Pemrograman C++ Dasar


C++ adalah salah satu bahasa pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1980-an oleh Bell Labs (Bjarne Stroustrup) sebagai pengembangan dari Bahasa pemrograman C. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).

C++ adalah salah satu bahasa pemrograman yang banyak dipelajari di Indonesia saat ini, baik untuk kepentingan pembelajaran disekolah ataupun untuk kepentingan perusahaan. Untuk kepentingan sekolah, tentu pembelajaran dimulai dari dasar, mengenal apa itu C++, apa saja variabelnya, pre prosesornya, dll. Untuk itu mari kita pelajari lebih lanjut..

C++ adalah perkembangan lanjutan dari bahasa C. C++ memberikan tambahan fitur untuk meningkatkan kualitas bahasa C serta kemampuan untuk pemrograman berbasis object. (Object Oriented Programming).

 Jika kalian ingin belajar C++, 2 syarat penting yang wajib dipenuhi adalah tentu anda harus mempunyai komputer serta mempunyai editor untuk membuat programmnya..editor yang saya gunakan adalah Borland C++ 5.02 Saya akan langsung memberikan satu program dasar yang mudah dipahami beserta keterangan-keterangan yang memudahkan anda memahami program C++..bukalah editor C++ yang anda punya..kemudian ketikan source code berikut ini..

//program dasar C++
#include
#include
void main()
{
char nama;

cout<<"Mari Belajar C++";
cout<<"Nama Saya Adalah "; cin>>nama;
cout<<endl;
clrscr();
cout<<nama<<" Belajar C++";
getch();
{

Compile Program diatas, caranya, tekan Alt + F9 pada keyboard, jika sukses, jalankan programmnya, tekan Ctrl + F9 pada keyboard..

KETERANGAN beserta PENJELASAN:

#include adalah pre prosesor yang tersedia pada C++ dan selalu dijalankan terlebih dulu saat kompilasi..juga tidak di akhiri dengan tanda ( ; ) karena #include bukanlah suatu pernyataan melainkan suatu file header..
contohnya:  #include digunakan pada program jika program tersebut melibatkan object cout dan cin.

#include diperlukan apabila melibatkan fungsi clrscr() (baca: clear screen), yaitu perintah untuk membersihkan layar, dan fungsi getch() [baca: get character and echo], untuk menahan layar sampai sembarang tombol keyboard ditekan.

#include , diperlukan jika dalam program terdapat suatu operator matematika ( +, -, : dan x ) atau perhitungan matematika, semisal penjumlahan, pengurangan, perkalian, dsb.


2. void main() adalah suatu fungsi dalam bahasa C++, merupakan fungsi utama dalam program..terdapat banyak fungsi dalam bahasa C++, salah satunya adalah fungsi main(). Ada tiga bentuk penulisan fungsi main: void main(), int main() dan main().. Penggunaanya tergantung dari program yang dipakai.. tapi untuk pengenalan dasar, lebih baik menggunakan void main() dulu sampai anda mengenal lebih jauh bahasa C++.. Setiap penulisan fungsi selalu di awali tanda ( { ) dan di akhri tanda [ } ], dimana menunjukan cakupan dari fungsi..

3. cout [dibaca: C out] adalah sebuah objek pernyataan dalam C++ yang digunakan untuk menampilkan atau mencetak data pada layar dan selalu di akhiri tanda [ ; ]. Sedangkan cin [dibaca: C in] adalah sebuah objek pernyataan untuk memasukkan atau menginputkan data pada layar..INGATLAH setiap selesai membuat pernyataan maka harus diakhiri tanda [ ; ]

4. << adalah operator penghubung antara stream dan kalimat,,ditujukan pada cout karena kita akan mencetak kalimat ke layar.. Sedangkan >> adalah operator yang ditujukan pada data karena kita akan menginputkan data ke layar.. Bentuk umum code nya adalah seprti ini..

cout<<"Kalimat yang kita ketik";
cin>>data;

5. // adalah operator komentar. Operator ini tidak akan diproses atau di compile oleh compiler..karena hanya berfungsi sebagai komentar..

6. endl [baca: end line] adalah fungsi yang digunakan untuk pindah baris atau baris baru..

7. char adalah sebuah tipe data yang digunakan untuk memasukkan huruf. pada program sederhana diatas, data yang dimasukkan adalah nama, jadi kita memakai tipe data char. Terdapat banyak tipe data dalam bahasa C++. Diantaranya:
int - untuk memasukkan data berupa angka
float - untuk memasukkan data berupa angka desimal Sekian dulu yang dapat saya jelaskan mengenai dasar-dasar program C++..semoga bermanfaat buat kalian semua yang ingin mempelajari bahasa C++..


Contoh Lain Program C++

//Menampilkan kata "Hello Word"
#include<iostream.h>
void main()
{
cout<<"Hello Word"<<endl;
}

//Menginput sebuah angka dan menampilkan angka trsbut
{
int a;//int digunakan hanya untuk bilangan bulat jika ingin pecahan gunakan "float" tanpa tanda petik
cin>>a;
cout<<a<<endl;
}
//Menginput sebuah karakter dan menampilkan karakter trsbut
{
char a;
cin>>a;
cout<<a<<endl;
}

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3G ( Gold, Glory, Gospel )

Ketika Pria Meminta Bukti Cinta Dengan MAKING LOVE

Menghafal Tabel Periodik dengan Mudah