Hijau Untuk Bumiku Sayang


"Hijau Untuk Bumiku Sayang"

Dalam tema ini kita akan membahas tentang Lingkungan Hidup, dimana Lingkungan Hidup itu tak lepas dari kehidupan kita sehari-hari loohh,,
Teman - teman sekalian perlu kita ketahui "Lingkungan Hidup", adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung. Ada yang tahu gak kenapa dibilang Lingkungan Hidup?? Yaitu karena segala sesuatu yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup semua makhluk hidup yang ada di bumi kita ini.
Kehidupan manusia itu tidak bisa dipisahkan dari lingkungannya. Baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial, Kita bernapas memerlukan udara bersih dari lingkungan sekitar. Kita makan, minum, menjaga kesehatan, semuanya memerlukan lingkungan. Oleh karena itu janganlah sampai kita rusak lingkungan sekitar kita dimanapun dan kapanpun, tidak hanya manusia saja loh,, tapi untuk segala mahluk hidup di bumi ini butuh lingkungan hidup yang baik, hingga nantinya akan memproduksikan hal yang baik pula.

Indonesia Negara kita tercinta ini dahulu kala dikenal sebagai sebuah negeri yang subur dan makmur. Negeri yang kepulauanya membentang di sepanjang garis katulistiwa seperti untaian zamrud berkilauan sehingga membuat para penghuninya merasa tenang, nyaman, damai, dan makmur.
Tanaman apa saja yang ditanam bisa tumbuh di sana. Maka tak heran bila banyak negara tetangga yang iri akan kekayaan alam Indonesia, banyak dari merekapun menjajah Indonesia untuk mengambil hasil kaya Indonesia akan rempah-rempah yang tumbuh disini, bahkan tak hanya hasil apa yang tumbuh di Imdonesia, banyak kebudayaan Indonesia yang turut diaku akui oleh Negara tetangga.
Tapi sayangnya sekarang keadaan itu sangatlah berbeda Indonesia kini sangat menyedihkan dengan maraknya perkembangan manusia yang tidak mencintai alam dan terkesan tidak ada kepedulianya terhadap lingkungan sehat, Indonesia kini tidak lagi nyaman untuk dihuni. Tanahnya menjadi gersang dan tandus karena tanahnya tercemar lalu kurang adanya usaha manusia untuk menyuburkanya kembali, Bermacam bibit unggul yang ditanam para petani tidak berkembang di Indonesia. Yang lebih menyedihkan, kini dari tahun ke tahun, Indonesia banyak mendapati bencana alam, mulai dari Terjadinya banjir, sebagai dampak buruknya sistem pembuangan air dan kesalahan dalam menjaga daerah aliran sungai, sehingga air tidak dapat mengalir dengan lancar, Terjadinya tanah longsor, sebagai dampak langsung dari rusaknya hutan, atau kekeringan seolah-olah sudah menjadi fenomena tahunan yang terus dan terus terjadi di Indonesia Sementara itu manusia yang tak sadar akan kerusakan alam, mereka melakukan perburuan satwa liar dihutan itupun termasuk hewan langka yang seharusnya di letarikan malah diburu, penebangan pohon sembarangan tanpa melakukan tebang pilih yang dilakukan secara illegal, Eksploitasi hutan yang terus menerus berlangsung sejak dahulu hingga kini tanpa diimbangi dengan penanaman kembali, menyebabkan kawasan hutan menjadi rusak, padahal hutan merupakan penopang kelestarian kehidupan di bumi, sebab hutan bukan hanya menyediakan bahan pangan maupun bahan produksi, melainkan juga penghasil oksigen, penahan lapisan tanah, dan menyimpan cadangan air namun manusia telah merusaknya, sehingga kelestarian ini tidak seimbang.
Udarapun ikut tercemar kotor karena debu atau pun asap sisa pembakaran menyebabkan kadar oksigen berkurang, Udara merupakan unsur vital bagi kehidupan, karena setiap organisme bernapas memerlukan udara. Kalian mengetahui bahwa dalam udara terkandung beranekaragam gas, salah satunya oksigen Keadaan ini sangat membahayakan bagi kelangsungan hidup setiap organisme.
Kehidupan di bumi merupakan sistem ketergantungan antara manusia, hewan, tumbuhan, dan alam sekitarnya. Terputusnya salah satu saja dalam mata rantai di sistem tersebut akan mengakibatkan gangguan dalam kehidupan kita.

