OVERCLOCKING


OVERCLOCKING
Belakangan ini, overcloking semakin menggebu – gebu, dan sedikit keluar dari jalur overcloking yang sebenarnya. Pada awalnya overclock berarti mencapai performa stabil tertinggi untuk pemakaian sehari – hari dengan mengelurkan dana seminim – minimnya. Namun akhir – akhir ini, para overclocker menganggap overclock adalah pencapaian skor tertinggi dan mengabaikan stabilitas dalam pemakaian sehari – hari. Apabila mengikuti persepsi para overclocker, tentunya semua motherboard ini jelas tidak dapat diharapkan. apabila tetap berpegangan pada arti sebenarnya, tentu overclock tetap mungkin dilakukan. Hanya saja, pertanyaan yang benar adalah “sejauh mana”.
Hampir seluruh motherboard ini memiliki kemampuan untuk di-oveclock. Sayangnya, mungkin karena harga, sebagian besar produsen hanya mempersiapkan feature special ini dengan asal – asalan. Tampaknya tujuan memberikan pengubahan setting yang dapat dilakukan disini adalah agar system dapat menyala dan berjalan dengan lancar daripada untuk overclock.
Beberapa feature yang tidak lengkap adalah seperti, pengaturan timing memory yang sangat lengkap namun tidak diimbangi dengan pemberian voltase yang baik. Begitu juga pada menu prosesor, bahkan sebagian besar tidak memberikan opsi pengaturan voltase prosesor. Sehingga cukup menyulitkan melakukkan overclock.
Intel core 2 quad 6600 yang CHIP pasangkan hanya mampu naik ke FSB 325MHz yang tampaknya menjadi limitasi motherboard. Beberapa motherboard memberikan opsi yang cukup lengkap seperti biostar, Gigabyte dan MSI tetap bermasalah pada stabilitas pada saat menyentuh FSB 330MHz. Q6600 yang memiliki kecepatan awal 2,4GHz, dapat dinaikan menjadi 2,9GHz (325x9) atau berarti sekitar 25% kenaikan sudah memuaskan CHIP. Ini merupakan performa yang baik mengingat murahnya harga motherboard – motherboard ini.

Sumber : CHIP edisi 03 (maret) 2008

Pertanyaan:

  1. Tentukan diksi (pilihan kata) dan analisis diksi tersebut.
  2. Kalian buat opini atau pendapat tentang kelebihan dan kekurangan artikel tersebut, berdasarkan kalimat yang digunakan, ide cerita, susunan kalimat, dan jika memungkinkan kembangkan pendapat kalian tentang kelemahan atau kelebihan artikel tersebut

Jawab
1
  • Overclock adalah suatu usaha/ cara untuk meningkatkan kinerja suatu periperal komputer melebihi batas kemampuan yang telah ditentukan oleh pembuat periperal tersebut. Periperal tersebut biasanya berupa prosessor, RAM dan kartu grafis.
  • Overclocking adalah kegiatan dalam melakukan overclock
  • Overcloker adalah orang yang melakukan overclock
  • Timing memori merupakan pengatur kecepatan data yang akan dan sedang diolah memory, sehingga sangat berpengaruh dengan jumlah data yang sanggup diselesaikan untuk proses selanjutnya.
  • Motherboard adalah papan sirkuit yang berfungsi untuk menghubungkan berbagai komponen komputer seperti prosessor, ram, rom, chip controller dan lainnya
  • Limiitasi = pembatasan
  • Fitur adalah kemampuan suatu teknologi yang ditawarkan oleh suatu vendor

semakin menggebu – gebu = semakin banyak dilakukan
dana seminim – minimnya = dana yang kecil / biaya yang kecil
pencapaian skor tertinggi = pencapaian nilai tertinggi
mengikuti persepsi = mengikuti pendapat
dengan asal – asalan = dengan sembarangan
memberikan opsi = memberikan pilihan
sudah memuaskan = sudah memberikan rasa puas
2.
Opini
artikel seperti ini jika dibaca oleh orang – orang yang kurang begitu mengerti tentang dunia komputer, mungkin agak susah untuk dimengerti, karena didalam artikel ini cukup banyak istilah – istilah dibidang komputer.
Namun, karena kemungkinan sasaran dari isi artikel ini adalah orang – orang yang mengerti komputer, maka artikel ini akan sangat beguna bagi mereka. Karena, artikel ini berisi tentang perbandingan – perbandingan dan beberapa contoh dalam melakukan overclock

Data ini dibuat untuk tugas SOFTSKILL Bhs.Indonesia

Tugas kelompok:

Khairul Ikhwan 13109097
Riri Restiani 15109882
Sonya Febrian 16109116
Graha Kurnianto 15109870
Agussusanto 18110104
Agung Nugroho Kurniawan 18110045


OVERCLOCKING OVERCLOCKING Reviewed by Riri Restiani on 22.33 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.