"TUGAS" Kasus Teori Organisasi

Ini adalah tugas mata kuliah "Teori Organisasi Umum" Contoh2 kasus yang berhubungan denagn masalah bentuk metode organisasi.

1. Apa yang menjadi factor utama penggerak kegiatan ekonomi dan bagaimana kegiatan suatu perekonomian dapat berkembang?

Jwb :
a. Kebutuhan
Adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan keinginan manusia, baik itu kebutuhan rohani maupun jasmani yang dimana tingkat kebutuhan seseorang dengan yang lainnya berbeda dan dipengaruhi oleh tingkat kebudayaan suatu masyarakat.

b. Kelangkaan
Adalah suatu keadaan dimana jumlah alat pemuas kebutuhan manusia menjadi terbatas dan permintaan manusia akan alat pemuas kebutuhan sangat tinggi. Beberapa faktor dan penjelas yang menyebabkan kelangkaan adalah :
a. Keterbatasan SDA
b. Bencana alam
c. Pertumbuhan penduduk
d. Perlambatan penerimaan teknologi
e. Ketidaksabaran manusia
f. Terbatasnya kemampuan produsen

c. Alternatif
Adalah faktor lain yang menjadi salah satu faktor yang ada, selain 2 faktor di atas yang menjadi faktor pendukung, yang menjadi faktor penunjang lain dalam menggerakan kegiatan ekonomi dan bisa saja sewaktu-waktu menggantikan 2 faktor di atas.

Faktor ekonomi dapat menjadi suatu dasar pondasi yang sangat mempengaruhi berkembangnya kegiatan perekonomian, baik itu berkembangnya perekonomian dan tidak berkembangnya perekonomian yang bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor penggerak perekonomian yang menunjang dengan pelaku ekonomi itu sendiri.


2. Anda mempunyai anggaran sebesar Rp. 300.000 setiap bulan, sementar anda mempunyai bermacam-macam kebutuhan untuk hidup anda selama satu bulan. Anda harus menentukan secara cermat penggunaan anggaran yang anda miliki agar kebutuhan anda dalam satu bulan dapat dipenuhi secara optimal. Dalam konteks ini, mana yang termasuk dalam kelangkaan sumberdaya dan mana yang termasuk usaha mengelola sumberdaya yang langka secara efisien.

Jwb :
Dalam kasus di atas dapat disimpulkan bahwa ini merupakan kasus kelangkaan sumber daya. Seseorang harus bisa mencukupi kebutuhan hidupnya hanya dengan Rp 300.000 perbukan bulan. Ini berkaitan dengan tingkat kebutuhan manusia yaitu, primer yang merupakan kebutuhan pokok seperti kebutuhan makan dan minum, sekunder yang merupakan pemenuh kebutuhan setelah kebutuhan primer terpenuhi, dan tersier yang merupakan kebutuhan kemewahan.

Dalam kasus ini, seseorang tersebut harus bisa memprioritaskan kebutuhan yang lebih diperlukan. Seseorang tersebut harus bisa mendahulukan makan dan minum dari pada membeli mobil atau motor, dengan kata lain, orang tersebut harus mendahulukan kebutuhan primer daripada kebutuhan sekunder atau tersier.

Jadi, yang merupakan kelangkaan sumber daya adalah anggaran Rp 300.000 perbulan. Dan yang merupakan usaha mengelola sumber daya yang langka secara efisien adalah penggunaan anggaran Rp 300.000 itu secara cermat, hemat dan memprioritaskan kebutuhan yang lebih penting agar orang tersebut dapat memenuhi kebutuhan hidunya.


3. Sebulan perusahaan memanfaatkan sumber air alam untuk menghasilkan air minum kemasan. Perusahaan yang memproduksi air minum kemasan initermasuk satu-satunya perusahaan ada di pasar. Perusahaan tersebutmenentukan harga air minum kemasan yang dihasilkan dan ia memperolehkeuntungan. Perusahaan lain yang memproduksi air minum kemasanbermunculan karena perusahaan yang terdahulu mampu menciptakankeuntungan. Perkembangan perusahaan air minum kemasan memberikansumbangan (kontribusi) kepada produksi nasional (pendapatan nasional). Di samping itu, munculnya perusahaan yang memproduksi air minum kemasan ini akan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Dalam konteks ini, mana yang termasuk pembahasan ekonomi mikro dan mana yang termasuk dalam pembahasan ekonomi makro.

Jwb :
Secara teori, ilmu ekonomi mikro adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan herga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan jasa yang diperjualbelikan. Ekonomi mikro juga meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut mempengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga; dan bagaimana harga, pada gilirannya, menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya.
Sedangkan Ilmu ekonomi makro membahas aktivitas ekonomi secara keseluruhan, terutama mengenai pertumbuhan ekonomi, inlfasi, pengangguran, berbagai kebijakan perekonomian yang berhubungan, serta dampak atas beragam tindakan pemerintahan.

