Resiko Yang Terjadi Jika Tubuhmu Dehidrasi

Tanpa sadar terkadang kita merasa lesu dan sulit berkonsentrasi dalam melakukan sesuatu, ternyata itu merupakan salah satu tanda akibat yang terjadi jika kita dehidrasi.

Dehidrasi merupakan kondisi saat tubuh kita kehilangan banyak cairan atau kurang mengkonsumsi cairan, sehingga cairan dalam tubuh tidak mencukupi untuk bisa menjalankan fungsinya dengan normal, karena semua sistem dalam tubuh bergantung pada air.

Minum minuman manis dan bersoda tentunya lebih mengasyikan dibanding air putih yang tidak memiliki rasa, namun sebenarnya minum air putih itu lebih sehat dan banyak manfaatnya.

Dalam tubuh yang sehat ada lebih dari 60% kandungan air didalamnya, agar kita tidak dehidrasi baiknya kita mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau 1 Lt sehari.
Jangan tunggu sampai kita kehausan dulu baru minum air putih, padahal rasa haus itu adalah gejala dehidrasi ringan. Sadar atau tidak kita akan lebih mudah menahan rasa lapar dibandingkan menahan rasa haus, sehingga tak heran jika tubuh kita sangat membutuhkan cairan.
ilustrasi pic.kabarsehatislami
Resiko Yang Terjadi Jika Tubuhmu Dehidrasi, yaitu:

Tubuh terasa 4L (Lemah, lunglai, letih, lesu), Ketika kita kekurangan cairan massa otot kita mengalami penurunan sehingga tubuh akan terasa lemah, lunglai, letih, lesu dan tak semangat. Otot mengandung banyak air.

Sulit Konsentrasi, Dehidrasi membuat kita sulit berkonsentrasi dan tidak fokus melakukan sesuatu.


Mulut Jadi Kering, Ketika kita meminum air, air tersebut dapat membantu melembabkan selaput lendir pada mulut serta tenggorokan, sehingga mulut dan tenggorokan tetap lembab dan basah.

Kulit Kering dan Kusam, Dehidrasi pun bisa mengganggu penampilan kita, kulit menjadi kering dan kusam.

Sistem Pencernaan Terganggu, Saat alami dehidrasi sistem pencernaan tidak dapat berjalan dengan baik, sembelit, Perut akan sering terasa mulas hingga perut terasa tidak nyaman.

Tulang Jadi Sakit, Tulang belakang serta tulang cakram terbagi dalam 80 % air, jadi saat anda kekurangan air minum jadi tulang punggung anda bakal sakit.Minum air putih yang cukup menolong tulang anda terlepas dari gesekan saat anda bekerja.


Nah sudah tahu kan gambaran yang terjadi jika tubuhmu dehidrasi, silahkan dicek bagaimanakah warna urine mu hari ini? jawabanya menginformasikan kamu sebagaimana kamu harus minum air.
Tips sederhana agar tidak lupa minum air putih:
  • Bawalah botol minum didalam tas mu, tak perlu ukuran besar sesuaikan dengan kebutuhanmu.
  • Letakan air minum di meja kerja, meja belajar dan kamarmu agar setiap saat kamu bisa langsung minum air putih. Karena naluriah manusia akan lebih tergoda untuk menghabiskan makanan atau minuman yang berada didekatnya.
  • Jika kamu merasa bosan dengan air putih,  bisa mencobanya dengan menambahkan buah didalamnya, ini dinamakan infuse water, perasa alami yang bermanfaat untuk tubuh.

Mari kita biasakanlah diri untuk minum air putih yang cukup, agar kesehatan tidak tertanggu. Hal yang terlihat begitu kecil namun sangat berharga untuk kesehatan.


Suber Referensi alodokter.com
Resiko Yang Terjadi Jika Tubuhmu Dehidrasi Resiko Yang Terjadi Jika Tubuhmu Dehidrasi Reviewed by Riri Restiani on 11.24 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.