ON I OFF Pesta BLOGGER 2011


Yeah,, pesta blogger 2011 kali ini dinamakan ON I OFF, pengalaman pertama ini mengagumkan, seru banget thanks a lot for Yozwa yang ngasih invitation ini, disini banyak komunitas yang hadir dari berbagai kota. Disini saya banyak mendapatkan informasi, mengetahui banyak hal yg selama ini saya belum tahu secara pasti, mulai dari apa itu sebuah komunitas blog, kegiatan apa saja yang ada di dalam komunitas, setelah bergabung di komunitas baru-baru ini, DBLOGGER sedikit demi sedikit membantu saya dalam banyak mendapatkan informasi. Acara pesta blogger ini sangatlah menarik, hingga saya pun menyaksikan dengan seksama dari awal hingga akhir acara.

Memang kedatangan saya terlambat, Karena acara di mulai jam 10 saya baru sampai jam 10:40, tapi itu tak menjadi masalah, sesampainya disana di sambut dengan baik, oleh ketua komunitas dari DBLOGGER JAKARTA, pertama tama saya diajak berkunjung ke stand komunitas DBLOGGER Jakarta dan berkenalan dengan orang-orang dibalik sana, karena meja stand antara DBLOGGER Jakarta dan DBLOGGER Semarang tak berjauhan saya langsung diperkenalkan juga dengan mereka oleh Yozwa, dimana sikap  keramahan yang membuat saya semakin merasa senang. Setelah itu saya berkeliling untuk melihat stand2 komunitas2 lainya,, waw,, amazing, ini gila,,, di dalam acara ini terdapat ratusan orang blogger yang slama ini hanya saya melihat mereka dalam mahakarya  tulisan tulisan yang sangat indah dan inovativ.

Tertegun saya melihat suatu komunitas yang bernamakan KARTUNET (KARYA TUNANETRA) Community Indonesia, memiliki slogan “Mengatasi Keterbatasan Tanpa Batas”  waw,, ini adalah salah satunya komunitas yang berdiri sejak 19 Januari 2006 yang diciptakan dan dikelola oleh kaum tunanetra, kegiatan ini untuk mengembangkan minat bakat para penyandang disabilitas, serta meningkatkan kepekaan dan kesadaran masyarakat terhadap isu-isu disabilitas guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang inklusif melalui kemajuan teknologi.

Tahukah kamu apa itu penyandang disabilitas? Ini adalah istilah baru pengganti penyandang cacat, memang dalam kamus besar Bahasa Indonesia belum tercantumkan. Disabilitas merupakan kata serapan dari bahasa inggris disability yang berarti cacat atau ketidak mampuan, penyandang disabilitas dapat diartikan individu yang mempunyai keterbatasan fisik atau mental/intelektual. Betapa hebatnya mereka, saya lihat banyak sudah hasil karya yang telah tercipta, tuhan maha adil, meski mereka diberikan kekurangan tapi ada kelebihan yang tuhan berikan untuk dapat mereka gunakan guna menciptakan jati diri mereka, betapa berharganya hidup ini. Penyandang disabilitas tak hanya dibelaskasihi, dikasihani, disantuni, tapi mereka juga perlu di beri kesempatan dan persamaan hak dan kewajiban yang sama agar mereka dapat menjalankan kegiatan hak dan kewajibanya masing-masing.  Tak kusangka penyandang disabilitas tunanetra mampu mempelajari teknologi dan mengikuti teknologi informasi meski dengan keterbatasan mereka, dengan teknologi khusus mereka dapat mempermudah mereka mendapatkan informasi dan pengetahuan banyak mahakarya yang telah tercipta di komunitas ini. Mereka pun dapat melihat dunia dengan hati,,

Setelah mendapatkan informasi dari para anggota komunitas KARTUNET, saya berkeliling lagi ke stand komunitas lainya, yaitu VOA (Voice Of America).

Mau belajar cas cis cus bahasa Inggris?  Disini tempatnya,, stand ini sangat menarik, langsung saja saya mengisi formulir data diri dan alamat saya di selembar kertas yang baru disediakan, setelah itu saya langsung mendapatkan goody bag unik,senangnya.hehe
VOA ini program bahasa Indonesia dibentu dari tahun 1942, yang kini merambah sarana komunikasi multimedia seperti telivisi,radio,internet dan telepon genggam. Dalam acara ON I OFF kemarin ada juga session dimana para blogger mempraktekan dirinya sebagai pembawa acara berita, INI KEREN!! Dalam hati saya bergumam, di VOA dapat belajar bahasa Inggris ala Amerika tanpa harus kita diburu-buru waktu, dengan VOA kita dapat belajar bahasa inggris secara interaktif melalui online.
Dan ada kabar menggembirakan VOA Indonesia dan perhimpunan persahabatan Indonesia-Amerika (PPIA) kini sedang menawarkan kesempatan bekerja di VOA Washington untuk dua broadcaster atau jurnalis muda setahun. Hmm,, boleh nih saya mau coba syukur-syukur saya bisa menjadi salah satu nya.

Stand selanjutnya adalah komunitas blog IMO, Engish language bloggers community. Lintas.me
Ada lomba foto terunik yang diadakan, disni saya berfoto dengan teman 1 komunitas saya, yaitu yozwa dan harus saya post dan segera kirim melalu akun twitter, stand ini juga seru loh. Dan inilah 2 buat foto yang diperoleh untuk dilombakan..