Berbagai bentuk bencana alam yang akhir-akhir ini banyak melanda Indonesia telah menimbulkan dampak rusaknya lingkungan hidup.Ada 2 faktor penyebabnya, bentuk kerusakan lingkungan hidup yaitu:

"Rusaknya Lingkungan Hidup Akibat Peristiwa Alam"

"Tsunami" Dahsyatnya gelombang tsunami yang memporak-porandakan bumi Serambi Mekah dan Nias, serta gempa 5 skala Ritcher yang meratakan kawasan DIY dan sekitarnya, merupakan contoh fenomena alam yang dalam sekejap mampu merubah bentuk muka bumi.

"Letusan gunung berapi" Letusan gunung berapi terjadi karena aktivitas magma di perut bumi yang menimbulkan tekanan kuat keluar melalui puncak gunung berapi.

"Gempa bumi" Gempa bumi adalah getaran kulit bumi yang bisa disebabkan karena beberapa hal, di antaranya kegiatan magma (aktivitas gunung berapi), terjadinya tanah turun, maupun karena gerakan lempeng di dasar samudra. Manusia dapat mengukur berapa intensitas gempa, namun manusia sama sekali tidak dapat memprediksikan kapan terjadinya gempa.

"Angin topan" Angin topan terjadi akibat aliran udara dari kawasan yang bertekanan tinggi menuju ke kawasan bertekanan rendah.

"Rusaknya Lingkungan Hidup Akibat Manusia"

Manusia si penguasa lingkungan hidup di Bumi, itulah semboyan buat manusia.
Kenapa manusia itu dianggap sebagai penguasa lingkungan hidup di bumi?? Karena manusia berperan besar dalam menentukan kelestarian lingkungan hidup. Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna karena diberikan akal budi yang mampu merubah wajah dunia dari pola kehidupan sederhana sampai ke bentuk kehidupan modern seperti sekarang ini. Tapi sayangnya, Perilaku manusia tidak diimbangi dengan pemikiran akan masa depan kehidupan generasi berikutnya. Banyak kemajuan yang sekarang ini diraih oleh banyak manusia-manusia namun membawa dampak yang buruk terhadap kelangsungan lingkungan hidup di bumi.

Kelestarian flora dan fauna merupakan hal yang “HARUS” diperhatikan demi kelangsungan hidup manusia mendatang, Melestarikan lingkungan hidup merupakan kebutuhan yang harus dinomor satukan dan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau pemimpin negara saja, melainkan tanggung jawab setiap orang yang hidup dan tinggal di bumi, dari kita lahir dibumi sampai kita menua dibumi pun, tiap orang harus secara sadar melakukan usaha untuk menyelamatkan lingkungan hidup di sekitar kita sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Masyarakat harus memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kelestarian lingkungan hidup di sekitarnya sesuai dengan kemampuan masing-masing.Sekecil apa pun usaha yang kita lakukan sangat besar manfaatnya bagi terwujudnya bumi yang layak huni bagi generasi anak cucu kita kelak, jadi berfikir panjang lah jika kalian hidup hanya untuk merusak bumi.

Tanpa sadar manusia sudah merusak bumi, sedikit dari mereka yang baru menyadari akan pentingnya menjaga lingkungan. Sampai kapan kita begini?? Apakah kita sudah mencoba untuk mencegah kehancuran tersebut? Apa yang telah saya lakukan untuk menghindari semua itu? Saya sendiri adalah seorang manusia biasa. Namun jangan berpikir hanya karena kita orang kecil dan sendirian, kita tidak bisa melakukan perubahan tersebut. Cobalah dari hal-hal yang paling kecil, seperti buang sampah pada tempatnya, kurangi penggunaan kantong sampah plastik, menghemat kertas, buat kalian yang suka nulis dibuku Diary, mari sekarang kita ganti dengan menulis di blog, jauhi produk-produk yang dapat merusak lingkungan, cobalah berhenti/ mengurangi merokok, sebab asap rokok itu merupakan salah satu penyebab tercemarnya udara dilingkungan kita, tanam pohon di lingkungan sekitar, ke kantor dengan bersepeda dan masih banyak lagi. Kemudian tularkan kebiasaan baik ini ke orang-orang di sekitar, sehingga orang sekitarpun akan melakukan hal yang sama dengan kita.
Betapa indahnya bukan jika Lingkungan kita sehat dan bersih mahkluk hidup yang ada di sekitarnyapun akan merasa nyaman. Coba lihatlah aliran air sungai kecil diantara semak hijau itu, sungguh terlihat indah.

Mari kita Hijaukan Bumi kita tersayang ini,,,,, terasa sejuk dan merasa hidup pun sehat.

Common Go GREEN Guys!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Hijau Untuk Bumiku Sayang Hijau Untuk Bumiku Sayang Reviewed by Riri Restiani on 19.47 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.