Menulis juga BerETIKA, inilah Etika Menulis di internet

Banyak orang yang suka menulis, menulis apa saja yang kita anggap baik dan benar dan layak di baca oleh orang lain dengan tulisan kita dapat berbagi informasi, menulis sangatlah bermanfaat, tapi kemanfaatanya itu tergantung dengan apa yang kita tulis. Sudah menjadi kebiasaan kita saling berbagi informasi di dunia teknologi yang serba canggih sekarang ini, terlebih bagi orang - orang yang suka menulis dan berbagi pengetahuan di dalam internet.
Menjadi seorang penulis tidak hanya menulis di dalam buku, tapi juga bisa di internet, sekarang sudah banyak website website yang menyediakan fasilitas untuk pengguna agar bisa membuat tulisan yang bermanfaat, yaitu seperti adanya Blogger, wordpress, dan masih banyak lagi yang lainya.
Kita tidak dilarang untuk menulis apapun yang ingin kita tulis asalkan itu baik untuk semua,  namun untuk menulis harus ada aturanya dan tidak sembarangan ada etika etika yang harus di terapkan dalam menulis, sebab apabila kita sembarangan menulis sesuatu  akan berakibat fatal.
Beberapa Etika yang saya ketahui yang sebaiknya harus dilakukan untuk menulis, beberapa hal yang harus di perhatikan dalam menulis di internet:
- Janganlah kita mengambil hak cipta orang lain. Jika kalian sebagai penulis ingin menyalin hasil karya orang lain, cantumkan juga nara sumbernya, karena karna itu melanggar norma-norma yang berlaku.
- Kalimat yang dibuat seorang penulis harus sesuai dengan aturan penulisan ahasa Indonesia yang benar dan baik.
- Tidak boleh mengandung SARA, sebab akan menimbulkan pertikaian yang ada.
- Jangan menyangkut pautkan seseorang kedalam topik yg tidak dalam sewajarnya dalam arti kata merusak nama baik orang lain.
- Tulisan isi tulisan yang disampaikan harus jelas dan pada, dapat dimengerti oleh para pembaca.
- Penggunaan kalimat perkataan yang baik, sopan dan benar.
- Pentingnya mengingat bahwa ada tujuan baik dari apa tulisan yang kita tulis.
-  Tulisan kita harus mempunyai tujuan yang jelas dan juga harus  memperhatikan tulisan kita berdampak positif atau negatif nantinya.
Sebenarnya masih banyak etika etika yang perlu di terapkan namun hanya beberapa saja yang dapat saya informasikan, pesan yang dapat diambil adalah dalam menulis di internet harus barhati hati agar tidak ada kesalahan yang dilakukan dalam tulisan yang di buat, berfikirlah kembali untuk kepantasan tulisan kita di baca oleh orang lain untuk manfaat dan gunanya, sebab bila tidak berhati hati bisa berakibat fatal.
Penulis oleh:
Riri Restiani
Menulis juga BerETIKA, inilah Etika Menulis di internet Menulis juga BerETIKA, inilah Etika Menulis di internet Reviewed by Riri Restiani on 19.17 Rating: 5

1 komentar:

  1. Ok deh kakak,saya akan menulis secara beretika di blog saya :D

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.