Android itu apaan sih?

Sekarang ini kita sering mendengar kata ”android” yang dikaitkan dalam perbincangan masalah ponsel.. sebenarnya android itu apa sih?

let’s check it out!!

Begini untuk kalian yang belum kenal dengan Android, Pertama kita bisa berpikir tentang dunia komputer dulu deh yah,. Dalam dunia komputer itu (PC Specially) ada yg namanya Hardware & Software. ...., Hardware itu ya perangkat keras (CPU, Keyboard, Monitor dll),

Nah kalo Softwarenya dianggap apa yah? ya dianggap saja sebagai program yang berjalan di Hardware itu (SO -Sistem Operasi -Windows XP, Linux dll, Aplikasi Office - MS Word dsb) .

DEngan begitu, sama saja pada dunia Handphone/Ponsel ada juga Hardware & Software nya.

Kok begitu? tolong jelaskan.....

Untuk Hardwarenya ada (Layar LCD, Cassing, Keypad, beserta Jeroanya). Sedangkan Softwarenya, ya sama aja ada Sistem Operasi ada(OS / SO : misal Blackberry OS, Symbian, Windows Mobile, Limo dll) ,
Aplikasi yang dimaksud adalah : buat kirim SMS, kirim/terima email, game, dll.



Android itu mudahnya ya Sistem Operasi ,

Nah kalo begitu kayak di komputer bisa nggak HP/Ponsel diganti-ganti? Diinstall sistem operasinya, wah, kalo yang ini sih kita musti tau dulu, .... bahwa Hardware HP itu Arsitekturnya berbeda-beda, jadi gak standar kayak di komputer ..

Tetapi apabila spesifikasi hardware-nya sama, dengan kebutuhan yang disyaratkan oleh suatu Sistem Operasi. maka kita bisa mengganti Sistem Operasinya.

Okeey,, langsung aja yukk,,,,

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android juga menyediakan platform terbuka bagi para pengembang guna menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Android merupakan sebuah sistem operasi untuk telepon seluler seperti halnya Symbian pada Nokia, Palm dan Windows Mobile yang sebelumnya sudah terlebih dahulu kita kenal selama ini.
Android merupakan subset perangkat lunak untuk ponsel yang meliputi sistem operasi, middleware dan aplikasi kunci yang di release oleh Google. Saat ini disediakan Android SDK (software Development kit) sebagai alat bantu dan API diperlukan untuk mulai mengembangkan aplikasi pada platform Android menggunakan bahasa pemrograman Java.

Google sendiri ternyata mempunyai alasan cukup kuat untuk melirik pangsa ini, karena perkembangan teknologi telepon seluler sewasa ini sudah bukan merupakan evolusi lagi, melainkan sebuah revolusi. Babak baru dalam dunia telekomunikasi nirkabel ini terus bergulir dengan cepat.
Jika sekarang seseorang mempunyai PC di rumah, dan notebook untuk ke kantor atau kuliah, serta berkomunikasi melalui telepon seluler. Maka pergerakkan yang kemudian terjadi sekarang adalah, orang mulai berpikir bagaimana menyatukan semuanya dalam satu genggaman.

Sebenarnya hal tersebut telah mulai dipenuhi dengan munculnya PDA/smartphone, di mana seseorang dapat merangkum semua kebutuhan komputasinya dalam satu genggaman. Dan perkembangan inilah yang membuat Google berambisi untuk menguasai pangsa ini.

Keuntungan Dari SO Android :
• peluncuran Android menjelaskan dimasa mendatang ponsel akan mempunyai kemampuan layaknya PC, bahkan lebih.
• merupakan sistem operasi open source (terbuka) sehingga tiap orang berhak mengembangkannya.(Karena Android adalah sebuah open source platform maka banyak banget aplikasi dan game yang gratis)
• kinerja aplikasi di platform Android adalah di atas rata rata, semua aplikasi termasuk game 3D berjalan sangat lancar dan TIDAK ngehang.
• Linux (kernel 2.6) yang menjadi Operating System di Android ini sangat stabil (bagi Linux sudah biasa lah)
• browsing internet pakai Android sangat enak karena kompatible dengan lebih dari 90% website di dunia
• Android juga dapat membawa pengguna telepon genggam menjelajahi kawasan yang diinginkan melalui teknologi Sistem Pemetaan Global (GPS)
• dengan terintegrasinya VoIP(Voice over Internet protocol) pada GPhone menelpon tidak perlu lagi menggunakan pulsa tapi cukup menggunakan Google Talk yang telah disediakan pada akun Gmail.
• menggunakan touch screen capative (hanya bisa dipakai dengan jari tangan ASLI alias tidak bisa pakai Stylus) dan memiliki Accelerometer chip untuk membolak balik layar dari potrait ke landscape untuk berbagai kebutuhan yang berbeda beda.
• kelebihan Android dari yang lainnya adalah harganya yang relatif lebih murah.

Kekurangan Dari SO Android :
• belum ada market yg bisa kita gunakan dari PC layaknya AppStore punya Apple
• platform berbasis di Java, sehingga manfaat dan sistem operasi Linux di Android tidak digunakan sepenuhnya
• konsumen akan sulit membedakan produk dari berbagai vendor. Sejauh ini, perangkat Android yang telah diumumkan terlihat sangat mirip.
namun, karena baru rilis dan digemborkan baru-baru ini sehingga harga yang ditawarkan oleh para vendor hp pun terbilang masih agak mahal.


Oke itu saja informasinya, semoga bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3G ( Gold, Glory, Gospel )

Ketika Pria Meminta Bukti Cinta Dengan MAKING LOVE

Menghafal Tabel Periodik dengan Mudah