulinerrrr Manyozzzzz............
Sambal Welut Pak Sabar Bantul, Jogyakarta Sambal Welut Pak Sabar Bantul, Jogyakarta Reviewed by Riri Restiani on 07.09 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.