Stand berikutnya saya ke tempat ibu hardy pembuat batik, di stand ini saya banyak bertanya soal batik membatik loh, ilmu apa saja setelah saya wawancara dengan si pemilk, yaitu bagaimana caranya membatik dan ia langsung menunjukan alat dan bahanya, dan secara singkat jelas dan padat ia menjelaskan kepada saya proses prosesnya, dengan informasi yang beliau sampaikan mudah ku cerna dengan baik, langsung saja kubayangkan bagaimana cara pembuatanya dan ternyata memang susah susah gampang loh, apabila kalian mau mencobanya silahkan saja datang langsung ke MUSEUM BANK MANDIRI- KOTA TUA disana ada workshop tentang membatik atau langsung saja kalian informasi lebih detailnya di situs ini mbatikyuuk.com siapa tahu bermanfaat buat kalian yang ingin coba batik membatik.

Setelah ku mengamati tentang batik, pandangan ku tiba tiba tertuju oleh stand salah satu sponsor dari acara ON I OFF ini yaitu dari operator Axis. Langsung saja ku bergegas kesana dan tak lupa mengucapkan terima kasih atas informasi yang diberikan dari ibu hardy atas cata membatiknya.
Sesampainya saya di stand Axis, saya lihat begitu serunya ada lomba aksi menari ala iklan Axis yang ada di tv, anak muda, tua, kecil, pria maupun wanita mengikuti acara ini, bukan karna hadiahnya saja yang menarik yaitu uang senilai Rp,500.000 untuk 10 orang terbaik dan 1 orang mendapatkan 1 buah HP blackberry, tapi memang acara ini seru. Dan akhirnya saya dan yozwa pun ikutan, haha gokil,, ini bener2 gokil,,, ngilangin urat malu joget2 di depan orang banyak,hihihi and then,,,, setelah pengumuman selamat buat yozwa karena dia salah satu 10 peserta terbaik, dan membuktikan dia emang GOKIL!!!
Cekidott,,, inilah bukti otentik nya,hihihihi




Next,,,, acara selanjutnya sesi pembelajaran.
RED ROOM pilihan utama saya dan Yoz, disana ada sedkit pencerahan dari TIM GAGAS MEDIA, penerbit terbaik di Jakarta, banyak ilmu pencerahan saya untuk menulis, untuk dapat menulis kita harus banyak membaca, semangat motivasi saya semakin terbentuk dimana saat para penulis-penulis yang hadir disana menceritakan pengalaman mereka hingga menjadi seperti saat ini. Saat acara sesi Tanya jawab dan kebetulan pertayaan tersebut  yang kebetulan sama yang ada di benak saya selama ini, yaitu:
Jika kita menuliskan sesuatu apakah itu haruslah mengikuti trend pasaran yang ada, sedangkan kita memiliki cara dan pandangan berbeda untuk alur dan pemikiran sendiri, apakah dengan seperti itu kita akan dapat berkembang? Apakah buku yang kita buat itu akan laku? Jikalau ternyata buku yang kita tulis itu tidak laku dipasaran apakah kita gagal? Dan harus bagaimana menyikapinya, sedangkan kita ingin dikenal orang akan tulisan tulisan yang kita buat.
Untuk menulis tidaklah perlu mengikuti trend jika kita punya cara sendiri untuk menulis, teruskanlah itu, tidak perlu menakutkan “GAGAL” karena kegagalan itu adalah keberhasilan yang tertunda apabila tulisan sebelumnya belum sukses, cobalah kembali, intinya jangan takut mencoba!! Asah terus kemampuan kamu.
Dengan pencerahan ini semakin kuat saya termotivasi untuk membuat gerakan 1 hari minimal 1 postingan tulisan. Semangat!!!

Next Yellow Room, disini membahas soal LOVE, SEX and DATING with Zoya amirin. Wuihh,, dari judulnya saja saya merasa tertarik mengikuti kelas ini, and then,,, bener kan,, kelas ini emang seru banget, meskipun ada pembahasan2 yang sangat dewasa, disini bukan lah hal tabu lagi untuk dibicarakan tapi ini adalah pembelajaran dan informasi penting menurut saya, kapan lagi mendapatkan info langsung dari pakar atau ahlinyaJ
The last saya mengikuti kelas provoke, kalo katanya si Yoz sih provoke itu dimana berkumpulnya orang2 gokil,, dan ternyata emang iya,hehe
Sampai di penghujung acara, pemenang pamenang pun diumumkan, sorak sorai para komunitas  terdengar senang atas keberhasilan yang diperoleh. Selamat yah untu para pemenang.
Sorak sorai kalian membangunkan saya dari kepasifan saya dan saya akan aktif dan sukses di dunia BLOGGER seperti kalian.


SEMANGAT TANPA SYARAT!!!!! GO BLOGGER!!!!
ON I OFF Pesta BLOGGER 2011 ON I OFF  Pesta BLOGGER 2011 Reviewed by Riri Restiani on 19.21 Rating: 5

1 komentar:

  1. Thank You ,ku senang juga berkenalan dengan Riri.Acara ON OFF ini memang berkesan buat gw...Salam Blogosphere

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.