Jadi menurut saya, pembahasan ekonomi mikro berdasarkan kasus di atas adalah dimana perusahaan air mineral tersebut dapat memberikan kontribusi kepada produksi nasional sebagai pendapatan nasional dengan memanfaatkan sumber daya alam negeri sendiri. Sedangkan pembahasan ekonomi makro berdasarkan kasus di atas adalah perusahaan air minum tersebut dapat menciptakan keuntungan yang kemudian munculkan perusahaan air minum lain, yang dapat menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat.


4. Pada perkembangan berikutnya cangkul yang digunakan petani untukmengolah tanah sudah dirasa tidak cocok lagi. Petani membutuhkan alatpengolah tanah yang dapat bekerja secara cepat dan menggunakan tenagamanusia semakin sedikit. Dalam konteks ini, mana yang menggambarkanperkembangan peradaban manusia yang dapat menciptakan kebutuhanmanusia. Kemudian, jelaskan perkembangan kebutuhan manusia akan mendorong berkembangnya kegiatan ekonomi.

Jwb :
Menurut saya, globalisasi membawa manusia kepada perkembangan peradaban agar manusia tersebut dapat berkembang maju. Begitu juga dengan alat pemenuh kebutuhan untuk si petani tersebut. Si petani memerlukan alat pengganti cangkul yang lebih efektif dan efisien, sedikit membutuhkan energi manusia dan agar lebih cepat selesai. mungkin saja alat pengganti itu adalah traktor atau semacamnya. Karena dengan penggantian alat tersebut, waktu kerja petani akan lebih banyak tersisa dan si petani tersebut dapat mengerjakan pekerjaan lainnya.

Perkembangan kebutuhan manusia akan mendorong perkembang kegiatan ekonomi. Menurut saya, hal tersebut berkaitan dengan keinginan dan kebutuhan manusia yang tak terbatas. Dengan begitu, alat pemuas kebutuhan manusia akan selalu berkembang bersamaan perkembangan teknologi. Karena, jika manusia mencari salah satu alat pemenuh kebutuhan tersebut, maka akan terjadi kegiatan jual beli, kegiatan jual beli itu lah yang merupakan kegiatan ekonomi.


5. Seorang petani menggarap sebidang tanah yang ia miliki bersama 2 orang anaknya. Petani tersebut memutuskan untuk menanam jagung dengan cara yang sangat tradisional, yakni mengolah tanah dengan menggunakan cangkul. Dalam proses produksi ini kegiatan mana yang menggunakan sumberdaya alam, sumberdaya manusia (petani) dan sumberdaya modal.

Jwb :
Dalam konteks di atas, proses kegiatan yang menggunakan sumber daya alam adalah mengolah/menggarap sebidang tanah itu sendiri oleh petani bersama 2 orang anaknya. Untuk proses kegiatan yang menggunakan sumber daya manusia adalah menggunakan semua kemampuan cara bercocok tanam secara tradisonal dari petani tersebut. Sedangkan proses kegiatan yang menggunakan sumber daya modal adalah memanfaatkan sebidang tanah dan kemampuan bercocok tanam (alat dan skill) dari sang petani serta benih-benih jagung sebagai modal awal untuk mengolah tanah tersebut untuk memproduksi jagung.


6. Seorang petani memiliki sebidang tanah dan memutuskan lahan tersebut akan ditanami jagung. Pengolahan tanah, penanaman bibit, perawatan dan memetik hasil (panen) menggunakan cara tradisional. Banyaknya bibit yang ia gunakan diperkirakan akan menghasilkan jagung sebanyak 1 ton. Jagung hasil produksi tersebut akan dijual kepada pembeli di pasar-pasar tradisional. Dalam konteks ini, mana yang termasuk masalah what, how dan mana yang termasuk masalah for whom?

Jwb :
a. What artinya apa. Maka dalam kasus di atas yang dimaksud adalah apa barang yang diproduksi. Barang yang diproduksi adalah tanaman jagung yang diperkirakan akan menghasilkan 1 ton.

b. How artinya bagaiman. Maka dalam kasus di atas yang dimaksud adalah bagaimana cara barang tersebut diproduksi. Dalam kasus di atas sudah jelas disebutkan, cara jagung tersebut diproduksi adalah dengan cara tradisional, dari pengolahan tanah, penanaman bibit, hingga perawatan dan pemetikan hasil panen.

c. For whom artinya untuk siapa. Maka dalam kasus di atas yang dimaksud adalah untuk siapa barang itu diproduksi. Tanaman jagung tersebut akan dijual kepada pembeli di pasar-pasar tradisional.


Sumber Info: http://anis-ay.blogspot.com/2010/04/teori-organisasi-umum-smt4.html
"TUGAS" Kasus Teori Organisasi "TUGAS" Kasus Teori Organisasi Reviewed by Riri Restiani on 23.51 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.