Masyarakat Perkotaan dan Masyarakat Pedesaan

Masyarakat Kota yang atau juga bisa disebut sebagai urban community, bisa sebagai inovasi,  dalam bentuk hubungan sosial apapun, orientasi kepentingan pribadi lebih dominan, hubungan dengan masyarakat luar, atau lain terbuka, baik secara teritorial maupun secara kultural, Yang terpenting di sini adalah manusia perorangan atau individu. Di kota-kota kehidupan keluarga sering sukar untuk disatukan, sebab perbedaan kepentingan, paham politik, perbedaan agama masyarakat Kota yakin bahwa iptek bermanfaat secara signifikan dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan, mereka berdeferensiasi atas dasar profesi dan keahlian sebagai fungsi pendidikan dan pelatihan, aturan-aturan yang berlaku berorientasi pada aturan atau hukum yang formal dan bersifat kompleks, tatan ekonomi bertumpu pada ekonomi pasar dengan orientasi pada nilai-nilai uang, persaingan, dan nilai-nilai inovatif lainnya. Spesifikasi ini berlaku untuk skala kelompok atau masyarakat. Masyarakat kota berdeferensiasi atas dasar perbedaan profesi dan keahlian sebagai fungsi pendidikan dan pelatihan, tingkat pendidikan masyarakat kota relatif lebih tinggi bila dibandingkan dengan masyarakat pedesaan.
Masyarakat Desa yang atau juga bisa disebut sebagai masyarakat tradisonal manakala dilihat dari aspek kulturnya. Masyarakat pedesaan itu lebih bisa bersosialisasi dengan orang orang di sekitarnya. Masyarakat Desa adalah kebersamaan. sedangkan Pola interaksi masyarakat kota adalah individual,. Sebagai contoh kalau anda pergi ke suatu Desa, dan anda bertanya dengan seseorang siapa nama tetangganya, pasti dia hafal. Kalau di kota, kurang dapat bersosialisasi karena masing masing sudah sibuk dengan kepentingannya sendiri2.
Pola interaksi masyarakat pedesaan adalah dengan prinsip kerukunan, sedang masyarakat perkotaan lebih ke motif ekonomi, politik, pendidikan, dan kadang hierarki.
Pola solidaritas sosial masyarakat pedesaan timbul karena adanya kesamaan-kesamaan kemasyarakatan, sedangkan masyarakat kota terbentuk karena adanya perbedaan-perbedaan yang ada dalam masyarakat.
Masyarakat Perkotaan dan Masyarakat Pedesaan Masyarakat Perkotaan dan Masyarakat Pedesaan Reviewed by Riri Restiani on 19.20 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.